Cara Copy Paste Teks, Link, dan Gambar di Android

Copy paste bukanlah sesuatu yang dikhususkan hanya untuk laptop dan komputer. Ini juga berlaku di ponsel atau tablet Android Anda. Berikut cara copy paste teks, link tautan, gambar, dan cara menggunakan clipboard.

Tampilan perangkat Android sangat bervariasi untuk berbagai aplikasi. Menu dan tombol yang Anda lihat dalam panduan ini mungkin terlihat sedikit berbeda pada smartphone atau tablet Anda, tetapi pada dasarnya sama.

Cara Copy Paste Teks di Android

Copy paste teks di Android sangat berguna dalam banyak situasi. Untungnya, cara berikut ini sangat mudah dilakukan. Pertama, temukan teks yang ingin Anda copy.

1. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Ketuk dan tahan jari Anda pada teks yang ingin Anda highlight.

2. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Kemudian akan muncul menu konteks dengan beberapa opsi, termasuk “Copy“. Teks yang dihighlight juga akan memiliki handles yang dapat Anda seret untuk memilih lebih banyak teks.

3. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Selanjutnya, untuk menempelkan teks, Anda perlu menemukan kotak teks. Bisa dalam messaging app, Google Search bar, notes app, dll. Ketuk dan tahan di mana pun Anda ingin memasukkan teks. Setelah muncul menu konteks, kali ini Anda akan memiliki opsi “Paste”.

5. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Cara Copy Paste Tautan (Link) di Android

Cara kerja copy paste link sama seperti teks. Pertama, temukan tautan untuk dicopy. Bisa berupa URL di alamat browser Anda atau tautan di laman web atau aplikasi.

Jika Anda menggunakan peramban Google Chrome , semudah mengetuk URL di bilah alamat. Sekarang Anda akan melihat ikon Salin muncul. Ketuk untuk menyalin URL secara lengkap.

7. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Jika Anda ingin menyalin link dari halaman web atau aplikasi, ketuk dan tahan link.

8. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Dari menu pop-up, pilih “Copy Link Address”.

9. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Sekarang, untuk menempelkan URL, cari kotak teks di suatu tempat. Bisa berupa messaging app, Google Search bar, notes app, dll. Ketuk dan tahan di mana pun Anda ingin memasukkan URL. Akan muncul menu konteks dan Anda dapat mengetuk “Paste” untuk memasukkan URL.

10. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Cara Copy Paste Gambar di Android

Copy paste gambar tidak semudah teks dan link. Fitur ini tidak didukung di semua aplikasi, dan juga bervariasi menurut versi Android. Copy paste gambar bekerja paling baik di browser Google Chrome .

Temukan gambar di halaman web lalu ketuk dan tahan.

11. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Pilih “Copy Image” dari menu pop-up.

Catatan: Anda juga akan melihat opsi untuk “Download Gambar“. Ini akan menyimpan gambar ke ponsel Anda, yang merupakan cara yang jauh lebih andal untuk membagikan gambar.

12. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Langkah selanjutnya adalah mencari tempat untuk menempelkan gambar. Biasanya berfungsi paling baik di aplikasi pesan. Ketuk dan tahan di kotak teks untuk membuka menu konteks.

13. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Terakhir, ketuk “Paste” pada menu.

Sekali lagi, copy paste gambar di Android tidak didukung secara luas. Cara terbaik adalah Anda bisa mengunduh gambar.

Cara Mengakses Clipboard Anda di Android

Clipboard di Android bekerja dengan cara berbeda, tergantung pada versi mana yang Anda gunakan. Metode paling baik dan universal adalah melalui aplikasi keyboard. Banyak keyboard populer menyertakan dukungan Clipboard, seperti Gboard dan Swiftkey .

Pertama, salin beberapa teks atau link dengan mengikuti instruksi seperti bagian atas. Lalu, masukkan kotak teks untuk menampilkan keyboard. Cari ikon “Clipboard” seperti di bawah ini untuk Gboard dan Swiftkey.

15. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android
SwiftKey

16. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android
Gboard

Pada Clipboard, Anda akan melihat beberapa catatan terakhir yang Anda copy. Cukup ketuk salah satunya untuk ditempel di kotak teks.

17. Cara Copy Paste Teks Link dan Foto di Android

Clipboard adalah cara terbaik untuk menyimpan beberapa potongan teks atau link yang bermanfaat bagi pekerjaan Anda

PILIHAN EDITOR

SUMBERhowtogeek

POPULER MINGGU INI