3 Cara Mematikan Samsung A52 & Restart Samsung A52

Cara Mematikan Samsung A52 – Smartphone Samsung Galaxy yang lebih baru tidak lagi dilengkapi dengan tombol power tradisional. Tombol Side/Samping menggantikan tombol power dan jika ditekan lama secara default akan mengaktifkan Bixby. Meskipun Anda dapat mengubah fungsi tombol Side di One UI 3.1 untuk menampilkan menu power. Namun, tidak banyak pemilik Galaxy yang menyadari hal ini dan terjebak saat mencoba mematikan atau restart ponsel Samsung mereka.

Untuk membantu pengguna Samsung A52, berikut cara mematikan Samsung A52 atau A52 5G. Selain itu, ada dua cara lagi untuk mematikan ponsel Anda dengan mudah tanpa menggunakan tombol fisik.

Cara Mematikan Samsung A52

1. Menggunakan tombol hardware

Metode ini berguna jika layar Anda rusak dan Anda ingin mematikan ponsel Samsung tanpa layar sentuh.

Tekan dan tahan tombol Side dan Volume Turun (di sisi kanan) pada saat yang sama sampai muncul menu power/daya pada layar.

1. Cara Mematikan Samsung A52 & Restart Samsung A52

Pilih “Power off

2. Cara Mematikan Samsung A52 Restart Samsung A52

Ketuk tombol Power off lagi untuk mematikan perangkat.

Untuk menyalakan Galaxy A52, tekan dan tahan tombol Side selama beberapa detik. Ponsel akan hidup kembali dan Anda dapat melihat logo Samsung di layar. Untuk mem-boot ulang atau restart Galaxy A52 , cukup ikuti langkah-langkah di atas dan ketuk tombol “Restart“.

2. Menggunakan panel Quick Settings

Tidak banyak pengguna yang tahu bahwa ada shortcut menu virtual power di panel Quick Settings di UI Samsung One. Ini adalah cara alternatif untuk mematikan telepon Anda tanpa menggunakan tombol fisik. Ini sangat berguna ketika tombol Side tidak berfungsi atau saat Anda menggunakan telepon dengan satu tangan. Untuk mematikan Galaxy A52 Anda dari Quick Panel

  • Gesek ke bawah dengan dua jari dari atas layar untuk melihat panel Quick Settings.
  • Ketuk ikon “Power” yang terlihat di kanan atas, di sebelah ikon Pencarian.

3. Cara Mematikan Samsung A52 Restart Samsung A52

  • Pilih Power off atau Restart dari layar menu power.
  • Ketuk lagi tombol yang relevan untuk mengonfirmasi.

3. Menggunakan Bixby

4. Cara Mematikan Samsung A52 Restart Samsung A52

Anda dapat menggunakan Bixby untuk mem-boot ulang atau mematikan ponsel Samsung Galaxy Anda. Agar berfungsi, pertama- tama  pastikan Bixby Voice sudah diatur. Kemudian buka Bixby menggunakan tombol Side/Samping atau aplikasi Bixby di aplikasi.

Setelah Bixby Voice aktif, ucapkan perintah seperti “Turn off the phone” atau “Restart the phone” dan biarkan Bixby melakukan tindakan yang diperlukan.

Cara Force Restart Samsung A52

Galaxy A52 Anda stuck di logo Samsung atau touchscreennya tidak berfungsi? Dalam kasus seperti ini ketika perangkat mengalami freeze, tidak responsif, atau masuk ke loop boot; reboot normal mungkin tidak membantu. Anda dapat melakukan force restart smartphone untuk mengembalikannya ke keadaan normal.

Untuk memaksa reboot Samsung Galaxy A52, tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Side secara bersamaan selama sekitar 20 detik.

Catatan: Pastikan untuk menahan kedua tombol hingga Anda melihat layar pengaktifan dengan logo Samsung. Kemudian tunggu lebih dari satu menit dan biarkan smartphone boot.

Tip: Cara ubah pengaturan tombol Side/Samping

Secara default, menekan lama tombol Side pada Galaxy A52 mengaktifkan Bixby Voice bukan Menu Power. Namun, Anda dapat mengubah fungsi default tombol Side jika Anda jarang menggunakan Bixby atau tidak suka menggunakan kombinasi tombol power dan volume untuk mematikan atau menghidupkan ulang ponsel Anda.

Untuk mengubah pengaturan tombol Side, buka Settings > Advanced Features > Side Key

5. restart Galaxy A52

Di bawah pengaturan “Press and hold”, pilih “Power off menu”.

6. restart Galaxy A52

Sekarang Anda akan melihat opsi power off dan restart saat Anda menahan tombol Side.

TERKAIT: Cara Mematikan HP Samsung A72

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here