Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac – Jika Anda mengambil banyak screenshot di Mac, Anda mungkin akan mendapatkan folder desktop yang berantakan. Karena Mac secara otomatis menyimpan screenshot di desktop sebagai file PNG daripada format JPEG yang lebih banyak digunakan. Jika Anda ingin mengetahui cara mengubah lokasi penyimpanan screenshot di Mac dan formatnya, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini

Saat Anda menggunakan pintasan keyboard seperti Command + Shift + 3, screenshot Anda secara otomatis disimpan ke desktop. Anda juga dapat mengklik kanan thumbnail mengambang, yang memungkinkan Anda menyimpan screenshot ke Dokumen atau Clipboard.

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

Ada dua cara untuk mengubah direktori penyimpanan screenshot default di Mac, tergantung pada sistem operasi Anda. Cara yang lebih mudah adalah melalui aplikasi Screenshot di macOS Mojave. Untuk mac OS High Sierra atau versi lebih lama, Anda harus menggunakan Terminal, sebuah aplikasi untuk memasukkan perintah perintah untuk mengontrol Mac Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk setiap sistem operasi.

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di macOS Mojave atau Terbaru

1. Buka folder Utilities dan buka aplikasi Screenshot . Anda juga dapat membuka aplikasi Screenshot dengan menekan Command + Shift + 5.

1. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

2. Klik Option. Menu akan menampilkan opsi Save to:

    • Desktop – Ini adalah pengaturan default yang menyimpan screenshot dengan format waktu berikut: Screen Shot [tanggal] pada [waktu].
    • Documents – Ini akan menyimpan screenshot ke folder Dokumen Anda dengan waktu dan tanggal sebagai nama file.
    • Clipboard – Ini memungkinkan Anda untuk menempelkan screenshot ke aplikasi lain yang dapat mengedit atau melihat gambar.
    • Mail – Ini memungkinkan Anda membuat email baru di aplikasi Mail dengan lampiran screenshot.
    • Messages – Ini akan melampirkan screenshot ke pesan yang dapat Anda kirim ke kontak.
    • Preview – Ini akan meluncurkan Preview, aplikasi pengeditan foto. Mac Anda akan menamai file gambar untuk sementara sebagai Tanpa Judul hingga Anda mengubahnya menjadi nama file yang berbeda.
    • Other Location – Ini akan memungkinkan Anda untuk menavigasi di luar lokasi yang sebelumnya terdaftar ke folder pilihan Anda. Anda dapat menyimpan ke folder yang ada atau membuat yang baru.

3. Pilih opsi Save To. Mac Anda akan mengingat yang terakhir yang Anda pilih dan akan menerapkannya ke screenshot berikutnya.

2. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di macOS High Sierra atau Sebelumnya

1. Buka Terminal App. Anda dapat menemukan aplikasi Terminal di folder Utilities.

3. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

2. Ketik perintah berikut, diikuti dengan spasi :

defaults write com.apple.screencapture location

Catatan: Pastikan untuk memberi spasi setelah kata location, jika tidak perintah tidak akan berfungsi.

3. Seret folder yang ingin Anda simpan ke dalam kotak perintah Terminal . Anda akan melihat bahwa jalur file sekarang akan dimasukkan sebagai baris perintah lain di Terminal.

4. Tekan Enter pada keyboard Anda.

4. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac scaled

5. Kemudian ketikkan perintah berikut:

killall SystemUIServer

6. Tekan Enter atau Return . Lain kali ketika Anda mengambil screenshot akan disimpan ke folder baru yang telah Anda buat, bukan desktop.

Cara Mengubah Format File Screenshot ke JPG dan Lainnya

Secara default, Mac menyimpan screenshot dalam format PNG, yang biasanya lebih besar dari file JPG. Keduanya dapat digunakan untuk media sosial, tetapi JPG lebih diterima secara universal. Untuk menyimpan screenshot sebagai JPG, gunakan Terminal untuk mengganti pengaturan format default.

1. Buka Terminal.

2. Ketik perintah berikut, diikuti dengan spasi:

defaults write com.apple.screencapture type jpg

5. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

Anda juga dapat memilih untuk menyimpan screenshot Anda sebagai format lain secara default. Anda dapat menyimpannya sebagai file PDF jika Anda ingin mengedit atau membuka gambar di Adobe. Anda dapat menyimpannya sebagai file TIFF jika Anda ingin menyimpan data gambar asli bahkan setelah memanipulasi gambar tersebut. Atau Anda dapat menyimpannya sebagai file GIF jika Anda ingin gambar dimuat dengan cepat di web. Cukup pilih salah satu dari perintah berikut, diikuti dengan spasi:

defaults write com.apple.screencapture type pdf
defaults write com.apple.screencapture type tiff
defaults write com.apple.screencapture type gif

Pastikan untuk memberi spasi setelah jenis file, jika tidak perintah tidak akan berfungsi.

3. Tekan Enter. Perintah akan disimpan ke Terminal.

4. Uji untuk melihat apakah opsi default telah diubah. Ambil screenshot lalu klik kanan pada gambar. Pilih Get Info dari menu kontekstual, lalu periksa apa yang tertulis di bawah ” Kind di bagian General.

6. Cara Mengubah Lokasi Penyimpanan Screenshot di Mac

Setelah Anda tahu cara mengubah pengaturan screenshot default di Mac, Anda dapat menyesuaikan dan meningkatkan cara Anda bekerja dengan screenshot. Mengambil screenshot di Mac juga membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, terutama bagi pengguna Windows yang terbiasa menekan tombol Print Screen. Jika Anda perlu meningkatkan keterampilan screenshot, lihat artikel kami tentang cara mengambil screenshot di Mac dan MacBook.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here