Tips Menjadi Penyedia Layanan Hosting

Apa yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website? Jawabannya adalah sebuah hosting. Bagaimana cara mendapatkan sebuah hosting? Jawabannya adalah membeli di penyedia hosting. Apakah kamu bisa menjadi seorang penyedia hosting? Bisa sekali. Sebelum kamu mengetahui bagaimana menjadi penyedia hosting. Ada baiknya kamu mengetahui siapa saja yang menyediakan  hosting di Indonesia saat ini. Berikut beberapa nama penyedia hosting ternama di Indonesia.

  1. Niagahoster.co.id
  2. Ardetamedia.com
  3. Nusantarahost.com
  4. Dewaweb.com
  5. Jogjahost.co.id
  6. Ziehost.com
  7. Hoststres.com
  8. Andalan.net
  9. Indosite.com
  10. Indomedianet.co.id
  11. Baliorange.net
  12. Kiosdomain.com
  13. Masterweb.net

Tiga belas nama web tersebut adalah yang terbaik selama ini di Indonesia. Sekarang? Kamu jangan minder, kamu bisa menjadi salah satu dari mereka atau bahkan menjadi nomor 1. Sekarang kamu bisa simak pembahasan kami untuk membantu kamu menjadi penyedia hosting yang keren.

Bagaimana memulainya?

1. Tahu Seluk-Beluk Dunia Hosting

Ini dasar sekali, kalian harus mengetahui berbagai istilah atau pengetahuan umum tentang dunia ini. Dari nama belakang domain yang berupa .com, .co.id, .org atau .net. Kalian juga harus mengetahui bahasa pemrograman, seperti HTML, ASP, PHP, atau Javascript. Ada juga berbagai macam buku tentang dasar-dasar hosting seperti buku e-business: Mebangun Bisnis Hosting dan Domain.

2. Membuat Kanal Web

Penyedia hosting seperti Niagahoster, Ardeta Media, dan yang lain semuanya memiliki website. Selanjutnya adalah kamu harus memperhatikan konten-konten website kamu. Tiga belas nama di atas bisa kamu jadikan contoh dalam membuat website kamu.

3. Buatlah Nama Brand yang Representatif

Ingin berjualan hosting dengan target orang Indonesia? Kamu bisa mengikuti nama, seperti Niagahoster, Dewaweb, atau Jogjahost. Kalau kamu ingin target pasar luar Indonesia, kamu bisa mencontoh nama Bluehost atau HostGator.

4. Riset Penyedia Hosting Lain

Belajar dari mereka yang sukses akan membuat kamu menjadi penyedia yang baik. Ada banyak penyedia hosting yang sudah sukses baik Indonesia atau luar negeri. Dari yang berpenghasilan jutaan rupiah hingga jutaan dolar. Kamu bisa riset dan belajar dari mereka.

Menjadi penyedia hosting bukanlah perkara mudah. Walaupun kamu telah mengetahui langkah-langkah awal, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Selain itu, munculnya banyak penyedia hosting membuat diri kamu harus bekerja ekstra keras.

Penyedia hosting juga dituntut berbagai hal oleh customer. Dari hal remeh sampai hal berat. Menghadapi mereka pun juga harus kamu pikirkan. Itu dari bagian melayani konsumen. Lalu bagaimana cara bekerja ke depannya bagi penyedia hosting?

1. Perhatikan Konten Website

Konten website penyedia hosting itu jangan sampai berisi banyak hal. Cukup hal-hal yang penting saja. Seperti paket-paket penjualan kamu dan rekam jejak penjualan kamu. Desain website yang baik juga mendukung penjualan hosting kamu.

2. Masuklah ke Forum Hosting

Bergabung dengan sebuah forum dan komunitas tidak akan membuat kamu rugi. Di sana kamu bisa menimba ilmu sekaligus berjualan hosting kamu. Ketika kamu sudah bergabung, coba ikuti diskusinya. Forum hosting di Indonesia ada di www.diskusiwebhosting.com dan hosting stuff di Kaskus.

3. Gunakan Media Sosial

Media sosial bisa menjadi salah satu alat untuk membantu penjualan kamu. Facebook salah satu tempat yang baik. Di sana kamu bisa masuk ke dalam grup jual beli hosting. Selain itu kamu juga bisa membuat page brand kamu di sana.

4. Pasang Iklan Di mana Saja

Layaknya berjualan sebuah produk. Kamu harus beriklan di mana saja. Karena ini berkaitan dengan dunia internet, kamu bisa beriklan di berbagai tempat. Kamu bisa menggunakan GoogleAds atau berjualan di web-web e-commerce, seperti BukaLapak, Tokopedia, atau forum jual beli Kaskus.

Penyedia hosting adalah pekerjaan yang tidak menyita waktumu. Apalagi setelah usaha kamu mencapai titik tertinggi. Kamu tinggal berusaha sedikit dan menunggu pundi-pundi uang masuk ke kantong kamu.

Bagaimana Pendapatannya?

Bagaimana dengan penghasilan seorang penyedia hosting? Jawabannya, sangat menjanjikan. Jika kamu mematok harga termurah untuk hosting kamu adalah sebesar Rp50.000/bulan dan tertinggi adalah Rp100.000/bulan. Kamu bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp10.000.000/bulan. Angka yang tidak sedikit, bukan?

Apalagi jika usaha kamu sudah sebesar 13 nama di atas. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan pemasukan ratusan juta rupiah per bulan. Tetapi semua itu tidak akan terjadi jika kamu tidak berusaha dengan giat dan pantang menyerah.

Kisah Sukses Mengintip Kesuksesan Rendy Maulana, Pendiri Qwords

Rendy adalah satu dari banyak penyedia hosting sukses di Indonesia. Lulusan Major Marketing dan Minor Operational Management Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung tahun 2008 itu menuturkan, awalnya ia ingin mencari pendapatan karena biaya kuliah yang mahal.

Dia pun mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang informasi dan tekonologi. Qwords pun dia dirikan yang fokus di bidang penyedia hosting dan domain. Hasilnya? Sangat membuat iri kamu pastinya.

Dalam 5 tahun Rendy berhasil menyulap Qwords menjadi salah satu penyedia hosting terbesar di Jawa Barat. Omzet Rendy mencapai 1,25 miliar dan itu diraih dalam 5 tahun. Berapa klien yang ditangani Rendy? Dalam usia 22 tahun, dia berhasil menangani 4.500 klien.

Rendy pun pernah merasakan pahitnya dunia usaha. Dia sempat mengajukan cuti kuliah karena kurang baik dalam pengaturan waktu antara kuliah dan bisnis. Tetapi dia lewati dengan gigih hingga seperti sekarang.

Qwords yang didirikan Agustus 2005, Rendy sulap menjadi salah satu perusahaan yang berkembang besar. Sekarang? Rendy tidak hanya menyediakan hosting saja. Tetapi dia juga menyediakan saluran telepon lokal untuk daerah Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan