3 Cara Mematikan HP Samsung A72

Cara Mematikan HP Samsung A72Samsung Galaxy A72 memiliki layar AMOLED 90Hz, kamera belakang 64MP dengan OIS, IP67 rating, speaker stereo, dan baterai 5000mAh. Seperti seri Galaxy S21, A72 baru menggunakan Android 11 dengan One UI 3.1.

Mungkin, bagi Anda yang belum memiliki smartphone Samsung belakangan ini maka Anda akan menghadapi kesulitan saat mematikan atau me-restart Galaxy A72. Karena, flagships Samsung yang lebih baru menampilkan tombol Samping, bukan tombol daya. Oleh karena itu, cara lama untuk mematikan atau restart HP Samsung tidak berfungsi lagi.

Berikut cara cepat untuk membantu Anda mematikan HP Samsung Galaxy A72 jika macet atau tidak merespons. Selain itu, ada dua cara lain untuk mematikan ponsel Anda dengan mudah tanpa memerlukan tombol fisik.

Cara Mematikan HP Samsung A72

1. Menggunakan tombol hardware

Tekan dan tahan tombol Side dan Volume Turun (di sisi kanan) secara bersamaan sampai Anda melihat menu power.

1. Cara Mematikan HP Samsung A72

Pilih “Power off

2. Cara Mematikan HP Samsung A72

Ketuk Power off lagi untuk mematikan perangkat Anda.

Untuk menyalakan Samsung Galaxy A72, tekan dan tahan tombol Side selama beberapa detik. Perangkat akan hidup kembali dan logo Samsung akan ditampilkan di layar.

Untuk mem-boot ulang atau restart Samsung Galaxy A72, cukup ikuti langkah-langkah di atas dan ketuk tombol “Restart“.

2. Menggunakan panel Quick Settings

Ada ikon Power di Quick Panel One UI yang dapat Anda gunakan untuk mematikan ponsel Anda tanpa menggunakan tombol fisik. Ini berguna jika tombol Side/Samping tidak berfungsi atau saat Anda mengoperasikan telepon sendirian. Tidak banyak pengguna yang mengetahui shortcut menu daya karena tidak dapat diakses secara langsung. Untuk mematikan Galaxy A72 Anda dari menu Quict Settings, ikuti langkah berikut.

  • Gesek ke bawah dari atas layar dengan dua jari untuk membuka panel Quict Settings.
  • Ketuk ikon “Power” di kanan atas, di sebelah tombol Settings.

3. Cara Mematikan HP Samsung A72

  • Pilih Power off atau Restart untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.
  • Ketuk tombol lagi untuk mengonfirmasi.

3. Menggunakan Bixby

4. Cara Mematikan HP Samsung A72

Anda dapat menggunakan Bixby untuk mem-boot ulang atau mematikan ponsel Samsung Galaxy Anda. Agar berfungsi, pertama- tama  pastikan Bixby Voice sudah diatur. Kemudian buka Bixby menggunakan tombol Side/Samping atau aplikasi Bixby di aplikasi.

Setelah Bixby Voice aktif, ucapkan perintah seperti “Turn off the phone” atau “Restart the phone” dan biarkan Bixby melakukan tindakan yang diperlukan.

Cara Force Restart Samsung Galaxy A72

Mungkin ada saat-saat dimana Anda perlu memkasa restart smartphone Anda. Seperti ketika Galaxy A72 Anda macet pada logo Samsung atau saat layar sentuh tidak berfungsi. Dalam kondisi seperti ini, saat perangkat menjadi tidak responsif, restart normal tidak akan membantu.

Untuk memaksa reboot Samsung Galaxy A72, tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Tombol Side/Samping secara bersamaan selama lebih dari 20 detik. Perhatikan bahwa Anda harus menahan kedua tombol hingga Anda melihat layar pengaktifan dengan logo Samsung. Sekarang tunggu sekitar satu menit dan biarkan smartphone melakukan boot.

Tip: Cara Ubah pengaturan tombol Side/Samping

Secara default, menahan tombol Samping pada Galaxy A72 memicu Bixby. Untungnya, Anda dapat mengubah tombol Bixby menjadi tombol daya jika Anda jarang menggunakan Bixby atau ingin menonaktifkan pengaktifan Bixby melalui tombol Samping.

Untuk mengubah fungsi tombol Samping, buka Settings > Advanced Features > Side Key

5. Cara Mematikan HP Samsung A72

Pilih “Power off menu” di bawah pengaturan “Tekan dan tahan”.

6. Cara Mematikan HP Samsung A72

Sekarang Anda akan melihat menu power off dan restart saat Anda menekan tombol Samping.

TERKAIT: Cara Update Android 11 Samsung

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here