Cara Download Windows 11 ISO

Windows 11 ISOMicrosoft merilis build Insider Preview pertama untuk Windows 11. Untuk mendapatkan build cukup sederhana melalui Windows 10. Cukup masuk dengan akun Microsoft di Windows Insider Program , klik tombol “Register“, terima beberapa T&C.

Bagi mereka yang mendaftar ke Insider Build sudah memiliki akses ke pembaruan, tetapi tidak ada akses bagi para pengguna yang tidak mendaftar build Insider Preview.

TERKAIT: Cara Install Windows 11 Insider Preview di Komputer

Cara Download Windows 11 ISO

Untuk panduan ini, kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut UUP Dump. Aplikasi ini pada dasarnya adalah mengambil semua update terbaru langsung dari server Windows Update dan membuatnya tersedia untuk dipasang oleh siapapun. Fitur keren lainnya dari aplikasi ini bahkan dapat mengonversi paket UUP (Unified Update Platform) menjadi ISO yang mudah dipasang.

Pertama-tama, Anda dapat membuka halaman  uupdump.net dan klik tab ‘Download‘ di kiri atas.

Cara Download Windows 11 ISO

Setelah berada di laman Download, Anda akan melihat list builds dengan informasi terkait, seperti ‘Architecture’, ‘Date Added’, dan ‘Update ID’.

2. Cara Download Windows 11 ISO

Anda akan melihat bahwa kolom Architecture memiliki tiga varian unik, x64 dan arm64. Anda dapat menggunakan build x64 untuk mesin AMD/Intel apa pun. arm64 hanya digunakan jika prosesor Anda berjalan pada microarchitecture, seperti rangkaian prosesor M1 terbaru Apple.

Dari daftar ini, pilih salah satu build dengan Architecture yang tepat untuk PC Anda yang berjudul “Windows 11 Insider Preview 10.0.22000.100 (co_release)” karena ini adalah versi preview terbaru pada saat artikel ini dibuat.  Klik pada nama build untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Di sini Anda harus memilih bahasa OS Anda. Anda bebas memilih bahasa apa pun yang Anda inginkan pada menu drop down dan kemudian klik “Next“.

3. Cara Download Windows 11 ISO e1627541562428

Pada layar berikutnya, Anda harus memilih edisi Windows 11 yang ingin Anda download. Anda bebas untuk mencentang edisi tersebut jika Anda ingin memiliki opsi untuk mencoba beberapa edisi.

Untuk panduan ini, kita akan melanjutkan dengan edisi “Windows 10 Pro” sambil menghapus centang lainnya. Setelah selesai, klik “Next“.

4. Cara Download Windows 11 ISO

Pada halaman “Summary for your selection”, Anda akan menemukan banyak opsi yang ditujukan untuk pengguna. Untuk membuat sesederhana mungkin pemasangan, pastikan bahwa Metode Download diatur ke “Download and convert to ISO” (1), dan hapus centang semua kotak di Conversion options (2). Kemudian akhirnya klik “Create Download Package“.

5. Cara Download Windows 11 ISO

File ZIP kecil akan didownload yang berisi semua file yang diperlukan untuk mendownload build Windows 11 Insider Preview yang baru saja kita selesaikan.

Cara Download Windows 11 Insider Preview ISO ke PC

Buka dan ekstrak zip pada PC Anda. Setelah selesai, buka folder hasil ekstrak, dan Anda akan menemukan sekumpulan file dan tiga file dengan awalan “uup_download_xxxxx.xx”.

6. Cara Download Windows 11 ISO

Masing-masing dari ketiga file tersebut diberi label sesuai dengan sistem operasi host, yaitu sistem operasi yang sedang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Window, buka file “uup_download-windows”, jika Anda menggunakan macOS, maka file dengan “_macos”, dan hal yang sama berlaku untuk Linux.

Kami menggunakan Windows, jadi kami akan membuka file “_windows”. Setelah dibuka, jendela Command Prompt/Terminal akan terbuka dan beberapa detik akan memuat, Anda dapat melihat progress download Windows 11 Insider Preview.

7. Cara Download Windows 11 ISO

Setelah download selesai, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

8. Cara Download Windows 11 ISO

Anda dapat mengonfirmasi download file dengan membuka folder yang diekstrak. Kemudian, Anda harus menemukan ISO yang didownload pada folder tersebut.

9. Cara Download Windows 11 ISO

Cara Instal Windows 11 ISO

Anda dapat menjalankan file ISO, atau jika Anda ingin menginstalnya dari menu boot, maka Anda harus membuat disk yang dapat di-boot terlebih dahulu. 

Klik dua kali file ISO untuk memasangnya. Sekarang, klik file Setup untuk menjalankan instalasi Windows 11.

10. Cara Download Windows 11 ISO

Atau muat Rufus untuk membuat media instalasi pada PC Anda. Setelah Anda menjalankan file Setup, Anda akan melihat update sedang disiapkan dan akan menampilkan layar penginstalan Windows 11. 

11. Cara Download Windows 11 ISO

Anda juga dapat menggunakan software seperti Rufus untuk membuat media instalasi menggunakan Pen drive untuk PC Anda. Setelah Anda memiliki pend drive Windows 11 yang dapat di-boot, restart PC Anda untuk melakukan boot ke menu boot atau menu UEFI BIOS, dan pilih pen drive yang berisi instalasi Windows 11.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here