Cara Mengecek Keaslian iPhone

Cara Mengecek Keaslian iPhone – Apakah Anda berencana akan membeli iPhone baru? atau mengganti iPhone lama dengan model yang lebih baru? Sebelum Anda memutuskan, baca artikel berikut untuk membantu Anda membedakan iPhone palsu dengan yang asli dengan mudah. Anda akan belajar apa yang harus dilihat dan bagaimana membedakan iPhone tiruan dengan iPhone asli. Bagaimana cara memeriksa apakah iPhone itu asli?

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana iPhone palsu berbeda dari iPhone asli. Produsen iPhone palsu sering melakukan sejumlah penipuan untuk membuat calon pembeli mereka percaya bahwa apa yang mereka jual adalah asli.

Sayangnya, upaya polisi untuk menghilangkan iPhone palsu di pasaran belum sepenuhnya berhasil. Jadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengedukasi masyarakat agar tidak menjadi korban membeli iPhone palsu. Jika Anda berencana untuk membeli atau mengganti iPhone di toko HP bekas atau dari tempat lain yang bukan penjual Apple resmi, gunakan panduan berikut untuk menentukan jika iPhone yang Anda beli adalah asli.

Cara Mengecek Keaslian iPhone

Sejauh ini, ada tiga cara utama untuk mengetahui apakah iPhone Anda asli atau palsu. Untuk mempermudah pencarian, kami mengelompokkannya ke dalam tiga indikator yaitu fisik iPhone, kinerja iPhone, dan sistem iPhone.

Fisik iPhone

Cara Mengecek Keaslian iPhone
Photo by Daniel Romero on Unsplash
  1. Periksa sekrupnya: iPhone asli menggunakan pentalobe kunci sekrup sedangkan yang palsu menggunakan reguler sekrup Phillips. Sekrup keamanan Pentalobe, dari namanya, memiliki lima lugs yang menyediakan iPhone sistem tamper-proof. Ini adalah indikator yang baik bagi konsumen untuk memastikan bahwa iPhone tersebut asli.
  2. Periksa tombol: Fisik lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa iPhone asli, tombol seperti sleep dan wake ada di sudut kanan atas, dan sakelar volume dan sakelar dering ada di sudut kiri atas. Jika sakelar atau tombol tidak berada di tempat yang seharusnya, maka iPhone yang Anda lihat pasti palsu. Beberapa iPhone palsu memiliki tombol di posisi yang tepat, namun, rasakan dengan menggeser jari Anda di atasnya. Untuk memastikan, tekan tombol beberapa kali untuk memeriksa apakah tidak longgar dan tidak terpasang dengan benar. iPhone tiruan memiliki kualitas tombol yang buruk.
  3. Periksa layar: Layar iPhone asli jernih dan bebas piksel. Layarnya menggunakan iPhone Retina display yang memiliki kerapatan piksel lebih tinggi sehingga terlihat lebih tajam, hidup, dan penuh warna. IPhone palsu memiliki layar warna kusam karena biaya suku cadang yang rendah.
  4. Periksa logo Apple: logo iPhone harus terlihat di bagian belakang ponsel. Jika Anda tidak dapat menemukan logo, itu bukan iPhone asli. Beberapa iPhone tiruan sangat pandai meniru aslinya sehingga mereka juga memiliki logo di bagian belakang. Namun, Anda dapat menggosokkan jari Anda di atas logo. Jika Anda akan merasakan transisi dari casing ponsel logo Apple maka iPhone tersebut palsu.
  5. Periksa splash screen: Memeriksa splash screen juga perlu dilakukan, apalagi jika Anda tidak bisa membedakan mana yang palsu dengan yang asli dengan melihat ciri-ciri fisiknya. Coba matikan lalu di iPhone. iPhone palsu akan memiliki splash screen mirip dengan kata “Welcome” sedangkan yang asli akan berisi logo iPhone.Di layar beranda, Anda akan menemukan ikon iPhone store. Cobalah untuk mengkliknya. Jika mengarahkan Anda ke Google Store/Play Store, Anda pasti tahu bahwa iPhone itu palsu.
  6. Periksa fontnya: Ciri lain iPhone palsu adalah ketika Anda mencoba memeriksa font dalam pesan, menampilkan karakter Cina sehingga Anda harus mengonfigurasi ponsel Anda untuk mengaktifkan pengaturan bahasa Inggris.
  7. Tanyakan kepada penjual berapa banyak kartu SIM yang bisa digunakan: Saat Anda memeriksa berapa banyak kartu SIM yang berfungsi di iPhone Anda, vendor iPhone palsu dapat dengan bangga mengatakan bahwa Anda dapat menggunakan dua kartu SIM yang berfungsi secara bersamaan. Maka Anda akan tahu bahwa penjual menipu Anda. iPhone hanya dapat menggunakan satu kartu SIM. IPhone asli harus diberi label dengan pernyataan bahwa itu dirancang oleh Apple California dan dirakit di Cina. Tanpa tanda semacam ini, iPhone Anda adalah tiruan.

Kinerja iPhone

Cara Mengecek Keaslian iPhone
Photo by Suganth on Unsplash

Alasan utama mengapa iPhone palsu ada adalah karena orang ingin mendapatkan iPhone dengan harga lebih murah. Harga perangkat yang lebih rendah dikaitkan dengan kinerja iPhone yang buruk.

  1. Kualitas kamera: iPhone asli memiliki kualitas kamera yang sangat baik, sedangkan iPhone palsu mengambil foto yang jelek dan buram. IPhone yang menghasilkan foto yang buruk, terlepas dari kondisi pencahayaannya, kemungkinan besar adalah iPhone palsu. Cobalah mode kamera lain termasuk perekaman video dan lihat seberapa buruk iPhone palsu mengambil foto dan video.
  2. Kemampuan multitasking: Ini mudah diperiksa dengan membuka aplikasi Musik dan memutarnya di latar belakang. Buka aplikasi lain dan periksa cara kerja ponsel. IPhone palsu sulit untuk menangani dua aplikasi secara bersamaan. iPhone berjalan lancar bahkan dengan beberapa aplikasi terbuka.
  3. Scroll cepat antar layar aplikasi: Scroll cepat ke kiri dan kanan di layar beranda. iPhone palsu jelas akan tertinggal dan tidak mampu bersaing dengan scrool cepat iPhone asli.

Sistem iPhone

Periksa apakah iPhone masuk blacklisted. Untuk memeriksa apakah iPhone Anda ada dalam blacklisted, yang perlu Anda lakukan adalah menekan kode  *#06#  pada dial untuk menampilkan nomor IMEI iPhone Anda. Di telepon, buka Settings, pilih General, lalu klik About. Ini akan memberi Anda nomor IMEI.

TERKAIT: Cara Mengecek IMEI iPhone dan Android

Cara Mengecek Keaslian iPhone

Jika Anda tidak memiliki perangkat Anda dapat memeriksa beberapa tempat yang mungkin menunjukkan nomor seri atau IMEI/MEID.

  1. Buka appleid.apple.com di browser web di komputer Anda.
  2. Masuk dengan ID Apple yang Anda gunakan di perangkat.
  3. Gulir ke bawah ke bagian Perangkat. Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, pilih perangkat.

TERKAIT: Cara Membuat ID Apple baru di iPhone atau iPad

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here