Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

Cara Mengaktifkan VPN di MacBookSebuah VPN (virtual private network) sangat bagus untuk menyembunyikan traffic internet, lebih khusus pada koneksi Wi-Fi atau untuk mengakses situs web yang dibatasi wilayah. Untuk mengatur VPN di Mac mungkin tampak membingungkan jika Anda belum tahu caranya. Anda dapat menginstal dan menggunakan VPN di Mac dengan cukup mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Pilih Layanan VPN untuk Mac

Langkah pertama adalah dengan memilih layanan VPN yang bagus. Sebagian besar penyedia VPN memiliki penawaran serupa dalam hal lokasi server, protokol enkripsi, kecepatan, dan kinerja. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih layanan VPN untuk Mac Anda.

  • Web browsing privacy — Semua layanan VPN dirancang untuk menyembunyikan alamat IP dan lokasi fisik Anda saat mengenkripsi lalu lintas data Anda di jaringan publik. Namun, VPN berbeda dalam jenis fitur yang ditawarkan, dan ada baiknya meluangkan waktu untuk meneliti berbagai opsi VPN yang tersedia. Termasuk kebijakan pencatatan data VPN, protokol enkripsi (OpenVPN pilihan yang terbaik), jumlah koneksi yang diizinkan, ekstensi browser, tingkat layanan, fitur keamanan ekstra, dukungan torrent, dll.
  • Streaming movies — Meskipun semua VPN mengklaim bahwa mereka dapat unlock situs seperti Netflix atau Amazon Prime, tidak semua VPN memenuhi janjinya. Cara terbaik adalah membaca ulasan VPN, memanfaatkan masa percobaan, atau gunakan VPN yang memiliki jaminan uang kembali.
  • Torrenting — Torrenting adalah tindakan mengunduh dan mengunggah file melalui jaringan BitTorrent. Sekali lagi, sebagian besar VPN suka mengiklankan bahwa mereka adalah VPN terbaik untuk torrent, tetapi kadang tidak selalu demikian. Jika Anda suka torrent, Anda mungkin mencari layanan yang menawarkan berbagai server P2P dedicated, unlimited bandwidth, menggunakan protokol OpenVPN dengan enkripsi AES 256-bit, dan memiliki yurisdiksi di luar 5, 9, atau 14-Mata Negara aliansi, yaitu AS, Inggris, Kanada, Australia, atau Selandia Baru. Penting juga membaca VPN service’s fine print untuk memastikan Anda tidak melanggar kebijakan pengguna.

Cara Mengaktifkan VPN di MacBook Menggunakan Pengaturan VPN

Untuk mengatur VPN melalui pengaturan VPN bawaan Mac, pastikan Anda memiliki semua data yang diperlukan terlebih dahulu. Diantaranya jenis VPN, server address, username, password, dan shared secret. Semua informasi ini khusus untuk VPN dan disediakan oleh operator VPN Anda.

  1. Klik ikon Apple di kiri atas layar Anda, lalu klik System Preferences
  2. Klik Network.

Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

3. Klik Plus (+) untuk membuat koneksi jaringan baru.

2. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

4. Pilih VPN dari menu dropdown Interface, L2PT over IPSec dari menu dropdown VPN Type, dan nama pilihan Anda di bidang Service Name. Klik Create.

3. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

5. Masukkan Server Address dan Account Nameterkadang disebut sebagai nama pengguna oleh operator VPN, lalu klik Authentication Settings

4. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

6. Masukkan Password dan Shared Secret, lalu klik OK

5. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

7. Klik Apply, lalu klik Connect

6. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

8. VPN Anda sekarang akan terhubung. Pilih Disconnect untuk mematikan VPN Anda setelah selesai. 

 

7. Cara Mengaktifkan VPN di MacBook

9. Untuk mengaktifkan kembali koneksi, ulangi langkah 1 dan 2, pilih VPN Anda dari daftar, lalu klik Connect sekali lagi.

Mengapa Anda Harus Menghindari Layanan VPN Gratis di Mac Anda

Semua perusahaan VPN membutuhkan cara untuk menghasilkan uang, bahkan yang ‘gratis’ sekalipun. Jadi, jika ada perusahaan yang menawarkan VPN gratis, sudah pasti itu dimonetisasi dengan mengumpulkan data pengguna yang dilacak dan dijual ke pihak ketiga.

Beberapa VPN gratis bahkan diam-diam menginstall adware di Mac Anda. Ini bertentangan dengan tujuan dirancangnya VPN, yaitu menjaga data dan identitas Anda tetap terlindungi. Karena itu, jika Anda benar-benar tidak mampu membeli layanan VPN berbayar atau VPN Premium, Anda harus membaca persyaratan layanan sehingga memahami jenis data apa yang mungkin Anda berikan untuk ditukar dengan gratisan. Saran kamu hindari penggunaan VPN yang gratisan.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here