Sabtu, September 26, 2020
Beranda Tekno Aplikasi 6 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

6 Aplikasi Gratis Pengganti Microsoft Office

- Advertisement -

Meskipun Microsoft Office masih merupakan pilihan utama untuk pengolah kata, presentasi dalam bentuk tampilan slide, perhitungan spreadsheet, dan banyak lagi tugas digital lainnya, ternyata masih banyak alternatif aplikasi Microsoft Office. Hindari freeware yang berisi iklan dan periksa suite produktivitas gratis ini.

Microsoft Office umumnya terdiri dari Microsoft Word untuk dokumen, Microsoft PowerPoint untuk presentasi, dan Microsoft Excel untuk spreadsheet. Microsoft Office bisa didapatkan melalui biaya berlangganan, Microsoft 365 $ biaya $69,99/tahun, atau $6,99/bulan untuk satu akun. Akun family dengan enam pengguna dengan biaya $ 99,99 / tahun, atau $ 9,99 / bulan. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan aplikasi gratis dengan kualitas layanan seperti office, berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

1. LibreOffice: Aplikasi Desktop Open-Source

- Advertisement -

LibreOffice- Open-Source Desktop Apps

LibreOffice adalah proyek open source dari The Document Foundation yang awalnya merupakan bagian dari alternatif Office/OpenOffice. Anda dapat mengunduh LibreOffice secara gratis untuk penggunaan pribadi baik di Windows, Mac, maupun Linux. Perlu diingat bahwa, sebagai aplikasi open-source, LibreOffice tidak memberikan fitur dukungan atau bantuan.

Perusahaan besar yang menggunakan aplikasi ini mungkin ingin melihat dukungan profesional  dari pihak ketiga yang disetujui sebelum melibatkan LibreOffice di tingkat perusahaan. Dari segi bisnis dapat menghemat dengan membayar pihak yang memberikan solusi yang andal, banyak pemerintah di seluruh dunia memilih LibreOffice untuk menghindari perjanjian perusahaan dengan Microsoft karena harganya yang mahal.

LibreOffice Writer, Calc, dan Impress adalah penawaran utama yang masing-masing berkorelasi dengan Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Tools ini juga tersedia dalam versi online berbasis web yang disebut LibreOffice Online . Seperti penjelasan di atas, aplikasi ini sebagian besar ditujukan untuk penggunaan pribadi, meskipun bisnis dapat melibatkan pihak ketiga dengan dukungan yang tepat. LibreOffice juga menawarkan aplikasi open-source untuk pengeditan gambar (Draw), formula (Math), dan manajemen basis data (Base). Anda dapat memulai dengan mengunduh suite LibreOffice secara gratis dari situs web resimya.

- Advertisement -

 

2. Google Drive: Aplikasi Kerja Berbasis Web milik Google

Google Drive: Aplikasi Kerja Berbasis Web Dari Google

Google Drive adalah salah satu alternatif gratis untuk Microsoft Office yang paling populer karena berasal dari salah satu pesaing terbesar Microsoft yaitu Google. Google menawarkan layanan dan dukungan gratis untuk berbagai aplikasi yang cocok dengan Microsoft Office. Aplikasi yang ramah pengguna seperti Google Documents, Slide, Spreadsheet, dan Drawings semuanya tersedia secara gratis.

- Advertisement -

Semua aplikasi ini menggunakan layanan penyimpanan cloud Google, Google Drive. Selain aplikasi utama G Suite ini, Google menawarkan aplikasi seperti Forms and Classroom yang dapat memenuhi kebutuhan guru. Sejumlah pihak ketiga seperti Zoho, LucidChart, Slack, dan lainnya memberikan integrasi dengan banyak aplikasi Google.

Google Drive memiliki rangkaian produktivitas berdasarkan cloud yang menawarkan keamanan. Sementara untuk versi bisnis mungkin perlu membayar Google untuk mendapatkan dukungan tingkat perusahaan, rangkaian produktivitas Google adalah pilihan gratis yang bagus untuk kebutuhan pribadi. Mulailah hari ini dengan membuat akun Google secara gratis. Jika Anda ingin meningkatkan aplikasi atau menggunakannya secara profesional, Anda dapat menggunakan layanan Google G Suite , yang dilengkapi dengan banyak penyimpanan, fitur, dan dukungan.

3. iWork: Bukan Hanya untuk Pengguna Mac

iWork- Bukan Hanya untuk Pengguna Mac Lagi

Jika Anda memiliki Mac, mungkin sudah terbiasa dengan penggunaan Apple, yaitu iWork. Fitur alternatif ini berupa aplikasi Microsoft Office utama: Page (Word), Numbers (Excel), dan Keynote (PowerPoint).

Meskipun aplikasi ini sebelumnya eksklusif untuk Mac, sekarang siapa pun dapat mengaksesnya secara gratis melalui iCloud di iPad dan iPhone. Jika Anda terbiasa dengan Microsoft Office, mungkin perlu belajar antarmuka Mac. Untuk memulai, buka situs web iCloud dan daftar untuk mendapatkan akun gratis.

Tidak seperti alternatif Microsoft Office gratis lain yang sedikit meniru fitur office, dengan iWork Anda tidak akan langsung terbiasa jika selama ini menggunakan rangkaian produktivitas Microsoft. iWork menggunakan iCloud untuk berbagi dokumen dengan aman. Semua tipe file Microsoft kompatibel juga dengan iWork.

4. WPS Office: Antarmuka yang Familiar di Semua Platform

WPS Office: Antarmuka yang Familiar di Semua Platform

WPS Office merupakan salah satu suite produktivitas gratis yang dikembangkan untuk bersaing dengan Microsoft Office, WPS Office dikembangkan Kingsoft dari Cina yang  menawarkan software yang familiar dengan sebagian besar pengguna Microsoft Office. WPS adalah singkatan dari Writer, Presentation, Spreadsheets, yang merupakan nama-nama penawaran utama suite. Suite ini kompatibel dengan semua program Microsoft, tipe file, dan bahkan beberapa ekstensi.

WPS Office juga menawarkan aplikasi gratis untuk versi desktop maupun perangkat seluler. Meskipun tidak setiap aplikasi tersedia di semua platform, aplikasi inti WPS tersedia di Windows, Linux, Android, dan semua perangkat Apple modern. Anda akan menjumpai beberapa iklan saat menggunakan WPS, tetapi tidak mengganggu produktivitas Anda. Fiturnya mendukung keamanan cloud dengan batas unggahan 200 MB dan ruang kosong 1 GB, di samping itu ada aplikasi web yang dapat diakses dan PDF yang ramah pengguna.

5. FreeOffice: kompatibel dengan file Microsoft Office 

FreeOffice aplikasi dari SoftMaker, sesuai namanya merupakan alternatif Office gratis yang bisa Anda gunakan di Windows, Mac, atau Linux, . Tata letaknya sangat familiar bagi pengguna Microsoft Office, terutama dengan kemampuannya untuk mengubah antara tata letak modern dan klasik yang bermanfaat bagi pengguna baru dan lama. Tata letak yang mudah dikonfigurasikan dan mode Sentuh yang membuatnya lebih mudah digunakan pada tablet dan perangkat seluler.

FreeOffice sepenuhnya kompatibel dengan file Microsoft Office dan menampilkan tools yang sama seperti rangkaian produktivitas modern. SoftMaker menawarkan TextMaker (Word), PlanMaker (Excel), dan Presentasi (PowerPoint), serta lingkungan pemrograman dan bahasa scripting untuk pengembang yang disebut BasicMaker. Aplikasi ini ada juga versi premium, dengan lebih banyak fitur seperti manajemen file dan dukungan skrip, dengan biaya hanya satu kali $ 79,95 atau berlangganan mudali dari $ 2,99 / bulan. Ini merupakan tambahan untuk aplikasi produktivitas berfitur lengkap untuk Android .

6. Microsoft Office Online: Sedikit Fitur Tapi Gratis

Microsoft Office Online: Sedikit Fitur Tapi Gratis

Versi dasar Microsoft Office tersedia gratis dalam bentuk aplikasi online yang bisa diakses lewat berbagai browser untuk meningkatkan produktivitas Anda. Jika Anda hanya ingin  menggunakan produk Microsoft,  baik untuk desktop atau perangkat seluler, Anda dapat mendaftar untuk membuat akun Microsoft gratis di Office.com dan mulai menggunakan versi Word, Excel, dan PowerPoint yang sedikit terbatas.

Masih banyak aplikasi sejenis Microsoft Office di luar sana, tetapi keenam ini adalah yang terbaik dari yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cepat, andal, dan yang paling penting gratis. Selamat mencoba!!

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU