Tips dan Trik Mendapatkan Bayaran Hanya dengan Mengisi Survei Online

Membanjirnya pelaku bidang e-commerce membuat kian banyak yang memerlukan data pasar. Di sinilah survei sering dijadikan alat untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis demi memahami kondisi pasar. Bukan saja pebisnis, tapi juga aktivis sosial, politisi, kerap melakukan survei. Berkat internet, segala jenis survei dapat dilangsungkan secara online. Pasalnya, tidak semua orang sudi mengikuti survei, yang butuh waktu dan energi khusus. Maka bermunculanlah berbagai layanan web yang bersedia membayar bagi mereka yang bersedia mengikuti survei online. Memang bayarannya tidak tinggi. Tapi bayangkan kalau dalam sehari kamu bisa mengikuti 10 survei, maka cukup dengan meluangkan waktu di akhir pekan, cukup lumayan pendapatan ekstra yang diraup.

Bagaimana Memulainya?

1. Akses internet stabil

Ini penting, sebab koneksi internet yang tidak stabil hanya akan menganggu aktivitasmu. Ingat, ini adalah survei online, di mana semua aktivitas dilakukan 100% online. Maka pastikan koneksi internetmu cukup stabil. Dan siapkan laptop, sebab tidak semua web penyedia survei online bisa nyaman diakses melalui gadget mobile.

2. Memenuhi kriteria

Biasanya pembuat survei memiliki kriteria tertentu bagi peserta survei. Kalau kamu berusia di atas 25 tahun, di bawah 60 tahun, maka kamu masuk dalam kriteria mayoritas pembuat survei.

3. Ikuti survei screening

Sejumlah perusahaan mengadakan survei ketika kamu melakukan registrasi ke webnya. Survei ini tidak memberi bayaran, tapi tak ada salahnya mengikutinya. Kemungkinan besar inilah yang disebut sebagai survei screening, yaitu survei dasar untuk mengenali informasi demografi pelanggan. Isilah bagian profil dirimu selengkap mungkin. Setelah demografimu dikenali, kelak web itu akan mengirimkanmu email untuk mengikuti survei lanjutan yang bisa jadi berbayar atau berhadiah. Mengikuti survei screening merupakan salah satu langkah awal agar kamu bisa dikenali sebagai pengisi survei.

4. Rajin browsing dan googling

Ada ratusan bahkan ribuan perusahaan, organisasi, individu, di luar sana yang mengadakan survei online. Dan mereka menggunakan jasa web yang khusus untuk itu. Rajinlah berselancar di dunia maya untuk menemukan web-web sejenis. Lakukan registrasi, agar mereka tahu kemana harus menghubungimu saat membutuhkan pengisi survei. Biasanya mereka akan mengirimi email. Maka, sering-seringlah memeriksa email-mu, siapa tahu mereka membutuhkan jasamu.

5. Sediakan email khusus

Ingin agar email-email pekerjaan dan pribadimu tidak terganggu dengan banjirnya email dari web penyedia survei? Buatlah email khusus untuk itu. Ini akan mempermudahmu memilah-milah jenis survei dan menghemat banyak waktu serta energi.

6. Temukan web yang kredibel

Waspada, banyak web scam alias penipu yang mencoba memperdaya pengisi survei online. Mereka tampil seolah-olah mengadakan survei berhadiah atau berbayar, tapi setelah mengikutinya, ternyata hanya jebakan saja.

Berikut trik untuk mewaspadai web-web survei:

  • Periksa bagian terms and conditions, FAQ, dan semua laman yang mengandung informasi tentang bagaimana perusahaan itu beroperasi.
  • Baca baik-baik bagian privacy policy yang sering terdapat di bagian paling bawah web. Ini penting untuk mengetahui ke siapa saja informasi tentang dirimu akan mereka bagikan. Pastikan mereka tidak akan menjual atau membagikan data pribadimu ke pihak lain.
  • Perhatikan bayaran minimal survei berbayar yang diadakan. Jumlah normal adalah 20 dolar AS per survei. Perhatikan juga metode pembayarannya, agar kamu tidak kecewa.
  • Pastikan web itu punya reputasi yang baik. Web-web penyedia survei bisa ditemukan, seperti www.getpaidsurveys.com, www.savingsmom.com, atau www.bigspot.com.
  • Jangan terkecoh dengan web survei yang memintamu membayar. Banyak web yang menjanjikan akan memberimu daftar survei online berbayaran tinggi, tapi mereka meminta bayaran. Sudah pasti ini hanya scam.
  • Menjawab dengan jujur. Apalah gunanya mengikuti survei jika kamu memberi jawaban yang tidak jujur? Ingat, data yang didapat dari survei akan digunakan untuk banyak hal, termasuk memahami selera pasar, kebutuhan pelanggan, dan banyak lagi. Sekali kamu menjawab pertanyaan survei dengan kebohongan, maka selamanya kamu akan berbohong. Bisa jadi suatu saat ada pihak yang memergoki kebohongan itu, dan akan mem-black list kamu dari web-web penyedia layanan survei.

