Kamis, Juli 9, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Tips Menggunakan Fitur Google Documents di Perangkat Smartphone Anda

Tips Menggunakan Fitur Google Documents di Perangkat Smartphone Anda

- Advertisement -

Aplikasi Google Documents pada perangkat smartphone ( iOS / Android ) hampir sama fungsi dan fiturnya dengan versi desktop, hanya saja ukuran smartphone yang lebih kecil maka cara penggunaanya pun sedikit berbeda. Dengan sedikit latihan maka Anda akan terbiasa mengolah kata dan kalimat dengan menyentuh layar smartphone.

Meskipun sulit untuk membiasakan diri dengan aplikasi Google Documents, nantinya Anda akan menemukan bahwa aplikasi Google Docs sangat membantu untuk melakukan pengeditan teks dengan cepat dan pengolah kata saat bepergian. Kebiasaan ini akan membawa produktivitas baru ke dalam hidup Anda dan bisa memanfaatkan waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Bahkan, kata-kata yang Anda baca dapat diedit di aplikasi Google Documents sebelum ditayangkan. Sebenarnya fungsionalitas dan fitur-fitur UI pada smartphone sama dengan versi desktop. Yuk maksimalkan fitur Google Docs pada perangkat smartphone Anda. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Google Docs.

- Advertisement -

Tips Mengetik Lebih Mudah Di Google Docs

Perangkat smartphone umumnya tidak efisien untuk pengolah kata, jadi penting bagi kita melihat tips mengetik terbaik saat menggunakan aplikasi Google Documents. 

Tips pertama yang akan dicoba adalah fitur text swiping/ menggesek teks. Cukup geser seperti halnya mengetuk layar smartphone. Fitur ini sekarang tersedia di Android dan iOS 13 . Saat Anda swiping lebih banyak, akan memprediksi kata-kata yang lebih baik untuk Anda gunakan.

Jika Anda belum terbiasa untuk mengetik di aplikasi seluler Google Documents, bisa juga menggunakan suara Anda. Ketik tombol mikrofon dan mulailah berbicara. Suara Anda akan dikonversi ke dalam teks dan hasilnya cukup akurat. Anda bisa mengecek kembali (proofread) hasil teks apa sudah sesuai atau belum, jika belum sesuai lakukan editing pada teks tersebut. Keyboard smartphone juga menyediakan karakter symbol, angka atau tanda baca jika Anda membutuhkan untuk dimasukkan ke dalam teks. 

Memanfaatkan Tools Kolaborasi di Google Docs Smartphone

- Advertisement -

Jika Anda perlu berkolaborasi saat bepergian, Anda dapat mengetuk menu tiga titik di kanan atas, lalu ketuk bagikan & ekspor. Pada menu berikutnya, Anda memiliki dua opsi. 

  • Bagikan : Ketuk bagikan untuk memberi akses kepada orang yang Anda ingin share dokumen, lakukan dengan mengetikan alamat gmailnya. Opsi ini lebih pribadi, yang mengharuskan pemilik konten untuk memberikan akses ke satu orang atau lebih.
  • Berbagi link : Ketuk “Berbagi link” untuk membuat tautan yang dapat dibagikan dengan siapa saja. Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan fitur  “Salin link” atau “Kirim Salinan” untuk dikirim ke Whatsapp maupun email.

Dapatkan Gambar Tanpa Keluar Aplikasi

Salah satu keuntungan menggunakan desktop adalah Anda dapat beralih ke berbagai aplikasi dengan cepat. Jika memakai smartphone tentu berbeda, tetapi jika Anda ingin menambahkan gambar bisa menggunakan alat pencari gambar di aplikasi seluler Google Documents.

  • Ketuk tombol “+” di bilah alat di bagian atas.
  • Pilih “gambar”, Anda dapat mengambil gambar melalui  web, kamera, maupun koleksi foto yang ada di smartphone. 
Anda sekarang bisa mencari gambar Google dari dalam aplikasi Google Documents. 

Aktifkan Mode Pengeditan secara Offline di Aplikasi Smartphone Google Docs

Jika Anda berencana mengedit saat bepergian, pastikan Anda mengaktifkan pengeditan offline di aplikasi Google Documents. Cukup ketuk menu tiga titik di kanan atas, lalu scroll ke bawah dan ketuk “Tersedia offline”

Biasanya, semua dokumen baru yang dibuat di smartphone Anda secara default berada dalam mode pengeditan offline, tetapi untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda harus mengaktifkan mode pengeditan offline.

Saat mengedit offline, Anda masih dapat membuat dokumen dan mengedit dokumen yang dapat diakses secara offline. Namun, sebelum menutup aplikasi pastikan untuk mengetuk centang biru di kiri atas untuk menyimpan perubahan. Setelah online semua akan disinkronkan kembali.

Highlight & Komentar Pada Aplikasi Google Documents Untuk Memudahkan Pengeditan saat Menggunakan Desktop

Jika Anda tidak ingin menggunakan smartphone Google Documents untuk mengedit atau menulis secara intensif, Anda dapat melakukan highlight/menandai area dan menambahkan komentar untuk pengeditan di desktop. 

  • Pilih teks, atau baris teks yang akan diberi komentar.
  • Tekan tombol “+” di bagian atas layar dan kemudian pilih komentar . 

Anda sekarang dapat mengetik komentar Anda dan akan disimpan ke cloud.

  • Alternatif lain, tahan jari Anda di layar lalu seret untuk memilih satu baris teks.
  • Ketuk tombol highlight/sorot pada toolbar di bawah. 

Anda dapat menentukan warna highlight/pendanda.

Anda akan menemukan dokumen yang sama berisi komentar atau highlight pada Google Drive di semua perangkat selama Anda terkoneksi internet saat melakukan perubahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Langganan Artikel

Dapatkan tips dan artikel menarik secara GRATIS setiap hari

POS TERBARU