Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi 5 Trik yang Perlu Kamu Ketahui Tentang WhatsApp Web

5 Trik yang Perlu Kamu Ketahui Tentang WhatsApp Web

- Advertisement -

WhatsApp adalah salah satu platform kirim pesan paling populer di dunia. Dan beberapa tahun terakhir, secara regular telah menambahkan banyak fitur dan fungsionalitas pada aplikasinya. Baik itu penambahan fitur seperti tanda terima baca, pembaruan status, pembayaran, atau baru-baru ini kemampuan untuk mengunci aplikasi menggunakan biometri

  • Login WhatsApp Web
  • Scan QR lewat aplikasi WhatsApp Mobile

Jadi, jika Anda lebih suka berkirim pesan di komputer daripada lewat telepon Anda, atau pekerjaan Anda berputar di sekitar WhatsApp, dan itu mengharuskan Anda untuk selalu berbagi konten dari internet, WhatsApp Web sangat cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda menggunakan WhatsApp di web, berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memaksimalkan produktivitas Anda.

1. Beberapa Akun WhatsApp di Komputer yang Sama

Jika Anda salah satu dari orang yang memiliki lebih dari satu nomor yang terhubung dengan WhatsApp dan ingin mengaksesnya secara bersamaan, dimungkinkan bisa melakukannya di komputer menggunakan WhatsApp Web. Begini caranya –

- Advertisement -

Mengingat Anda sudah memiliki akun WhatsApp terbuka di tab peramban, Anda dapat membuka ‘mode penyamaran (incognito mode)’ di peramban yang sama atau membuka jendela baru di peramban yang berbeda sekaligus. Apa pun cara yang Anda akan gunakan Anda dapat membuka WhatsApp Web dan memindai QR Code menggunakan ponsel Anda, dan melihat dua akun WhatsApp secara bersamaan.

2. Cari Emoji menggunakan Keyboard

Beberapa rekan mungkin bukan penggemar emoji, sebagian lebih suka menggunakannya untuk membuat diri mereka merasa lebih ekspresif kepada orang lain. Jadi bagi orang-orang seperti itu, untuk menghindari kerumitan beralih di antara keyboard untuk mengakses berbagai emoji, cara termudah adalah dengan menggunakan shortcut keyboard yang telah ditentukan.

Untuk memasukkan emoji menggunakan keyboard, Anda perlu membuka obrolan orang yang Anda ajak bicara, dan kemudian di area input, Anda harus memasukkan ‘titik dua‘ (menggunakan kombinasi tombol Shift +: /; ), diikuti dengan nama emoji. Misalnya, jika Anda ingin memasukkan hati, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah ini ‘:hati’. Segera setelah Anda memasukkan perintah, Anda akan melihat daftar semua emoji jantung yang berbeda, yang dapat Anda input langsung dengan klik, tanpa harus bolak-balik dengan keyboard yang berbeda.

3. Gunakan Shortcuts Keyboard

Seperti halnya Anda menggunakan shortcuts keyboard dalam chat untuk mengakses keyboard emoji, Anda juga dapat menggunakan shortcuts keyboard di seluruh versi web WhatsApp. Dengan mempelajari ini dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan mengetik Anda, dan memungkinkan Anda melakukan hal-hal lain lebih cepat.

- Advertisement -

Berikut adalah beberapa cara shortcuts keyboard-

  • Ctrl + N: untuk memulai chat baru
  • Ctrl + E: untuk mengarsipkan chat
  • Ctrl + Shift + M: untuk membisukan chat
  • Ctrl + Backspace: untuk menghapus chat
  • Ctrl + Shift + U: untuk menandai pesan  belum dibaca
  • Ctrl + Shift +]: untuk beralih ke chat selanjutnya
  • Ctrl + Shift + [: untuk beralih ke chat sebelumnya
  • Ctrl + Shift + N: untuk membuat grup baru
  • Ctrl + P: untuk melihat status profil

4. Ubah Kecepatan atau Volume Pemutaran Audio

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang lebih suka pesan audio/suara daripada pesan teks dalam sebuah percakapan, Anda harus menggunakan trik kecil yang rapi ini. Sering kali, pesan suara terlalu lembut pada audio atau terlalu lambat dengan kecepatan pemutaran. Sayangnya, WhatsApp tidak memungkinkan Anda untuk mempercepat kecepatan pemutaran atau tingkat volume pada versi web.

Sebagai alternatif, Anda perlu mengunduh ekstensi Chrome, yang disebut Zapp. Zapp bebas didownload ekstensi Chrome, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tingkat volume dan kecepatan pemutaran audio.

Setelah diunduh, Anda akan melihat ikon di sisi kanan di bawah bilah alamat. Di sini, Anda dapat mengklik tombol panah menghadap ke atas atau ke bawah untuk mengubah volume naik atau turun.

5. Baca Pesan Tanpa Memberitahu Orang Lain

Trik ini mungkin salah satu trik WhatsApp Web yang paling banyak digunakan. Terutama karena, sebagian besar dari kita berada dalam situasi di mana kita ingin membaca pesan yang masuk dalam obrolan, tetapi tidak ingin orang lain tahu bahwa kita telah melihat pesan mereka, untuk menghindari perlunya membalas.

Sayangnya, WhatsApp hanya memiliki satu cara untuk menghentikan ini. Dengan menonaktifkan Penerimaan Baca. Tetapi bagaimana dengan saat-saat yang ingin kita ketahui siapa yang telah melihat pesan kita. Dalam situasi seperti itu, mengubah pengaturan tampaknya bukan solusi yang ideal. Jadi untuk mengatasi situasi ini, inilah cara keren untuk membaca pesan yang masuk, tanpa memberi tahu orang lain.

Untuk trik ini, Anda harus memiliki jendela Web WhatsApp terbuka di salah satu tab browser di latar belakang. Selanjutnya, Anda perlu membuka aplikasi di laman depan. Aplikasi apasaja dapat melakukannya, hanya saja ukuran jendela harus mencakup beberapa bagian dari obrolan di latar belakang dan mouse pointer harus ada pada aplikasi latar depan. Setelah menerima pesan, Anda dapat melihatnya, dan tanda terima yang dibaca tidak akan ditampilkan di jendela percakapan orang lain. Dalam istilah awam, centang biru ganda tidak akan muncul. Sebaliknya, centang abu-abu ganda akan muncul, yang berarti bahwa pesan telah diterima, tetapi belum dibaca.

Itulah beberapa tips dan trik menggunakan WhatsApp Web yang dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan penggunaan WhatsApp Web. Beri komentar di bawah jika Anda menemukan trik ini bermanfaat, dan sebutkan trik yang sering Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU