Sabtu, September 26, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Situs Coding Untuk Anak-Anak Belajar Pemrograman

Situs Coding Untuk Anak-Anak Belajar Pemrograman

- Advertisement -

Perkembangan teknologi sangat pesat dan diakses oleh berbagai kalangan. Untuk anak-anak, belajar menggunakan kode dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir komputasi (computational thinking skills). Selain itu juga dapat memperluas peluang karir mereka di masa depan dan memberi ruang untuk mengekspresikan kreativitas dan ide-ide mereka.

Mempelajari cara membuat kode (coding) sama seperti belajar berbicara dalam bahasa asing. Anak-anak muda belajar lebih cepat daripada orang dewasa karena otak mereka masih berkembang dan siap untuk belajar.

- Advertisement -

Untungnya, ada banyak kursus coding dengan biaya rendah dan bahkan gratis belajar coding secara online melalui situs berikut ini.

1. JR Code Avengers

JR Code Avengers adalah salah satu dari beberapa Program Code Avengers. Platform online ini dapat digunakan untuk mengajar anak-anak cara belajar coding.

Ada tiga opsi untuk dipilih berdasarkan usia dan tingkat pengalaman:

  • Dasar (Foundational) untuk anak-anak berusia lima hingga sebelas tahun tanpa pengalaman.
  • Menengah (Intermediate) untuk anak-anak berusia antara sepuluh sampai lima belas tahun dengan hanya pengetahuan dasar coding .
  • Mahir (Advanced) untuk usia tiga belas hingga enam belas tahun dengan kemampuan pemahaman dasar pemrograman.

JR Code Avengers

- Advertisement -

JR Code Avengers membutuhkan paket berlangganan. Pilih dari individu, orang tua, atau guru. Kursus online ini tidak gratis tetapi menawarkan uji coba gratis 30 hari.

Tiga tingkatan harganya adalah $ 29 / bulan, $ 25 / bulan untuk paket enam bulan (ditagih setiap enam bulan untuk $ 150), dan $ 20/ bulan untuk paket full setahun (ditagih setiap tahun untuk $ 240). fitur yang mereka tawarkan adalah sama:

  • Akses tak terbatas ke lebih dari 500 pelajaran.
  • Lebih dari 100 proyek dan kuis berpemandu.
  • Akses ke penyimpanan cloud Code Avengers.
  • Sertifikat kelulusan.
  • Channel Slack yang eksklusif.

2. Code Combat

Code Combat adalah coding game untuk anak-anak usia lima hingga tujuh belas tahun. Level inti gratis. Level tambahan tersedia untuk paket berlangganan bulanan.

- Advertisement -

Coding ini gratis untuk game anak-anak yang mengajarkan JavaScript dan Python Coding dengan menggunakan pemrograman berbasis teks. Anak-anak bermain melalui berbagai level permainan (permainan peran).

Materi pembelajaran dimulai dengan konsep-konsep seperti sintaksis, metode, loop, dan variabel. Game ini menampilkan grafik yang menyenangkan untuk membantu anak-anak belajar coding. 

Selain itu, juga menawarkan kemampuan anak-anak untuk terhubung dengan pemain lain di komunitas dan mengambil peran dalam team sport.

3. Khan Academy

Khan Academy adalah organisasi nirlaba (nonprofit) yang menawarkan kelas untuk setiap siswa di mana saja. Khan Academy menyediakan latihan praktik, pembelajaran yang personalized, dan video instruksional untuk memberdayakan peserta didik agar belajar dengan kecepatan mereka sendiri.

Misi Khan Academy adalah menyediakan pendidikan kelas dunia secara gratis yang ditujukan untuk para guru, orang tua, dan siswa.

Khan Academy

Pembelajaran yang lebih personal memungkinkan orang tua maupun guru untuk membantu mengidentifikasi kesenjangan/gap progress belajar. Khan Academy menawarkan berbagai macam kursus coding untuk anak-anak, seperti JavaScript, HTML, dan CSS.

Khan Academy juga memiliki tutorial pemrograman dasar yang mengajarkan anak-anak cara membuat grafik, animasi, dan visualisasi interaktif.

4. Lightbot

Lightbot adalah game puzzle yang didasarkan pada pemrograman. Lightbot membutuhkan penerapan logika programatik untuk menyelesaikan level. 

Lightbot dapat digunakan melalui semua browser dengan mengkatifkan Flash atau bisa juga melalui aplikasi Lightbot berbayar pada Android, macOS, iOS, dan Windows.

Lightbot

Lightbot dirancang untuk coders pemula dan bermanfaat bagi anak-anak dari segala usia untuk mempelajari cara belajar coding. Anak-anak dapat bersenang-senang bermain game sambil belajar logika pemrograman, seperti overloading, sequencing, loop rekursif, prosedur, dan conditionals.

5. Playgrounds Swift

Swift Playgrounds adalah aplikasi gratis untuk Mac dan iPad. Swift Playgrounds membuat belajar coding menjadi lebih menyenangkan dan interaktif serta tidak memerlukan pengetahuan pengkodean khusus.

Swift Playgrounds adalah awal yang bagus bagi anak-anak untuk mempelajari keterampilan pemrograman. Desain taman bermain (playgrounds) dapat untuk membantu anak-anak belajar kode dengan cara yang menyenangkan.

Swift Playgrounds

Tampilan Swift Playgrounds sederhana, menarik, menyenangkan dan dilengkapi dengan serangkaian pelajaran yang dirancang oleh Apple. Anak-anak dapat memecahkan teka-teki interaktif dengan panduan pembelajaran pada sesi kode untuk membantu mereka menguasai dasar-dasar coding. 

Anak-anak dapat bereksperimen dengan berbagai tantangan sambil menjelajahi berbagai pengalaman coding. Taman bermain terdiri dari drone dan robot yang menunggu perintah. Ketika anak-anak belajar menulis kode, mereka dapat mengendalikan apa yang dilakukan robot dan drone. Ketika anak-anak menguasai dasar-dasarnya, mereka dapat beralih ke tantangan ekstra ke tingkat berikutnya.

6. Kodable

Kodable adalah aplikasi pemrograman yang kreatif untuk membantu anak-anak belajar pemrograman inti untuk usia empat hingga sebelas tahun.

Kurikulum dasarnya gratis. Kodable juga menawarkan biaya tetterjangkau untuk orang tua yang mencakup kurikulum lanjutan yang dapat diakses di semua perangkat. Anak-anak mendapatkan dasar-dasar ilmu komputer melalui pembelajaran mandiri dan mereka dapat membuat dan bermain bersama karakter-karakter lucu.

Kodable

Belajar coding pada anak-anak dimulai dari tingkat TK. Siswa membaca dan menulis JavaScript. Ketika ada progress, selanjutnya anak-anak dapat membangun karakter mereka sendiri, membuat level, dan bekerja dengan coders lain.

Kursus Kodable diselenggarakan seperti kurikulum kelas. Setiap unit terdiri dari materi dari guru, kegiatan praktik independen, dan tes atau kuis di akhir sesi.  

7. Tynker

Tynker menawarkan sampel program coding online gratis bagi anak-anak. Akses ke library lengkap dari 40 modul blok berbasis teks, dan lebih dari 3.700 modul pembelajaran dengan berlangganan bulanan.

Tynker

Anak-anak belajar secara online yang mengharuskan belajar secara mandiri. Kursus pemrograman bertema luar angkasa dan berbasis game menggunakan kapal roket dan alien ruang angkasa. Anak-anak membuat dan membangun aplikasi dan game dengan kecepatan/kemampuan mereka sendiri. Tynker cocok untuk segala usia dari pemula hingga tingkat lanjut.

Siapkan Anak-Anak Anda Belajar Coding

Di dunia modern saat ini, semua orang tahu bahwa mempelajari coding memberi anak-anak kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik bagi masa depan mereka. Memilih sumber belajar coding yang paling cocok untuk anak Anda akan sangat tergantung pada usia, minat, dan tingkat pengetahuannya.

Sumber belajar coding gratis dan berbayar yang diuraikan di atas akan membantu Anda mengetahui di mana harus mulai mengenalkan anak-anak Anda belajar pemrograman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

POPULER MINGGU INI

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU