Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Tekno Aplikasi Cara Menyingkronkan Google Chrome pada PC, Tablet, & Smartphone

Cara Menyingkronkan Google Chrome pada PC, Tablet, & Smartphone

- Advertisement -

Melakukan sinkronisasi Google Chrome mempermudah kiita untuk meangakses banyak perangkat. Karena semua informasi dicadangkan ke akun Google Anda sehingga dapat menggunakan akun yang sama pada setiap perangkat

Jika Anda memiliki komputer baru, menyinkronkan Chrome akan sangat bermanfaat sehingga tidak ada bookmark yang salah tempat selama masa transisi. Anda juga dapat mengatur sinkronisasi Chrome antara smartphone dan komputer Anda untuk mengakses password yang tersimpan, riwayat, dan lainnya.

- Advertisement -

Mari kita lihat betapa mudahnya melakukannya sinkronisasi Chrome.

Mengapa Anda Harus Mengatur Sinkronisasi Chrome

Jika Anda pernah kehilangan bookmark atau lupa kata sandi (password) yang Anda simpan di Chrome tahun lalu, Anda harus mengatur sinkronisasi Google Chrome. Ini adalah cara tercepat, termudah, dan bisa diandalkan untuk menyimpan semua informasi Chrome Anda yang tersimpan di akun Google, jika terjadi sesuatu pada komputer atau smartphone Anda.

Tentu saja, sinkronisasi Chrome juga berguna dalam situasi lain, seperti komputer Anda tiba-tiba macet, Anda kehilangan laptop, dll. Anda tidak perlu khawatir menemukan semua informasi yang tersimpan atau Anda melakukan backup manual. Semua bisa dilakukan di akun Google Anda.

Alasan lain mengapa menyinkronkan Chrome sangat membantu adalah jika Anda ingin menggunakan browser di banyak perangkat. Jika sinkronisasi Chrome diaktifkan, Anda dapat melihat semua bookmark desktop dari smartphone Anda, membaca sesuatu yang terbuka di perangkat lain, mengisi rincian akun secara otomatis, menggunakan metode pembayaran yang sama, dan menyinkronkan pengaturan dan preferensi lainnya.

- Advertisement -

Ketika Anda log in ke Chrome dengan pengaturan sinkronisasi, secara otomatis Anda akan masuk ke semua layanan Google, seperti Google Foto, Gmail, YouTube, dll.

Cara Mengatur Sinkronisasi Chrome

Menghidupkan sinkronisasi Chrome tidak sesulit yang dibayangkan. Yang Anda butuhkan hanyalah kata sandi (password) akun Google Anda. Namun, langkah-langkahnya bervariasi antara desktop dan perangkat seluler.

Di Komputer

  • Buka Chrome.
  • Pilih ikon profil.
  • Pilih Aktifkan sinkronisasi.

Sinkronisasi Chrome di Komputer

  • Masuk ke akun Google Anda.
  • Pilih Ya, saya masuk.

Sinkronisasi Chrome di Komputer

 

Di Smartphone Atau Tablet

Jika Anda menggunakan smartphone atau tablet Android, atau menggunakan iPad atau iPhone, ikuti langkah-langkah berikut untuk menyiapkan sinkronisasi Chrome:

  • Buka Chrome.
  • Ketuk menu tiga titik di bagian atas, lalu buka PengaturanMasuk ke Chrome . Atau, jika Anda melihatnya, pilih Lanjutkan sebagai <nama Anda> , dan kemudian lewati ke langkah terakhir di bawah ini.

Sinkronisasi Chrome di Tablet/Smartphone

  • Pilih akun Google Anda atau ketuk menu untuk masuk ke akun lain yang berbeda.
  • Ketuk Ya, saya masuk.

Penting

Sinkronisasi Chrome merupakan fitur penting seperti penjelasan di atas. Mudah diimplementasikan dan berfungsi dengan baik untuk berbagai situasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat.

Pertama, jangan menyinkronkan Chrome menggunakan komputer umum dengan akun Google Anda. Sinkronisasi harus untuk perangkat yang Anda miliki dan Anda memilikinya dalam jangka waktu yang lama. Masuk ke komputer umum dan perangkat umum lainnya paling baik dilakukan dengan mode penyamaran (incognito mode), jika tidak, orang lain berisiko mengakses kata sandi, detail pembayaran, dan informasi pribadi lainnya.

Jika Anda menggunakan sinkronisasi Chrome di komputer, Anda dapat menonaktifkan item sinkronisasi dengan membuka pengaturan sinkronisasi di chrome: // settings / syncSetup / advanced. Di sana Anda dapat menonaktifkan sinkronisasi aplikasi, bookmark, ekstensi, riwayat, pengaturan, tema, tab terbuka, kata sandi, alamat, nomor telepon, dan / atau metode pembayaran.

Sinkronisasi Chrome di Tablet/Smartphone

The syncSetup halaman ini untuk mengenkripsi data yang disinkronkan. Kata sandi dienkripsi secara default dengan informasi Google Anda, tetapi Anda dapat mengenkripsi semuanya dengan frasa sandi khusus bahkan Google pun tidak dapat melihatnya.

Pengguna seluler dapat melakukan hal yang sama melalui pengaturan Chrome; buka ke Sinkronisasi dan layanan Google > Kelola sinkronisasi untuk mematikan fungsi sinkronisasi yang Anda inginkan. Di sana Anda juga dapat mengatur opsi enkripsi.

Cara Mematikan Sinkronisasi Google Chrome

Menonaktifkan sinkronisasi Chrome bahkan lebih mudah daripada mengaktifkannya. Buka pengaturan Chrome dan pilih Matikan di sebelah indikator sinkronisasi. Jika Anda menggunakan aplikasi Chrome, buka Sync dan layanan Google dari pengaturan, lalu ketuk tombol di sebelah Sinkronkan data Chrome Anda .

Menyinkronkan perangkat Anda menggunakan akun Google hanya relevan dalam browser Chrome.  Anda tidak dapat masuk menggunakan Firefox dan Chrome dan mengharapkan bookmark dan pengaturan saling mentransfer satu sama lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU