Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

- Advertisement -

Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk keperluan bisnis maupun marketing. Anda dapat menanyakan hal-hal seperti nama dan email, dan membuat pertanyaan khusus. Hal ini juga bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan rapat Anda . Berikut cara untuk mengaktifkan pendaftaran peserta untuk mengikuti Rapat di aplikasi Zoom.

Ada beberapa catatan, sebelum kita mulai. Pertama, opsi ini hanya tersedia untuk pengguna berlisensi, karena Anda hanya akan menggunakan fitur ini dalam rapat bisnis. Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan Personal Meeting ID (PMI) untuk meeting yang memerlukan registrasi peserta, kami sarankan Anda tidak pernah menggunakan PMI untuk meeting bisnis.

Aktifkan Registrasi Peserta

Di browser web Anda, masuk ke Zoom dan pilih tab “Meetings” di grup “Personal” di panel sebelah kiri.

- Advertisement -

BACA: Cara Mengatur Jadwal Meeting di Zoom

Meeting Zoom

Sekarang, Anda harus menjadwalkan rapat (atau mengedit yang sudah ada). Dalam hal ini, Anda bisa menjadwalkan meeting yang baru, dengan memilih “Schedule A New Meeting.”

Menjadawalkan rapat

- Advertisement -

Sekarang Anda akan memasukkan semua informasi yang diperlukan untuk scheduled meetings, seperti nama rapat, durasi, dan tanggal / waktu rapat.

Dalam menu ini aktifkan opsi Pendaftaran Peserta. Anda akan menemukan opsi “Registration“, centang kotak di sebelah “Required” untuk mengaktifkan fitur registrasi.

registrasi peserta Zoom

Terakhir, pilih “Save” di bagian bawah layar ketika Anda selesai melakukan pengaturan jadwal meeting.

Opsi Pendaftaran

Setelah menyimpan jadwal rapat, selanjutnya Anda akan berada pada layar ikhtisar rapat. Di bagian bawah menu, Anda akan melihat tab “Registration“. Pilih tombol “Edit” di sebelah “Registration Options.

Registration Options.

Tampil jendela “Registration“. Anda akan menemukan tiga tab: Registration, Questions, dan Custom Questions.

Di tab “Registration“, Anda dapat menyesuaikan opsi Persetujuan dan Pemberitahuan, serta beberapa pengaturan lainnya. Misalnya, Anda dapat memilih apakah Anda ingin secara otomatis atau secara manual menyetujui pendaftar, dan email konfirmasi yang dikirimkan kepada Anda (host) ketika seseorang mendaftar meeting Zoom.

Anda juga dapat menutup pendaftaran setelah lewat tanggal rapat, peserta dapat bergabung dalam meeting menggunakan berbagai perangkat, dan menampilkan tombol share ke media sosial pada halaman Registration.

Halaman Registrasi Zoom

Sesuaikan pengaturan, lalu pada tab “Questions“. Anda dapat (1) memilih field mana yang ingin Anda tampilkan dalam formulir pendaftaran, dan (2) field itu wajib atau tidak.

Tab Pertanyaan Zoom

Berikut adalah daftar filed yang tersedia di tab “Questions”. Perhatikan bahwa nama depan dan alamat email sudah diisi.

  • Nama
  • Alamat
  • Kota
  • Negara / Wilayah
  • Kode Pos
  • Negara bagian / Provinsi
  • Telepon
  • Industri
  • Organisasi
  • Pekerjaan
  • Jangka Waktu Pembelian
  • Proses Pembelian
  • Jumlah Karyawan
  • Pertanyaan & Komentar

Setelah selesai, pindah ke tab “Custom Questions”. Anda dapat membuat pertanyaan Anda sendiri untuk ditambahkan ke formulir registrasi. Anda bisa memberikan kebebasan kepada pendaftar untuk menuliskan jawaban atau membatasi dengan format pilihan ganda.

Setelah selesai menulis pertanyaan, pilih “Create.”

Mmebuat Pertanyaan Registrasi Zoom

Terakhir, pilih “Save All” di sudut kanan bawah jendela.

Savel All Zoom

Sekarang, siapa pun yang menerima tautan undangan rapat di Zoom akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran.

Sourcehowtogeek

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU