Minggu, September 27, 2020
Beranda Marketing 4 Tools Belajar Digital Marketing untuk Pemula

4 Tools Belajar Digital Marketing untuk Pemula

- Advertisement -

Digital marketing adalah komponen marketing yang memanfaatkan teknologi digital berbasis internet atau online seperti komputer desktop, smartphone, serta media dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis Anda.

Strategi digital marketing akan sangat bergantung pada sasaran bisnis Anda secara keseluruhan. Tetapi jika Anda seorang pemula dalam memulai bisnis online – dengan memindahkan bisnis yang ada ke online, ketika memulai bisnis Anda sendiri dari awal, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang bagaimana mulai melakukan pemasarannya.

- Advertisement -

Tidak perlu khawatir. Berikut adalah 4 tools belajar digital marketing untuk pebisnis pemula dan panduan untuk mulai menggunakannya.

1. Google My Business (GMB)

Memiliki akun Google My Business adalah cara yang paling penting di era digital. Dengan adanya akun Google My Business memungkinkan calon pelanggan untuk mencari dan menemukan bisnis Anda sambil memberikan informasi penting seperti jam yang pelayanan, penjualan, foto produk/kantor, dan informasi penting lainnya.

Dengan Anda memiliki akun Google My Business (GMB) adalah langkah awal dalam memperkuat strategi digital marketing Anda, terutama untuk bisnis lokal. Akun Google My Business akan menampilkan bisnis Anda sebagai kartu di sisi kanan pencarian Google atau di Google Maps.

Dalam banyak kasus, kartu ini adalah interaksi digital pertama yang akan dilakukan pelanggan dengan bisnis Anda. Jika Anda adalah pemilik bisnis yang baru memulai, atur akun Anda agar publik tahu bahwa bisnis Anda “Segera Hadir”.

2. Canva

- Advertisement -

Canva adalah tools digital marketing yang powerfull, dapat bekerja dengan baik di semua platform iOS maupun Android. Selain itu, interface Canva pada desktop mudah digunakan dan dapat diakses dengan gratis.

Media sosial tentu menjadi platform yang sangat penting untuk mempromosikan bisnis Anda. Untuk mengetahui seberapa besar engagement dan mengetahui bagaimana profil bisnis Anda berdampak.

Dengan Canva, setiap orang awam (desainer non-grafis, dalam hal ini), dapat membuat grafik yang menarik untuk semua platform media sosial dalam hitungan menit.

- Advertisement -

Dengan templat yang sebelumnya ada atau Anda dapat mendesain sendiri, impor semua jenis media statis (mis. Teks, file .png, .jpg, dll.) Aplikasi gratis ini mudah didownload jika Anda sudah selesai mendesain materi promo digital Anda untuk semua channel media sosial.

3. Hotjar

Google My Business dan Canva adalah dua alat digital marketing yang cukup mendasar untuk membantu Anda memulai dan menarik audiens. Sedangkan Hotjar, sangat penting dalam memahami audiens Anda saat mereka mengakses situs web Anda.

HotJar adalah sebuah tools yang membantu Anda untuk memetakan apa yang dilakukan pengunjung di website kamu dalam bentuk heatmap. Mungkin kamu bertanya-tanya, website saya banyak pengunjungnya, tapi kenapa tidak ada yang konversi?

Nah dengan HotJar, kamu bisa melihat seberapa efektifkah desain website kamu? Seperti peletakan buttonnya sudah tepat atau belum, gambarnya sudah benar? Apakah teksnya bisa dibaca? Dan sebagainya.

4. Google Analytics

Mengetahui bagaimana audiens berinteraksi dengan situs web Anda sangat penting untuk kesuksesan website Anda. Cara terbaik untuk mengetahui profil audiens Anda adalah melalui statistik lalu lintas situs Anda, dan hal ini dapat Anda ketahui melalui Google Analytics yang dapat Anda gunakan secara GRATIS.

Baca: Panduan Lengkap Pasang Google Analytics di WordPress untuk Pemula

Dengan Google Analytics akan menunjukkan bagaimana aktivitas pengunjung website Anda. Anda juga akan mengetahui darimana sumber pengunjung website yang paling banyak datang dan yang mendatangkan konversi bagi kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU