Tips Sukses Bisnis Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula

1. Mengapa Harus Bisnis Online?

a. Jangkau Lebih Banyak Konsumen

Tanpa batas. Dengan go online, bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen tanpa batas. Tidak hanya di kota Anda tinggal, tidak terbatas geografis apa pun. Anda bahkan bisa menjangkau pelanggan hingga ke luar negeri.

Anda bahkan tidak perlu punya toko fisik untuk bisnis online. Cukup menggunakan smartphone dan laptop, Anda bisa bekerja dari rumah. Mungkin Anda hanya perlu gudang untuk menyimpan barang-barang dagangan Anda.

- Advertisement -

b. Semua Jenis Bisnis Butuh Online Presence

Jika masih beranggapan seperti itu, sepertinya Anda perlu mengetahui fakta ini. 81 persen orang melakukan riset online. Menariknya, mereka melakukan riset online tidak hanya ketika akan berbelanja online saja. Pengguna internet juga melakukan riset online ketika akan mengunjungi sebuah toko atau tempat makan.

Coba bayangkan, ketika orang-orang mencari bisnis Anda dan mereka tidak menemukannya di hasil pencarian. Apa yang akan mereka lakukan? Mereka punya banyak pilihan lain di internet yang menawarkan produk/jasa yang sama dengan milik Anda.

c. Belanja Online Makin Digemari

- Advertisement -

Pasar online Indonesia sedang tumbuh gencar-gencarnya. Bahkan diprediksi pada 2020, pasar online Indonesia akan punya 119 juta pelanggan dengan angka transaksi 65 miliar dollar AS. Bayangkan, dengan mendapatkan 1 persen dari keseluruhan pasar bisnis online saja, Anda sudah mendapatkan sekitar satu juta pelanggan. Dan tentunya, Anda bisa mendapatkan lebih dari itu, mengingat tren belanja online yang terus meningkat setiap tahunnya.

2. Cara Memulai Bisnis Online

Mulai membangun bisnis online untuk bisnis tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa memulainya dengan tiga platform dasar untuk bisnis online. Ketiga platform tersebut adalah media sosial, Google Bisnisku, dan website.

a. Buat Akun Media Sosial

Mudah dan gratis. Kedua faktor itulah yang membuat media sosial menjadi platform favorit para pebisnis online. Sebut saja Facebook, YouTube, Instagram, LINE, hingga Twitter. Anda pasti pernah setidaknya menemukan setidaknya satu atau dua akun online shop di media sosial tersebut.

Buat Anda yang sedang berencana membangun bisnis online, ada satu pertanyaan yang mengusik: media sosial mana yang harus saya gunakan? Tenang, Anda akan menemukan jawabannya di sini. Kami tidak akan mendikte media sosial mana yang harus Anda gunakan. Di sini kami akan memandu Anda menemukan media sosial yang paling tepat untuk bisnis Anda.

- Advertisement -

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan Teknik Bulls Eye. Bulls Eye adalah teknik yang dirancang untuk menentukan media sosial yang paling efektif untuk sebuah bisnis atau perusahaan rintisan. Intinya teknik Bulls Eye adalah teknik yang digunakan untuk menentukan media sosial mana yang paling tepat untuk sebuah start up.

  • Brainstorming,  buat daftar semua media sosial yang mungkin digunakan dan tulis ide-ide yang bisa diaplikasikan
  • Rank, kelompokkan semua media sosial sebelumnya ke dalam tiga kategori, yaitu Inner Circle, Potential, dan Long Shot.
  • Prioritize, fokus pada Inner Circle saja dan harus ada tiga media sosial di kategori Inner circle, tidak lebih dan tidak kurang.
  • Test, terapkan uji coba ide-ide pada media sosial di kategori Inner Circle secara bersamaan.
  • Focus On, tahap test akan menunjukkan satu media sosial yang paling efektif. Memaksimalkan pemasaran di satu media sosial tersebut.

b. Daftar Google Bisnisku

Dengan Google Bisnisku, detail bisnis Anda bisa tampil secara lengkap di hasil pencarian Google. Selain itu, platform ini juga membantu Anda untuk memenangkan persaingan hasil pencarian lokal. Masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan terdaftar di Google Bisnisku. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menyediakan informasi valid kepada pelanggan. Google akan melakukan verifikasi terhadap semua pendaftar dan hanya akan meloloskan bisnis dengan pemilik yang valid.
  • Bisnis Anda muncul di Google Maps. Dengan terdaftar di Google Bisnisku, secara otomatis bisnis Anda juga akan muncul di direktori Google Maps.
  • Mendapatkan review dari pelanggan. Setelah membeli produk Anda, pelanggan bisa membagikan pengalamannya di halaman Google Bisnisku milik Anda.
  • Menariknya lagi, Anda bisa membuat profil di Google Bisnisku tanpa dipungut biaya apa pun!

c. Buat Website

Website adalah platform yang bisa Anda manfaatkan sebagai toko utama. Mengapa? Karena website adalah platform yang Anda bangun sendiri. Semua aturan dan ketentuan bisa Anda atur sendiri tanpa campur tangan dari pihak lain. Manfaat website diantaranya:

Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis online adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan hanya bisa melihat bisnis Anda dari layar mereka. Mereka butuh diyakinkan bahwa bisnis Anda memang benar-benar nyata.

Sayangnya, media sosial saja tidak cukup untuk meyakinkan konsumen. Berdasarkan studi Verisign, 84% pelanggan lebih percaya pada bisnis yang punya website resmi. Website resmi membuat pelanggan Anda akan merasa lebih aman untuk bertransaksi dengan Anda.

Bisnis Anda Lebih Mudah Ditemukan di Google

Bisnis online yang baik adalah bisnis yang mudah ditemukan di Google. Mengapa? Sebab sekitar 81% pengguna melakukan riset di Google terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk.

Agar bisnis Anda mudah ditemukan di Google, hal pertama yang Anda butuhkan adalah website. Dengan website Anda bisa menjaring trafik organik Google dengan konten-konten menarik. Kabar baiknya, Anda bisa membuat website sendiri dalam waktu singkat. Dengan kombinasi WordPress dan WooCommerce, Anda bisa membangun website toko online tanpa perlu pengetahuan coding atau programming sama sekali!

3. Pondasi Website Bisnis Online

Membuat website tidak boleh setengah-setengah. Anda harus mengoptimalkan fungsi website semaksimal mungkin agar pelanggan Anda nyaman berbelanja di sana. Apa saja yang harus Anda lakukan agar website berjalan optimal? Berikut langkah-langkahnya

a. Tingkatkan Kecepatan Website

Pelanggan Anda adalah orang-orang yang tidak sabaran. Mereka ingin serba cepat. Menurut riset Google, pengguna internet Indonesia akan meninggalkan website yang loading lebih dari 3 detik. Coba cek kecepatan loading website Anda. Apakah di atas 3 detik atau di bawah 3 detik? Jika kecepatan loading sudah kurang dari 3 detik, Anda bisa sedikit lebih lega. Namun, apabila loading website Anda masih di atas 3 detik, Anda harus meningkatkan kecepatan website Anda

b. Tingkatkan Keamanan Website

Selain kecepatan loading, keamanan website juga menjadi salah satu faktor penting pada website toko online. Pelanggan tidak ingin data-data pribadinya tersebar dan disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Anda perlu meyakinkan bahwa website toko online Anda aman untuk transaksi. Mereka perlu diyakinkan bahwa data mereka tidak disalahgunakan dan transaksi mereka aman.

d. Siapkan Backup

Begitu juga dengan mengelola website. Harus sedia “payung” sebelum “hujan”. Payung yang dimaksud di sini adalah backup. Sedangkan hujan yang dimaksud di sini adalah hal-hal seperti error ketika update tema, terkena hack, atau diserang malware.

Jadi ketika hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, Anda sudah punya cadangan data website. Dengan begitu, website tetap bisa berjalan secara normal. Dan yang terpenting adalah pelanggan Anda tidak terganggu ketika berbelanja di toko online Anda.

e. Buat Website Mobile Friendly

Saat ini website toko online akan sulit memenangkan persaingan jika tidak mobile friendly. Sebab sebagian besar pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile.

Menurut riset Google pada 2018, sebanyak 93% pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui smartphone.

Jadi membuat website mobile friendly bukan lagi pilihan, melainkan keharusan. Pastikan pelanggan Anda bisa mengakses website Anda baik di perangkat desktop maupun mobile.

f. Pilih Hosting Terbaik 

Supaya website bisnis online Anda punya pondasi yang kuat, Anda harus memilih hosting secara teliti. Pastikan hosting yang Anda pilih dapat menyediakan semua fitur yang Anda butuhkan. Setidaknya ada tiga fitur utama yang perlu Anda perhatikan saat memilih layanan hosting yaitu fitur kecepatan, fitur keamanan,dan fitur backup.

4. Optimasi Penjualan Bisnis Online

Setelah membangun empat pondasi website toko online yang kuat, kini Anda bisa mulai mengoptimasinya untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan tentu saja keuntungan.

a. SEO (Search Engine Optimization)

Semua pemilik website toko online pasti ingin websitenya muncul di ranking pertama hasil pencarian Google. Dengan mendapatkan peringkat teratas hasil pencarian Google, kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan lebih tinggi.  Semakin tinggi peringkat Anda di hasil pencarian Google, semakin besar trafik yang akan datang. Namun, Anda tidak bisa hanya fokus pada trafik tinggi saja. Anda juga harus mendapatkan trafik yang potensial untuk membeli produk Anda.

Nah, di sinilah SEO dibutuhkan. Dengan Search Engine Optimization (SEO), Anda bisa mengoptimasi website agar mendapatkan trafik yang tinggi sekaligus potensial.

Menurut riset Infront Webworks, 29,6% trafik organik dikuasai oleh peringkat 1, 13,1 persen diambil peringkat kedua, dan 9,6% untuk peringkat ketiga hasil pencarian.

b. Social Media Marketing

Mengelola media sosial untuk bisnis tidak hanya berkutat pada posting konten saja. Ada serangkaian strategi yang perlu diterapkan agar media sosial bisnis Anda bisa mendatangkan rupiah.

Strategi social media marketing yaitu bagaimana cara riset audiens, cara membuat konten media sosial, hingga cara evaluasi performa media sosial untuk bisnis.

c. Blog Bisnis

Blog bukan hanya untuk kebutuhan personal. Bisnis Anda pun membutuhkan blog. Anda tidak bisa mengandalkan halaman produk saja untuk memenangkan persaingan di pencarian organik. Di sinilah peran blog begitu penting.

Diperlukan banyak konten menarik untuk bisa muncul di peringkat teratas hasil pencarian Google. Anda bisa membuat blog yang isinya berkaitan dengan apa yang Anda jual. Dari konten-konten tersebut, Anda bisa mengarahkan pengunjung untuk membeli produk Anda. Itu adalah

d. Email Marketing

Popularitas email sebagai kanal marketing memang relatif lebih kecil dibanding media sosial. Akan tetapi, dibanding media sosial, ternyata email marketing bisa lebih efektif, lho!

Menurut McKinsey and Company, email marketing 40 kali lebih efektif untuk conversion dibanding Facebook dan Twitter.

Pelajari email marketing tools yang tepat, cara memperbanyak mailing list, cara mengelompokkan konsumen, cara membuat konten email, hingga mengevaluasi performa email marketing.

e. Analisis Website Menggunakan Google Analytics

Keputusan apa pun yang akan Anda ambil untuk bisnis online harus berdasarkan data. Pertanyaannya di mana Anda bisa mendapatkan data untuk analisis perkembangan website toko online Anda? Jawabannya ada di Google Analytics.

Dengan Google Analytics, Anda bisa mendapatkan data yang bisa digunakan untuk menganalisis performa website toko online Anda. Dari jumlah pengunjung, asal pengunjung, hingga halaman produk mana yang paling menghasilkan, bisa Anda dapatkan di Google Analytics.

Source: ebook kiat sukses bisnis online (niagahoster)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

0
Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda - dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara...
Fitur Terbaru macOS Big Sur

Fitur Terbaru macOS Big Sur

0
Dengan macOS 11.01 Big Sur, Apple telah menggunakan perubahan arsitektur CPU Mac sebagai kesempatan untuk mendesain ulang macOS dari awal dengan interface yang hidup dan disempurnakan serta...
Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

0
Menu bar Mac tidak berubah, selalu tersedia di bagian atas layar, dengan menu, Pusat Kontrol, dan utilitas. Tapi tampilan Menu Bar Mac tidak harus begitu. Berikut...
10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

10 Aplikasi Running dan Jogging terbaik HP Android

0
Olahraga sangatlah penting. Berlari adalah salah satu cabang olahraga yang paling mudah dilakukan. Dibutuhkan sedikit peralatan dan memanfaatkan trotoar sudah terbangun dengan rapi dan bersih. Orang-orang berlarian...
10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

10 Aplikasi Remote TV Terbaik di HP Android

0
IR blaster (Infrared) secara resmi merupakan fitur langkah pada hari ini. Blaster inframerah ( IR blaster ) adalah perangkat yang mengemulasi remote control inframerah untuk mengontrol perangkat secara mandiri yang...

Artikel Populer

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

6
Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting...
Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

6
Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya...
Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

3
Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan bebagai jenis produk dan jasa, selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan...
Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

7
Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk...
Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

0
Menurut Google, webinar adalah "seminar yang diadakan melalui Internet." Sementara definisi webinar lebih dari itu. Ketika webinar dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara untuk melakukan pemasaran...