Tips dan Trik Mendapatkan Bayaran

  • Kalau kamu sudah menjadi pengisi survei dengan jam terbang lumayan, bergabunglah menjadi member di beberapa web survei. Setidaknya jadilah member di 5 sampai 10 web survei, untuk bisa terus update Biasanya mereka mengadakan survei harian, yang merupakan survei screening dari perusahaan-perusahaan besar. Dengan mendaftarkan email-mu ke web-web ini, maka kamu akan mendapat update-update menarik setiap ada survei baru.
  • Setiap kali mendapat informasi atau undangan mengisi survei, segeralah memutuskan untuk mengikutinya atau tidak. Perusahaan sering kali membatasi kuota peserta survei, sebab keterbatasan anggaran. Sehingga di sini berlaku pepatah “Siapa cepat, dialah yang akan dapat.”
  • Simpan semua data survei yang pernah kamu ikuti. Tujuannya agar aktivitasmu lebih terkoordinasi. Sekaligus juga berjaga-jaga siapa tahu terjadi eror sehingga survei yang sudah kamu isi tidak terkirim, maka kamu bisa mengirimkan lagi data itu tanpa harus mengisi ulang semua pertanyaan.
  • Makin sering berselancar di dunia maya untuk mencari web penyedia survei berbayar, kamu akan menemukan tawaran-tawaran menarik. Ada yang menawarimu untuk membeli produk mereka lebih dulu sebelum mengikuti survei berbayar. Jangan pernah terkecoh dengan tawaran macam ini. Mereka hanya ingin mendapat keuntungan darimu dan mereka bukan murni penyedia survei profesional.
  • Banyak survei berbayar yang punya program referral. Ketika kamu mengundang orang mendaftar ke web itu, kamu mendapatkan uang. Tiap panel punya program referral Biasanya kamu akan mendapat suatu tautan yang otomatis membawamu ke web mereka. Program semacam ini lumayan menguntungkan untuk mendapat uang. Masalah utamanya adalah bagaimana menemukan orang-orang yang bersedia kamu ajak mendaftar. Kalau kamu punya cara untuk menemukan ratusan orang, maka kamu akan meraup banyak uang. Yang termudah adalah memanfaatkan media sosial, apalagi jika kamu punya banyak teman di sana.
  • Hindari mengisi survei memakai akun palsu. Mereka berharap bisa mendapat lebih banyak uang dengan cara mengisi satu survei menggunakan banyak akun. Berarti, mereka memakai akun palsu. Ini bukan ide yang bagus. Pengelola web akan tahu bahwa semua akun palsu itu berasal dari nomor Internet Protocol (IP) yang sama. Usaha mengakali mereka akan sia-sia. Tetap hanya satu akun yang akan dianggap sah, karena mewakili satu alamat IP. Mengakali dengan membuat akun berbeda dapat dilakukan kalau kamu mengakses web itu melalui nomor IP berbeda, yang berarti kamu harus memakai provider internet berbeda pula.

Bagaimana Pendapatannya?

Untuk pemula, pendapatan dari mengisi survei online bisa dikatakan masih “recehan”, bahkan hanya mendapatkan hadiah berupa merchandise, atau produk-produk tertentu. Itu sudah awal yang bagus, apalagi kalau rajin mengikuti survei screening. Rerata bayaran pengisi survei online adalah 20 dolar untuk satu survei. Kamu cukup meghabiskan waktu sekitar 15-20 menit di layar komputer. Sebuah survei sederhana bisa saja membayar hanya 5 dolar, hanya menghabiskan waktu 5-10 menit. Makin kamu rajin melakukan browsing dan mendaftar, makin banyak tawaran mengikuti survei berbayar. Penghasilan per bulan dapat mencapai 100 dolar AS. Dan itu cuma dilakukan di saat ada waktu senggang saja. Melakukannya pun tak memerlukan banyak energi, pikiran, dan waktu.

Kisah Sukses Christa Alewine, Beralih dari Games ke Survei Online

Wanita asal Georgia ini tergolong pengisi survei online berpengalaman. Ibu rumah tangga ini merasa ada sesuatu yang dapat dilakukannya untuk mengisi waktu luang. Berkat ketekunan mengisi survei online, Crhista Alewine mendapat berbagai produk gratis. Mulai dari biskuis crackers sampai makanan anjing. Anak-anaknya pun ikut antusias, membantunya memeriksa email demi melihat tawaran produk gratis. Bahkan anak-anak Christa ikut berpartisipasi dalam survei khusus anak-anak, dengan izin orangtuanya.

Christa mengaku, pernah mendapat bayara cukup besar, 50 dolar AS, untuk sekali survei. Hanya makan waktu 30 menit saja. Dia juga tak melewatkan survei-survei ringan yang hanya membayar 1 sampai 3 dolar, demi mengisi waktu sengang ketika pekerjaan rumah tangga sudah beres. “Hanya 10 persen saja yang berbayar, selebihnya saya mendapatkan aneka produk gratis yang berguna,” ungkapnya. Bagi seorang ibu rumah tangga yang paham kebutuhan sehari-hari, tentu sudah cukup berguna. Semua produk itu bisa dipakai olehnya, anak-anak, dan suami.

Awalnya Christa mengisi waktu luang dengan bermain games online. Setelah merasakan untungnya mengikuti survei, dia beralih menjadi pemburu survei berbayar dan berhadiah. Sejauh ini dia sudah mendapat beragam produk, voucer belanja Amazon, voucer makan di restoran, dan beberapa ratus dolar di akun Paypal.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan