Tips dan Peluang Menjadi Penulis Konten Website

Era teknologi informasi membuat semua bidang bisnis membutuhkan website. Semua konten web itu didominasi teks dan gambar sebagai penyampai informasi ke netizen. Di sinilah peran penulis konten web sangat dibutuhkan. Mulai dari web profil perusahaan, komunitas, toko online, sampai media online. Setiap web punya target audiens yang spesifik sehingga butuh teks dengan gaya penulisan beragam pula, termasuk topiknya.

Bagaimana Memulainya?

  • Kenali skill-mu

Pastikan kamu punya jam terbang lumayan di dunia tulis-menulis. Dan kamu memang menyukainya. Misalnya, pernah atau memang berprofesi sebagai jurnalis, penulis lepas, sudah hobi menulis sejak sekolah, setidaknya punya blog.

  • Buatlah blog yang berisi portofolio tulisanmu

Blog mirip Kristi Hines, www.kristihines.com adalah contoh sempurna. Portofolio bisa berupa link-link ke berbagai tulisanmu yang sudah pernah dipublikasikan. Jika tulisanmu belum dipublikasikan, portofolio bisa berupa arsip tulisan blogmu. Bedakan antara blog pribadi yang berisi curhat-curhat belaka dengan blog untuk bisnis.

  • Promosikan di media sosial

Ini penting, sebab media sosial membuatmu terhubung ke berbagai kalangan, termasuk ke perusahaan yang bisa jadi sedang membutuhkan keahlianmu. Kristi Hines sangat aktif di media sosial, seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, dan Pinterest. Semua tulisan terbarunya secara otomatis ter-posting di semua media sosial itu, sehingga karyanya makin banyak dibaca orang.

  • Perluas jaringan

Terutama ke agensi-agensi yang berhubungan dengan perusahaan yang membutuhkan jasa penulis konten.

  • Cari komunitas

Bergabung dengan forum atau komunitas freelance. Sebab di sana banyak informasi tentang pekerjaan paruh waktu yang sesuai keahlianmu.

Berbeda dengan penulis biasa, penulis konten web harus menguasai beberapa hal, seperti:

  • Menguasai satu bidang topik secara spesifik.
  • Judul yang singkat dan eyecatching.
  • Tulisan harus ringkas, dan mudah dipahami.
  • Setiap tulisan terfokus pada produk atau layanan organisasi pemilik web.
  • Memahami keyword yang harus terkandung dalam suatu tulisan. Dengan keyword ini, web akan makin berpeluang muncul di hasil pencarian Google. Dikenal juga sebagai metode Search Engine Optimization (SEO).
  • Tulisan informatif, sehingga dengan artikel pendek sekalipun tetap bisa menyampaikan pesan secara efektif.

Tips Kerja

Sebelum terjun sebagai penulis konten web paruh waktu, pastikan dirimu sudah cukup piawai di bidang penulisan. Ingat beberapa hal ini:

  • Kuasai Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
  • Paham bagaimana menghadirkan keyword sesuai kebutuhan SEO tanpa harus merusak alur tulisan.
  • Menguasai berbagai gaya penulisan, sesuai dengan jenis audiens dan klien yang mempekerjakanmu.
  • Pahami istilah-istilah spesifik sesuai dengan bidang produk dan jasa yang dibahas dalam tulisan.
  • Gunakan bahasa sesederhana mungkin, sehingga mudah dipahami oleh sebanyak mungkin pembaca. Hindari penggunaan istilah yang sulit dimengerti, sesuaikan dengan target audiens.
  • Perkuat tulisan dengan data, sehingga tulisanmu bisa meyakinkan pembaca.

Karena bekerja secara online maka seorang penulis konten web bisa bekerja di mana saja, kapan saja. Tak heran jika profesi ini banyak diminati mereka yang punya skill menulis oke. Cukup bekerja di akhir pekan, bisa menuntaskan satu proyek penulisan. Tatap muka dengan klien cukup dilakukan satu—dua kali saja, selanjutnya bisa berkomunikasi melalui email, telepon, atau pesan instan. Praktis sekali, bukan?

Selain sekadar menguasai skill menulis, seorang penulis konten web juga wajib punya kemampuan komunikasi yang baik. Tanyakan apa yang kurang jelas ke klien atau agensi, terutama mengenai produk atau jasa yang ingin ditulis. Kuasai sebaik mungkin apa yang mereka inginkan, sehingga tidak terjadi miskomunikasi dalam penyampaian pesan melalui tulisan.

Bagaimana Pendapatannya?

Seorang penulis konten web pemula memang tidak bisa terlalu berharap mendapat income langsung tinggi. Namun seiring dengan jam terbang, network, dan pengalaman, income bisa terus menjulang hingga ribuan dolar per bulan! Kendati hanya pekerjaan freelance, menjadi penulis konten web sangat menjanjikan, mengingat begitu banyak kebutuhan di bidang ini.

Jangan lupakan pentingnya mengusai bahasa Inggris, terutama jika kamu berminat go international dan berpenghasilan standar dolar. Ada banyak web yang bisa menghubungkanmu dengan klien-klien di seantero dunia, seperti https://contentwriters.com, https://www.upwork.com. Intinya, ini jenis pekerjaan yang tidak dibatasi ruang dan waktu, selama kamu bisa menguasai bahasa Inggris, memperluas jaringan, dan tentu saja mengasah skill menulismu.

Sumber: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan