Tips Sukses Spesialis Email Marketing dalam Bisnis Online

Bidang bisnis apa yang tidak membutuhkan marketing? Tidak ada. Dengan kehadiran internet, marketing melalui email merupakan hal yang amat sangat vital. Maka pekerjaan email marketer sangat menjanjikan. Email di masa kini sudah menjadi media komunikasi yang sangat umum dan berifat personal. Semua pengguna internet pasti memiliki alamat email, sehingga kian mudah dijangkau berbagai kalangan.

Semua bidang bisnis dari berbagai level dapat melakukan pendekatan ke pelanggan maupun calon pelanggannya dengan email. Masalahnya, tidak semua perusahaan punya divisi khusus yang bertugas menangani bidang ini. Maka dibutuhkan para spesialis email marketing yang bisa membantu mereka. Dan bayarannya pun lumayan memuaskan untuk jenis pekerjaan yang dapat dilakukan paruh waktu.

Bagaimana Memulainya?

  • Kenali tugasmu

Tugas seorang spesialis email marketing adalah menulis email yang berisi kampanye atau promosi suatu program jasa atau produk. Kamu wajib mengenal dengan baik jasa atau produk klienmu, sehingga bisa dengan mudah memasarkannya.

  • Pelajari contoh-contohnya

Pernah menerima email marketing dari online shop atau organisasi tertentu? Pelajarilah isinya, strategi, program yang ditawarkan, gaya bahasa, susunan kalimat, dan targat audiensnya. Setiap email marketing punya gaya tersendiri, sesuai dengan klien dan audiens.

  • Paham marketing

Karena ini merupakan bagian dari pemasaran, maka kamu harus mendalami ilmu marketing juga. Jika kamu pernah kuliah atau kursus marketing, akan sangat menunjang. Belajar secara autodidak juga bisa, dengan mengikuti seminar, workshop, banyak membaca, atau berkonsultasi secara online dengan pakar marketing.

  • Membangun portofolio dan resume

Selayaknya pekerjaan lain, spesialis email marketing memerlukan resume dan portofolio yang akan menunjang karier. Susun keduanya selengkap dan sesempurna mungkin. Jika belum memiliki portofolio, kamu bisa membangunnya dengan cara menawarkan jasa secara pro bono ke teman atau kenalan yang bekerja di bidang bisnis online. Berikut adalah contoh resume seorang spesialis email marketing yang cukup detail:https://www.livecareer.com/resume-samples/specialist-resumes/email-marketing-specialist.

  • Pasarkan blogmu

Sama seperti pekerjaan freelance online lain, blog atau web merupakan bagian terpenting untuk “menjual diri”. Unggah resume dan portofoliomu, lalu promosikan di berbagai platform media sosial.

Tips Kerja

  • Komunikasi melalui email adalah komunikasi berbasis tulisan. Pelajarilah ilmu copyrwiting juga, agar tulisanmu layak diklasifikasikan sebagai tulisan seorang profesional. Pelajari bagaimana penulisan yang sesuai EYD, gaya bahasa, diksi, dan sejenisnya.
  • Biasakan menulis secara singkat, efektif, dan komunikatif. Sebab email hanya berisi informasi ringkas yang mengandung sarat pesan dan informasi ke para audiens. Email tidak mungkin berpanjang-panjang, sebab email yang berisi teks terlalu panjang cenderung akan diabaikan.
  • Pelajari teknik dasar desain grafis, seperti Photoshop merupakan nilai plus. Sebab email marketing perlu tampilan desain yang menarik, tidak melulu berupa teks. Benar, seorang penulis email marketing bisa berkolaborasi dengan desainer grafis. Namun apabila kamu menguasai teknik desain juga, akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih efisien, bukan?
  • Kenali siapa audiensmu. Sesuaikan gaya bahasa, desain, dan jenis promo dengan merela. Kamu butuh kemampuan komunikasi ekstra untuk ini. Gali sebanyak mungkin dari klien atau agensi yang memakai jasamu, juga lakukan riset melalui internet maupun tatap muka langsung.
  • Kemampuan riset menjadi hal yang tak bisa diabaikan. Sama dengan seorang spesialis marketing, kamu wajib memahami apa keinginan dan kebutuhan pasar. Kenali dengan detail mereka, sebab itu akan menentukan efektifitas pesan yang disampaikan melalui email.
  • Kemampuan mengoperasikan berbagai aplikasi internet juga akan sangat membantu. Banyak aplikasi email marketing yang akan mempermudah pekerjaanmu, sehingga kamu tak lagi perlu melakukannya secara manual. Misalnya, bagaimana mengirim email pada jam-jam tertentu secara otomatis, di mana kamu tinggal mengatur jadwalnya saja. Di aplikasi-aplikasi ini sudah tersedia bervariasi template, penyimpan daftar alamat email penerima, analisis berapa banyak email yang diklik, direspons, atau dibalas. Berikut beberapa aplikasi email marketing yang populer, yaitu MailChimp, Campaign Monitor, EmailBrain, StreamSend, Mad Mimi, Benchmark Email, GetResponse, dan banyak lagi.
  • Apakah menjadi spesialis email marketing perlu sertifikasi atau pendidikan khusus? Tidak juga. Tapi kamu harus terus update dengan berbagai perkembangan ilmu marketing, teknologi informasi (termasuk media sosial), dan tentu saja ilmu komunikasi. Jika tertarik untuk mendalaminya atau mendapatkan sertifikasi, bisa belajar secara online di web seperti

http://www.lynda.com

https://www.onlinemarketinginstitute.org

http://emarketinglearningcenter.org

Bagaimana Pendapatannya?

Biasanya web-web untuk para freelancer menawarkan sejumlah model pembayaran berbeda-beda. Pada model fixed-price, pembayarannya ditentukan oleh detail pekerjaan. Di model ini

income seorang email marketing spesialis berkisar antara 20 hingga 200 dolar AS. Ada juga model pembayaran per jam yang tergolong paling populer di kalangan freelancer, yang berkisar 5 sampai 35 dolar AS per jam. Rata-rata para spesialis email marketing freelance menerima 21 dolar per jam. Semakin tinggi jam terbang, dan semakin luas penguasaan job desc-mu, makin besar pula income yang bisa diraih. Maka jangan pernah berhenti untuk memperbaiki teknik penulisan dan pemasaran. Perluas terus jaringanmu dan manfaatkan media sosial seoptimal mungkin. Selain bergabung dengan web-web komunitas freelancer, rajin-rajinlah mencari web yang sering mempekerjakan email marketing spesialis paruh waktu. Berikut web yang memungkinkan kamu mendapatkan info pekerjaan:

https://www.peopleperhour.com

https://www.elance.com

http://freelancer.com

http://www.upwork.com

Fakta Menarik Email Lebih Menarik dari Facebook dan Twitter

Sekilas, email marketing hanya sekadar bagian kecil dari digital marketing. Jangan salah, ternyata elemen ini punya andil cukup besar di banyak industri. Ada beberapa fakta mencengangkan dari email marketing:

  • Untuk setiap 1 dolar yang dihabiskan untuk membuat email marketing, mampu mengembalikan nilai investasi hingga 44,25 dolar AS. (ExactTarget)
  • Email marketing sukses mendongkrak ROI (Return on Investment) hingga 4300% untuk bisnis di Amerika Serikat saja. (Direct Marketing Association).
  • Perusahaan yang menggunakan email untuk berinteraksi dengan pelanggannya bisa menaikkan penjualan hingga 50% dan menurunkan biaya hingga 33%. (HubSpot)
  • Email dianggap 40 kali lipat lebih baik daripada Facebook dan Twitter dalam berinteraksi dengan pelanggan. (McKinsey & Company)
  • Sebanyak 70% orang mengaku selalu membuka email yang dikirim oleh perusahaan-perusahaan favorit mereka. (ExactTarget)
  • Sebanyak 95% pelanggan yang menerima pesan email dari brand-brand tertentu mengaku bahwa pesan itu sangat berguna baginya. (Salesforce)
  • Anda hanya punya waktu 3-4 detik untuk menarik perhatian penerima email agar mereka bersedia membuka dan membaca email itu. (Litmus)

Sumber: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan