Cara Screen Record di MacBook

Cara Screen Record di MacBook – Apa pun jenis Mac yang Anda miliki, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merekam video di Mac Anda dengan mudah.

Cara Screen Record di MacBook

1. Menggunakan Capture Tool

Termasuk dengan MacOS Catalina atau yang lebih baru memungkinkan Anda melakukan screen record dan mengambil screenshot. Caranya adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Tekan Shift + Command + 5  untuk membuka toolbar screenshot.

Langkah 2: Toolbar muncul di layar dengan dua set tombol: Tiga di kiri untuk mengambil screenshot dan dua di tengah untuk screen record. Toolbar juga menyediakan tombol Options dan Capture (atau Recorsd).

Klik tombol Record Entire Screen (kiri) atau tombol Record Selected Portion (kanan) diikuti oleh tombol Record – ini menggantikan Capture jika alat awalnya dalam mode screenshot, terletak di sebelah kanan.

1. Cara Screen Record di Mac Menggunakan Capture Tool

Langkah 3: Setelah selesai, klik tombol kecil Record yang terletak di bilah menu di bagian atas tampilan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Atau, tekan Command + Control + Esc.

2. Cara Screen Record di Mac Menggunakan Capture Tool

Video disimpan ke desktop secara default.

2. Menggunakan QuickTime Player

Jika Anda menjalankan versi MacOS yang lebih lama dari Mojave, Anda dapat menggunakan QuickTime Player untuk screen record dasar (serta perekaman audio). Rekaman QuickTime tidak mudah diedit, tetapi jika Anda menginginkan metode perekaman yang cepat dan mudah, itu salah satu yang paling sederhana.

Catatan: QuickTime Player juga tersedia di Catalina dan Big Sur.

Langkah 1: Buka QuickTime Player dari Launchpad. Jika Anda tidak melihatnya, periksa folder “Other” di LaunchPad.

3. Cara Screen Record di Mac Menggunakan QuickTime Player

Langkah 2: Dengan aplikasi terbuka, klik File yang terletak di Menu Bar .

Langkah 3: Klik opsi New Screen Recording yang terdaftar di menu drop-down.

4. Cara Screen Record di Mac Menggunakan QuickTime Player

Langkah 4: Anda mungkin melihat permintaan izin untuk merekam layar komputer. Klik tombol Open System Preferences, dan tambahkan tanda centang ke kotak centang di sebelah QuickTime Player. Anda perlu restart QuickTime Player. Jika tidak, lanjutkan ke Langkah 6.

5. Cara Screen Record di Mac Menggunakan QuickTime Player

Langkah 5: Saat QuickTime me-restart, klik File diikuti oleh New Screen Recording.

6. Cara Screen Record di Mac Menggunakan QuickTime Player

Langkah 6: Toolbar Capture Tool muncul di layar dengan dua set tombol: Tiga di kiri untuk mengambil screenshot dan dua di tengah untuk merekam layar. Klik Options untuk menambah atau menghapus klik mouse, menggunakan mikrofon internal, dan menentukan tujuan video.

Langkah 7: Klik tombol Record Entire Screen atau Record Selected Portion, diikuti oleh tombol Record yang terletak di sebelah kanan.

7. Cara Screen Record di Mac Menggunakan QuickTime Player

Langkah 8: Setelah selesai, navigasikan ke bilah menu dan klik tombol Stop Recording , seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Atau, ketuk simbol yang sesuai jika Mac Anda memiliki Touch Bar.

Langkah 8: Setelah selesai, navigasikan ke bilah menu dan klik tombol Stop Recording , seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Atau, ketuk simbol yang sesuai jika Mac Anda memiliki Touch Bar.

Langkah 9: Untuk menyimpan rekaman Anda, klik File di bilah menu, diikuti oleh Save di menu drop down. Pilih lokasi penyimpanan yang sesuai (jika Anda belum melakukannya) dan nama untuk rekaman tersebut, lalu klik Save untuk mengonfirmasi.

Aplikasi alternatif Screen Record

Jika Anda menginginkan pengalaman perekaman yang lebih baik dari aplikasi yang dirancang khusus untuk klip yang lebih profesional dan berorientasi pada game, maka cara terbaik Anda adalah mendownload salah satu dari aplikasi di bawah ini.

1. OBS Studio (gratis)

16. Cara Screen Record di Mac Menggunakan OBS Studio

Sebagai salah satu aplikasi perekaman layar yang lebih canggih dan tersedia secara gratis, OBS Studio adalah open-source dan memungkinkan perekaman layar penuh tanpa batas. Ini memiliki fungsi streaming built-in bagi mereka yang menginginkan rekaman live.

OBS Studio memiliki fitur yang lebih lengkap daripada beberapa aplikasi freemium, tetapi pengaturan preferensi pribadi Anda bisa memakan waktu lebih lama. OBS Studio, masih yang terbaik dari aplikasi perekaman layar gratis yang tersedia saat ini.

OBS Studio tersedia untuk Windows, MacOS, dan Linux.

2. Snagit

17. Cara Screen Record di Mac Menggunakan Snagit

Snagit lebih menargetkan startup daripada gamer, mengemas banyak fitur perekaman yang dibuat untuk menampilkan produk dan membuat video pemasaran, fitur petunjuk, vlog, dan sebagainya. Jika Anda menginginkan video yang rumit yang mencakup beberapa jenis video, banyak grafik, dan perekaman layar, Snagit adalah pilihan tepat.

TERKAIT: Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here