Fitur-Fitur Terbaru OS Windows 11

Microsoft telah menyadari Windows harus menjadi sistem operasi desktop yang powerful. Dengan multi-window multitasking dan dukungan yang lebih baik untuk beberapa monitor hingga peningkatan game PC dan Store yang menampilkan aplikasi desktop Win32. Sejak meluncurkan Windows 10 enam tahun lalu, banyak inovasi dan peningkatakan hardware di PC.

PC Windows 10 yang memenuhi syarat akan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 11 mulai akhir 2021 dan berlanjut hingga 2022. Namun, tidak semua PC Windows 10 akan mendapatkan OS Windows 11. Persyaratan sistem untuk Windows 11 jauh lebih ketat. Anda memerlukan PC dengan firmware UEFI yang mendukung Secure Boot dan chip modul TPM versi 2.0. Anda juga memerlukan “prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)”.

Untuk memeriksa apakah PC Anda akan mendapatkan Windows 11, download dan jalankan aplikasi Microsoft’s PC Health Check app. Jika Anda telah menonaktifkan Secure Boot atau TPM di pengaturan firmware UEFI PC Anda, Anda perlu mengaktifkannya kembali sebelum tools menyatakan bahwa PC Anda kompatibel dengan Windows 11.

Minimum system requirements Windows 11

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) dengan 2 core atau lebih pada  prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
  • Memory: 4 GB RAM
  • Storage: 64 GB or lebih besar
  • System firmware: UEFI, Secure Boot capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
  • Graphics card: DirectX 12 compatible graphics/WDDM 2.x
  • Display: >9” dengan Resolusi HD (720p)
  • Internet connection: Akun Microsoft dan konektivitas internet diperlukan untuk penyiapan Windows 11 Home

Untuk melihat persyaratan minimum penggunaaan Windows 11 Anda dapat mengunjungi halaman Microsoft.

Cara Download Preview Windows 11

Jika aplikasi Microsoft’s PC Health Check mengatakan PC Anda mendukung preview Windows 11, Anda bisa mendapatkannya dari Microsoft. Anda bisa mendapatkannya dengan bergabung ke program Microsoft Windows Insider (gratis). Disarankan untuk menghindari menginstal pada PC utama Anda, karena kemungkinan akan sedikit tidak stabil.

TERKAIT: Cara Install Windows 11 Insider Preview di Komputer Anda

Start Menu ada di Tengah

2. Fitur-Fitur Terbaru OS Windows 11

Windows 11 memiliki menu Start baru yang disederhanakan. Live tile hilang, diganti dengan daftar ikon aplikasi dan file terbaru. Dokumen yang Anda edit di aplikasi Office pada perangkat lain—bahkan perangkat yang tidak menjalankan Windows—akan muncul sebagai file terbaru di sini, berkat Microsoft 365.

Ikon taskbar termasuk menu Start juga telah dipindahkan ke bagian tengah taskbar. Kabar baiknya adalah Anda dapat memindahkan ikon kembali ke sisi kiri taskbar jika Anda menginginkannya.

Fitur Multi-Window dan Multi-Monitor

3. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Ada fitur “Snap Layouts” untuk mengatur aplikasi dengan cepat di layar Anda. Cukup arahkan mouse ke tombol “Maximize” jendela dan Anda dapat dengan mudah memilih wilayah layar.

Windows juga akan mengingat di mana Anda menempatkan aplikasi menggunakan “Snap Groups.” Anda dengan cepat dapat mengklik satu ikon taskbar untuk menarik sekelompok aplikasi yang diambil. Selain itu, saat menggunakan Windows 11 di tablet, jendela yang bersebelahan secara otomatis menumpuk di atas satu sama lain saat mengubah orientasi perangkat.

Update Lebih Cepat dan Update Besar Pertahun

Microsoft mengatakan Windows 11 akan lebih baik terkait masalah update. Update akan menjadi 40% lebih kecil, dan terjadi di background. Microsoft beralih ke jadwal satu tahun pembaruan besar. Microsoft menyelaraskan jadwalnya dengan sistem operasi lain seperti Google Android, Apple MacOS, dan Apple iOS dan iPadOS yang semuanya mendapatkan satu update besar per tahun.

New Store dengan Desktop Apps

4. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Dengan Microsoft Store baru Windows 11, developer aplikasi dapat menawarkan aplikasi desktop Win32 tradisional di Store bersama aplikasi Universal Windows Platform (UWP) dan aplikasi Progress Web App (PWA). Aplikasi dapat berada dalam kerangka aplikasi lain yang berfungsi di Windows.

Microsoft akan membiarkan developer menggunakan fungsi commerce mereka sendiri di aplikasi ini dan mereka memperoleh 100% dari pendapatan. Dengan kata lain, developer dapat mendistribusikan aplikasinya melalui Microsoft Store dan tidak perlu membayar Microsoft sepeser pun. Microsoft Store telah didesain ulang dan memiliki acara TV dan film.

Aplikasi Android Hadir di Windows 11

5. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Anda bisa mendapatkan aplikasi Android melalui Microsoft Store dan menjalankannya di PC Anda. Microsoft melakukan ini dalam kemitraan dengan Amazon Appstore, meskipun aplikasi akan didistribusikan melalui aplikasi standar Microsoft Store. Microsoft mengatakan menggunakan “Intel Bridge Technology” untuk mengaktifkan ini.

Widgets dan Teams di Taskbar

7. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams ke dalam taskbar. Anda dapat menggunakan fitur Chat untuk melakukan mengirim pesan teks dan panggilan video dengan orang lain. Microsoft Teams telah dikenal luas sebagai alat komunikasi bisnis dengan organisasi yang berbeda, chat pribadi dengan individu dan kelompok, meeting video dan konferensi, dan masih banyak lagi.

Microsoft Teams menggantikan Skype for Business dan Microsoft Classroom, yang menggabungkan semua fitur ke dalam satu platform. Microsoft Teams adalah opsi yang bagus untuk perusahaan tetap terkoneksi secara online, bersaing dengan Zoom, Google Meet, dan aplikasi sejenis.

Peningkatan PC Gaming

8. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Microsoft memberikan DirectX 12 Ultimate dan Xbox Game Pass untuk PC, yang menawarkan akses tak terbatas ke perpustakaan game PC dengan biaya bulanan.

Ada dua fitur dari Xbox Series X. Pertama adalah HDR Otomatis, yang akan membantu “lebih dari 1000” game generasi sebelumnya terlihat lebih baik dengan mengaktifkan HDR secara otomatis. Hanya game yang mendukung HDR yang akan menggunakan HDR pada layar yang membuat warna jauh lebih hidup.

Yang kedua adalah DirectStorage. Beberapa PC Windows 11 akan membutuhkan SSD NVMe berkinerja tinggi “DirectStorage Optimized”. Pada PC ini, game dapat dengan cepat memuat data dari penyimpanan sistem langsung ke kartu grafis tanpa membebani CPU. Seperti di Xbox, dapat mempercepat waktu loading game dan membuat loading aset lebih cepat selama bermain game.

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here