Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop

Blending Mode Photoshop mempengaruhi bagaimana warna dari dua atau lebih layer berinteraksi. Anda dapat menggunakannya untuk membuat efek yang menarik dan dinamis hanya dengan beberapa klik. Berbagai jenis blending mode masing-masing memiliki fungsi tertentu. Setelah Anda mempelajari perbedaannya, Anda bisa mendapatkan berbagai tampilan keren dalam hitungan detik.

Berikut adalah cara menggunakan blending mode Photoshop untuk membuat gambar Anda terlihat luar biasa, dengan ringkasan cara kerjanya.

Note: Petunjuk dalam artikel ini berlaku untuk Photoshop CS5 dan yang lebih baru.

Cara Menggunakan Mode Blending Photoshop

Photoshop berisi 29 opsi yang berbeda dalam enam grup, yang dapat Anda temukan di bagian Layers. Berikut cara menerapkan dan bereksperimen blending mode untuk mencapai berbagai efek.

  1. Impor gambar yang ingin Anda modifikasi ke Photoshop.
  2. Pilih tombol New Layer di jendela Layers untuk membuat layer baru.

Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop

3. Untuk menggunakan warna agar menyatu dengan gambar, pilih Edit > Fill.

2. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

Atau, tekan Shift + F5 pada keyboard Anda.

4. Pilih Color

3. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

5. Pilih warna dari Color Picker dan pilih OK.

4. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

6. Klik OK di jendela Fill untuk menyelesaikan pilihan warna Anda.

5. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

7. Sekarang, Anda hanya akan melihat layer atas dengan warna yang Anda pilih.

6. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

8. Untuk menerapkan blending mode, pilih layer paling atas, lalu klik menu pull – down di jendela Layers, di sebelah Opacity.

7. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

Secara default, menu blending mode akan mengatakan Normal.

9. Pilih berbagai opsi dari menu untuk melihat pengaruhnya terhadap gambar.

8. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

Di Adobe CC 2019 dan yang lebih baru, Anda hanya perlu mengarahkan mouse ke mode untuk mendapatkan preview perubahan yang akan dibuat. Di versi sebelumnya, Anda harus memilih mode untuk melihat fungsinya

10. Bereksperimenlah dengan berbagai warna dan mode untuk menciptakan efek yang Anda inginkan. Anda juga dapat mempengaruhi intensitas beberapa mode dengan menyesuaikan opacity pada layer yang Anda blend.

Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop Dengan Tools

Anda dapat melakukan lebih banyak dengan blending mode Photoshop daripada hanya memberi warna pada gambar. Anda dapat menggunakan selection tools untuk melokalisasi efek. Anda juga dapat menggunakan blok warna yang berbeda pada satu layer untuk membuat campuran.

Tools tertentu, seperti Brush, Paint Bucket, dan Shape, memiliki menu blending mode khusus yang memberi Anda lebih banyak kontrol. Berada di bilah options sebelah Opacity. Pilih mode yang ingin Anda gunakan, lalu gunakan tools ini secara normal untuk melihat efeknya.

9. Cara Menggunakan Blending Mode Photoshop scaled

Jenis Blending Mode Photoshop

Sebelum Anda mulai menggunakan blending mode, berikut adalah beberapa istilah yang akan berguna untuk memahami fungsi setiap blender:

  • Base color: warna yang sudah ada pada layer.
  • Blend color: yang Anda terapkan, misalnya dengan Brush tool.
  • Result color: hasil akhir setelah blending mode selesai mengerjakan base dan blend color.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki secangkir air yang mengandung pewarna makanan biru (warna dasar) dan menambahkan beberapa tetes pewarna makanan kuning (warna campuran), warna hasil (dari pencampuran bersama) adalah hijau.

Blending mode Photoshop, melakukan lebih dari sekedar mencampur warna bersama-sama. Berikut adalah semua mode dan apa yang mereka lakukan.

NORMAL

Grup normal mode blending adalah grup default. Warna hasil akan selalu menjadi warna campuran, warna dasar, atau keduanya.

  • Normal: Warna hasil sama dengan warna blend. Mode normal adalah opsi default yang tidak mengubah apa pun; jika Anda menggunakan warna hijau dengan Brush tool, pikselnya akan berwarna hijau.
  • Dissolve: Photoshop secara acak memilih warna setiap piksel berdasarkan opacity layer. Misalnya, jika Anda mengoleskan kuning ke biru pada opacity 50%, setengah dari piksel akan berwarna kuning, dan setengahnya lagi akan berwarna biru.
  • Behind: Alat Anda hanya akan memengaruhi piksel transparan (yaitu, “kosong”).
  • Clear: Alat Anda akan membuat piksel yang dimodifikasi menjadi transparan.

DARKEN

Grup Darken selalu menghasilkan warna yang lebih gelap. Biasanya, tidak satu pun dari blending mode ini memengaruhi warna hitam di dasar atau memadukan warna atau lapisan.

  • Darken: Photoshop mengganti piksel dalam warna dasar dengan warna campuran yang lebih gelap. Hasilnya adalah kombinasi dari keduanya.
  • Multiply: Mengalikan nilai RGB dari warna dasar dan warna campuran lalu membaginya dengan 255 untuk menghasilkan warna hasil. Misalnya, merah murni (RGB 255,0,0) dan abu-abu 50% (RGB 128,128,128) menghasilkan warna merah tua dengan nilai 128,0,0.
  • Color Burn: Photoshop meningkatkan kontras antara warna dasar dan warna campuran untuk menggelapkan.
  • Linear Burn: Photoshop mengurangi kecerahan untuk menggelapkan warna dasar.
  • Darker Color: Photoshop menampilkan nilai yang lebih gelap antara warna dasar dan warna campuran tanpa warna hasil yang berbeda.

LIGHTEN

Mode di grup Lighten adalah kebalikan dari mode di grup Darken. Biasanya tidak mempengaruhi putih di dasar atau memadukan warna atau layer, dan selalu membuat palet yang lebih terang.

  • Lighten: Lighten adalah kebalikan dari Darken: Warna yang dihasilkan adalah warna dasar atau blend yang lebih terang.
  • Screen: Layar adalah kebalikan dari Multiply. Alih-alih menemukan produk dari warna dasar dan warna campuran, Screen mengalikan kebalikannya dan membaginya dengan 255. Warna yang dihasilkan adalah kebalikan dari jawaban itu. Jadi menggunakan merah dan abu-abu 50% dari atas, Screen mengalikan 0,255.255 dengan 128.128.128 dan membaginya dengan 255 untuk mendapatkan nilai 0,128.128. Warna yang dihasilkan adalah kebalikannya, baca dengan nilai 255.128.128.
  • Color Dodge: Photoshop mengurangi kontras antara warna dasar dan warna campuran untuk meringankan dasar. Color Dodge adalah kebalikan dari Color Burn.
  • Linear Dodge (Add): Photoshop menambahkan nilai dasar dan memadukan warna bersama-sama.
  • Lighter Color: Photoshop menampilkan nilai yang lebih terang antara warna dasar dan warna campuran tanpa warna hasil yang berbeda. Lighter Color adalah kebalikan dari Darker Color.

CONTRAST

Grup Contrast mengubah dan meningkatkan nilai kontras antara warna dasar dan warna campuran dengan memperlakukan warna campuran sebagai sumber cahaya. Umumnya kombinasi mode pencampuran (blending mode) Darken dan Lighten. Mode pencampuran ini menghilangkan area abu-abu 50%.

  • Overlay: Photoshop menerapkan Screen ke area terang dari warna dasar dan Mengalikan bagian gelap.
  • Soft Light : Soft Light menerapkan Lighten jika warna campuran lebih terang dari 50% abu-abu; itu berlaku Darken jika warna campuran lebih gelap.
  • Hard Light : Hasilnya akan menjadi Screen untuk nilai warna campuran yang lebih cerah dan Multiply untuk yang lebih gelap.
  • Vivid Light : Photoshop menyesuaikan kontras warna dasar (yaitu, Color Burn atau Color Dodge) tergantung pada apakah warna campuran lebih terang atau lebih gelap dari 50% abu-abu.
  • Linear Light : Linear Light melakukan Linear Burn atau Linear Dodge (Add) tergantung pada apakah warna campuran lebih terang atau lebih gelap dari 50% abu-abu.
  • Pin Light : Jika warna campuran lebih terang dari 50% abu-abu, Photoshop menggantikan piksel yang lebih gelap. Warna campuran yang lebih gelap menyebabkan Photoshop mengganti piksel yang lebih terang.
  • Hard Mix : Hard Mix adalah mode blending ekstrim yang menambahkan nilai RGB dari warna dasar dan campuran. Untuk setiap nilai, jika jumlahnya 255 atau lebih besar, itu menjadi 255. Jumlah yang lebih rendah dari 255 dibulatkan ke 0. Warna hasil akan menjadi salah satu dari berikut: putih, hitam, merah, hijau, biru, kuning, magenta, atau sian.

COMPARATIVE

Mode blending dalam grup Comparative fokus perbedaannya antara warna dasar dan warna campuran.

  • Difference: Warna hasil adalah selisih antara nilai warna dasar dan warna campuran. Itu selalu mengurangi yang kurang terang dari yang lebih terang.
  • Exclusion: Pengecualian mirip dengan Difference, tetapi warna hasil memiliki kontras yang lebih sedikit daripada yang dibuat oleh mode.
  • Subtract: Photoshop mengurangi warna campuran dari warna dasar, dengan nilai negatif dibulatkan ke nol.
  • Divide: Photoshop membagi warna dasar dengan warna campuran.

COLOR

Mode pencampuran dalam grup Color menggabungkan berbagai kualitas dasar dan warna campuran (yaitu: hue, saturation, dan luminosity) untuk menciptakan warna hasil.

  • Hue: Warna hasil memiliki rona warna campuran dengan luminositas dan saturasi warna dasar.
  • Saturation: Hasilnya memiliki saturasi warna campuran dan luminositas dan rona dasar.
  • Color: Warna hasil memiliki rona dan saturasi warna campuran dan luminositas dasarnya.
  • Luminosit : Hasilnya memiliki luminositas warna campuran dan rona dan saturasi dasar.

Fungsi Blending Mode Photoshop

Berikut adalah beberapa saran bagaimana Anda dapat menggunakan blending mode photoshop.

  • Dissolve: Gunakan dengan Brush tool untuk membuat efek seperti kapur pada latar belakang yang solid.
  • Hard Mix: Digunakan untuk menciptakan gaya pop-art monokromatik.
  • Contrast: Gunakan mode dalam grup Contrast untuk memperbaiki foto dengan pencahayaan berlebih atau kurang dengan cepat.
  • Clear: Gunakan ini untuk membuat efek stensil dengan mudah dengan membuat bentuk transparan.
  • Screen: Blending mode ini bagus untuk menggabungkan gambar atau menambahkan tekstur. Misalnya, Anda dapat menyaring gambar kabut di atas bidikan kota untuk menciptakan suasana yang berbeda.

TERKAIT: Cara Menggunakan Photoshop Super Resolution

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here