Cara Sinkronisasi Dropbox Menggunakan Smart Sync

Cara Sinkronisasi Dropbox – Smart Sync adalah fitur aplikasi desktop Dropbox yang memungkinkan Anda membuat file secara online, sehingga Anda dapat menghemat ruang hard disk di komputer. Anda dapat memilih file mana yang akan dibuat secara online atau membiarkan Smart Sync memilihnya.

Fitur ini hanya tersedia bagi pengguna Dropbox Plus, Family, Professional, atau Business plans. Preferensi Smart Sync yang Anda pilih bersifat unik untuk setiap komputer dan tidak  memengaruhi komputer lain yang menggunakan Dropbox.

Cara Sinkronisasi Dropbox Menggunakan Smart Sync

Mengatur File atau Folder Lokal Komputer

Untuk mengatur file atau folder bisa diakses online menggunakan Smart Sync:

  1. Buka File Explorer (Windows) atau Finder (Mac).
  2. Buka folder Dropbox.
  3. Klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda ubah menjadi Online-only.
  4. Arahkan kursor ke Smart Sync.
  5. Klik Online Only. Jika Anda ingin menyimpan file kembali ke hard disk komputer Anda, klik Local.

Jika Anda tidak pernah mengaktifkan Smart Sync atau mengatur file atau folder menjadi Online-only, semua file dan folder di folder Dropbox pada komputer Anda akan bersifat “Local”. Ini berarti file dan folder tersebut menggunakan ruang hard disk komputer maupun akun Dropbox, dan tersedia secara online maupun offline.

Jika Anda mengatur file atau folder menjadi Online-only, Anda masih akan melihat file atau folder tersebut di folder Dropbox di komputer, tetapi hanya sebagai placeholder. Anda dapat membukanya jika terhubung ke internet. Dropbox menghapus file dan folder tersebut dari hard disk komputer, sehingga hanya menggunakan ruang di akun Dropbox secara online. Setiap kali Anda membuka file Online-only, Dropbox secara otomatis mengubahnya kembali menjadi “local”, tetapi Anda mengembalikannya menjadi Online-only kapan saja.

Smart Sync vs. Selective Sync

Selective sync membantu Anda menghemat ruang hard disk komputer dengan menghapus file dari hard disk sehingga hanya tersedia secara online. Namun, file tersebut tidak akan terlihat lagi di folder Dropbox komputer Anda.

Automatic Smart Sync

Anda dapat mengaktifkan Automatic Smart Sync sehingga file yang tidak Anda buka di komputer selama beberapa bulan tersedia online secara otomatis. Dengan demikian, file yang jarang digunakan tidak akan menghabiskan ruang di komputer Anda. Untuk mengaktifkan Automatic Smart Sync:

  1. Buka aplikasi desktop Dropbox Anda.
  2. Klik tab Sync.
  3. Di bawah Save hard drive space automatically, pilih On.
    • Jika Anda menggunakan Dropbox Business dan memilih agar Admin mengelola pengaturan ini, pilih Let my admin manage this setting.

Catatan: Jika aplikasi di komputer Anda memerlukan file yang bersifat lokal agar dapat berfungsi dengan baik, Automatic Smart Sync akan mengatur file tersebut menjadi lokal untuk sementara dan kemudian mengembalikannya hanya akses online.

Mengatur file ke web menjadi online secara default

Untuk mengatur semua file yang Anda tambahkan ke dropbox.com menjadi Online-only secara default:

  1. Buka aplikasi desktop Dropbox.
  2. Klik tab Sync.
  3. Klik menu tarik turun di samping Files added on web default dan klik Online-only.
    • Jika Automatic Smart Sync aktif, Anda tidak dapat memilih opsi ini karena file Anda diatur online saja secara default.

File Online-only menggunakan sedikit ruang di hard disk Anda karena placeholder memerlukan ruang untuk menyimpan nama file dan shortcut ke dropbox.com, tetapi ukurannya jauh lebih kecil daripada ukuran ruang yang sebenarnya diperlukan oleh file tersebut.

Jika menggunakan Smart Sync pada macOS High Sierra 10.13 ke atas, Anda mungkin memperhatikan bahwa file Online-only tampak menggunakan ruang ketika Anda mencoba mengelola ruang penyimpanan di pengaturan Mac. Ini dikarenakan ukuran file dihitung berdasarkan “logical size”, bukan “physical size”.

Untuk melihat file mana yang menggunakan ruang penyimpanan, sesuaikan pengaturan Dropbox Anda sehingga logical size dan physical size file Online-only diatur ke nol.

  1. Masuk ke dropbox.com
  2. Klik avatar Anda (gambar profil atau inisial) di sudut kanan atas.
  3. Klik Settings.
  4. Aktifkan Smart Sync update for Mac.

Persyaratan sistem Smart Sync

  • Mac: OS X Mavericks (10.9)
  • Windows: 7 ke atas

Anda tidak dapat menggunakan Smart Sync di perangkat mobile, tetapi Anda dapat mengatur file Dropbox tersedia secara offline di perangkat mobile.

TERKAIT: Cara Upload File ke Dropbox

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here