Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Aplikasi Google Chrome Canvas – Jika Anda mencari alat menggambar lintas platform, tidak perlu repot mencari lagi yaitu dengan aplikasi Google Chrome Canvas. Aplikasi ini tertaut ke akun Google Anda, memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengedit gambar Anda di beberapa perangkat. Berikut cara menggunakannya.

Pertama, Anda harus mengakses Google Chrome Canvas , dan akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda. Klik “Get Started” dan gunakan kredensial akun Anda untuk memulai.

TERKAIT: 16 Game Tersembunyi di Google Search

Aplikasi Google Chrome Canvas

1. Membuka, Membuat, atau Menghapus Gambar Kanvas Chrome

Saat pertama kali Anda membuka Google Chrome Canvas, gambar baru akan muncul secara default. Jika Anda pernah menggunakan sebelumnya, Anda akan melihat thumbnail dari gambar Anda sebelumnya.

Jika Anda sudah memiliki gambar, klik gambar tersebut untuk mulai mengedit. Jika tidak, Anda dapat mengklik tombol biru “New Drawing” untuk membuat gambar baru, atau klik “New from Image” untuk mengimpor gambar yang ada dari PC Anda.

1. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Kanvas gambar baru Anda (kosong atau dengan gambar yang disediakan) akan terbuka secara otomatis dan siap untuk digunakan.

Jika Anda ingin menghapus gambar setelah dibuat, kembali ke layar beranda / pilihan dengan mengklik ikon beranda di pojok kiri atas antarmuka web Google Chrome Canvas. Klik tombol menu tiga titik di pojok kanan bawah thumbnail gambar dan kemudian klik tombol “Delete“.

2. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

2. Menambahkan Nama ke Gambar Kanvas

Gambar Google Chrome Canvas baru dibuat tanpa nama. Untuk menambahkan nama ke gambar yang sudah ada, klik ikon menu tiga titik untuk gambar pada layar pemilihan dan kemudian klik tombol “Rename“.

3. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Ketik nama yang cocok untuk gambar Anda dan kemudian klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

4. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Nama gambar Anda akan muncul di bawah thumbnail gambar Anda, di sebelah ikon menu tiga titik.

5. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

3. Mengubah Paint Tools dan Warna

Mode pengeditan Google Chrome Canvas memiliki beberapa alat gambar untuk Anda gunakan, masing-masing dengan tekstur dan ukuran tersendiri. Alat-alat ini ditampilkan secara mencolok dalam menu di sisi kiri layar.

6. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Saat Anda memilih alat, akan tampak lebih mencolok, dengan warna yang dipilih. Alat gambar yang tersedia antara lain pensil, pulpen, spidol, kapur tulis, dan alat penghapus.

Tepat di atas daftar alat adalah opsi untuk mengubah warna dan ukuran alat gambar Anda. Mengklik ikon melingkar memungkinkan Anda memilih warna dari palet yang telah ditentukan sebelumnya. Atau, Anda dapat mengklik “Custom” untuk menggunakan kode warna hex sebagai gantinya.

7. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Untuk mengedit ukuran dan keburaman alat gambar Anda, klik pensil dengan ikon segitiga di bawah ikon lingkaran.

Dengan menggunakan mouse, gerakkan slider ke kiri atau kanan untuk mengurangi atau meningkatkan ukuran atau opasitas dari keluaran alat gambar Anda.

8. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Jika Anda ingin membatalkan atau mengulang (undo or redo) perubahan yang Anda buat saat menggambar, Anda dapat menggunakan panah kiri dan kanan di bagian tengah atas layar pengeditan.

9. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

4. Menambah atau Menghapus Lapisan

Google Chrome Canvas memungkinkan Anda menggunakan banyak lapisan, memberi Anda fleksibilitas untuk membuat gambar kompleks yang dapat diedit dengan mudah.

Menu lapisan memungkinkan Anda untuk melihat lapisan yang ada. Anda dapat menambah, menyembunyikan, atau menghapus lapisan yang ada dari menu ini. Untuk mengaksesnya, klik ikon belah ketupat di pojok kanan atas, di sebelah ikon menu pengaturan tiga titik.

Chrome Canvas

Untuk menambahkan layer baru, klik ikon plus di pojok kanan atas menu pop-up. Klik ikon tempat sampah di samping setiap lapisan untuk menghapusnya atau ikon mata untuk menyembunyikannya.

11. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Secara default, kanvas gambar memiliki latar belakang putih. Anda dapat mengedit dari menu lapisan dengan mengklik ikon ember cat di bagian bawah menu dan kemudian memilih warna kustom.

12. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Setelah dipilih warna kanvas akan diterapkan secara otomatis. Anda juga dapat menyembunyikan lapisan latar belakang (background) ini dengan mengklik ikon mata, menggunakan latar belakang transparan.

5. Mengekspor Gambar Kanvas Google Chrome

Jika Anda telah membuat gambar Google Chrome Canvas dan Anda ingin mengekspornya ke tempat lain, baik untuk dicetak atau diedit lebih lanjut, ada dua cara untuk melakukannya.

Di layar pengeditan, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Dari sana, klik “Export Drawing” dari menu pop-up untuk mulai mengekspornya.

13. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Atau, di layar pemilihan gambar, klik ikon tiga titik di sudut kanan bawah gambar kecil untuk gambar Anda. Kemudian, klik tombol “Export“.

14. Cara Menggambar Online Dengan Aplikasi Google Chrome Canvas

Kedua metode ini memungkinkan Anda untuk mengekspor gambar dalam format file gambar PNG ke komputer Anda.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here