Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom – Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting Anda memungkinkan Anda untuk berbagi tugas sebagai host, sehingga beberapa beban kerja dapat dibagi dengan rekanan seperti mengelola peserta dan share screen presentasi. Berikut adalah cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting.

Aktifkan Pengaturan Co-Host di Zoom

Sebelum Anda menambahkan co-host ke konferensi video Zoom, Anda harus mengaktifkannya di pengaturan. Untuk melakukan ini, buka portal web Zoom, masuk ke akun Zoom Anda, lalu pilih tab “Settings“.

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

 

Anda sekarang akan berada di tab Rapat di menu Pengaturan. Dari sini, scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Co-Host“.

Untuk mempermudah, sebaiknya gunakan shortcut keyboard “Control + F” (Command + F untuk Mac) dan ketik “co-host” di kotak pencarian.

2. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Menggunakan fitur Pencarian akan membawa Anda tepat ke tempat yang Anda inginkan. Nyalakan penggeser di sebelah opsi “Co-Host” untuk mengaktifkan fitur co-host Zoom.

3. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Dengan mengaktifkan fitur ini, host sekarang dapat menugaskan co-host dalam rapat. Co-host memiliki kontrol dalam rapat yang sama dengan host. Namun, co-host tidak dapat memulai rapat yang dijadwalkan oleh host.

Tambahkan Co-Host dalam Zoom Meeting

Untuk menetapkan peserta sebagai co-host, terlebih dahulu Anda memilih tombol “Manage Participants” di bagian bawah jendela panggilan konferensi selama meeting Zoom.

4. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Daftar peserta akan muncul di panel kanan. Di sini, arahkan kursor ke nama peserta yang ingin Anda jadikan sebagai co-host bersama dan pilih opsi “More“.

5. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Dari menu yang muncul, pilih “Make Co-Host“.

6. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Pesan pop-up akan muncul mengonfirmasi bahwa Anda ingin menjadikan peserta ini sebagai co-host dalam rapat Anda. Pilih tombol “Yes” untuk melanjutkan.

7. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Pastikan peserta yang dipilih memiliki label (Co-host) di samping namanya.

8. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

TERKAIT: Cara Mengganti Host di Zoom Meeting

Hapus Co-Host dalam Zoom Meeting

Jika Anda ingin mencabut hak istimewa co-host, arahkan kursor ke nama co-host, klik opsi “More“, lalu pilih “Withdraw Co-Host Permission” dari menu.

9. cara menjadikan Co Host di Zoom Meeting

Anda dapat menambahkan jumlah co-host yang tidak terbatas dalam rapat Zoom menggunakan metode ini. Jika Anda harus meninggalkan rapat lebih awal, pastikan untuk tidak menggunakan hak istimewa hosting sebelum Anda keluar rapat, sehingga video call tidak berakhir secara tiba-tiba saat Anda keluar dari Zoom Meeting.

SUMBERHowtogeek

ARTIKEL POPULER