Cara Format Hardisk Eksternal di Windows 10

Cara Format Hardisk Eksternal di Windows 10 – Meskipun sebagian besar hardisk eksternal sudah dirancang berfungsi pada komputer Windows, ada kalanya Anda perlu memformat ulang hardisk tersebut. Anda mungkin menginginkan hardisk yang berfungsi dengan Mac dan PC, atau mungkin Anda ingin mempartisinya, yang akan membaginya menjadi dua format berbeda. Berikut cara format hardisk eksternal di Windows 10 serta mempartisinya.

Cara Format Hardisk Eksternal di Windows 10

Catatan: Memformat disk Anda akan menghapus semua file yang ada di dalamnya. Jadi jika hardisk eksternal Anda sudah memiliki file penting, pastikan untuk membackup sebelum melanjutkan proses format hard disk.

1. Hubungkan hardisk eksternal Anda ke komputer Windows. Jika hardisk eksternal Anda berfungsi, komputer Anda secara otomatis mendeteksinya, dan disk akan muncul di Devices dan disk di samping disk internal Anda di jendela PC ini. Anda juga dapat menemukannya di sidebar kiri File Explorer.

Catatan: Jika Anda sudah menggunakan hardisk eksternal pada PC, pastikan untuk mencadangkan file apa pun di dalamnya. Memformat disk Anda akan menghapus semua data di dalamnya.

2. Klik kanan pada hardisk eksternal dan klik Format.

1. Cara Memformat Hard Disk Eksternal di Windows 10

3. Pilih format di bawah File System. Secara default, komputer Windows akan memilih NTFS (New Technology File System) untuk Anda karena itulah sistem pengarsipan Microsoft. Tetapi jika Anda ingin hardisk eksternal juga berfungsi di Mac, Anda harus memilih exFAT.

2. Cara Memformat Hard Disk Eksternal di Windows 10

Catatan: Sistem file exFAT hanya berfungsi di Mac 10.6.5 atau yang lebih baru, dan Windows XP SP3 atau yang lebih baru.

4. Centang kotak Quick Format, dan klik Start. Bergantung pada ukuran disk, dan jika ada file yang akan dihapus di dalamnya, diperlukan waktu beberapa hingga beberapa menit untuk menyelesaikannya.

5. Klik OK saat layar pop-up Format Complete muncul.

Sekarang Anda memiliki hardisk yang diformat untuk Windows, tetapi bagaimana jika Anda juga ingin menggunakannya untuk komputer Mac? Salah satu cara untuk memiliki hardisk yang berfungsi dengan Mac dan Windows adalah dengan mempartisinya. Ini berarti Anda bisa membagi disk menjadi dua format, satu untuk Mac dan satu lagi untuk PC. Berikut cara melakukannya:

Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

1. Buka kotak pencarian Windows, ketik “diskmgmt.msc,” dan tekan enter . Kotak Pencarian Windows adalah ikon tombol pembesar di sudut kiri bawah layar Anda.

3. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

2. Klik kanan pada hardisk eksternal Anda dan pilih Shrink Volume. Jika opsi ini tidak tersedia untuk Anda, format ulang disk ke NTFS dan coba lagi.

4. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

3. Masukkan jumlah ruang yang ingin Anda gunakan untuk mengecilkan volumenya. Sisa ruang akan ditampilkan dalam megabyte.

5. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

4. Kemudian klik Shrink. Ini akan membagi hardisk, dengan satu bagian menjadi ruang yang tidak terisi.

5. Klik kanan ruang yang tidak terisi pada disk Anda dan pilih New Simple Volume.

6. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

6. Klik Next.

7. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

7. Kemudian tunjukkan seberapa besar Anda ingin partisi tersebut. Jika Anda ingin menggunakan sisa ruang, masukkan ruang disk maksimum yang ditunjukkan di atasnya. Kemudian klik Next.

8. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

8. Selanjutnya, pilih huruf disk yang ingin Anda gunakan. Surat yang telah ditetapkan ke disk lain tidak akan ada di daftar ini, jadi jangan khawatir jika ada huruf yang hilang. Pilih saja di antara huruf disk yang masih tersedia.

9. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

9. Buka File System dan pilih format. Windows akan memilih NTFS untuk Anda karena itulah sistem pengarsipan asli Microsoft. Tetapi jika Anda ingin hardisk eksternal juga berfungsi di Mac, Anda harus memilih exFAT, yang merupakan versi FAT32 yang ditingkatkan.

Catatan: Sistem file exFAT hanya berfungsi di Mac 10.6.5 atau yang lebih baru, dan Windows XP SP3 atau yang lebih baru.

10. Centang kotak Quick Format, dan klik Next.

10. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

11. Terakhir, klik Finish. Jika pop-up muncul memberitahu Anda untuk memformat disk, klik Format Disk. Setelah itu, disk yang baru diformat akan terbuka secara otomatis.

11. Cara Mempartisi Disk Eksternal di Windows 10

Mempartisi hardisk eksternal memungkinkan Anda dapat melakukan tugas di satu bagian tanpa mempengaruhi sisa disk.

TERKAIT: Cara Format Hardisk Eksternal di Mac

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here