7 Langkah SEO WordPress untuk Pemula

SEO WordPress untuk Pemula – WordPress selalu dipuji sebagai salah satu content management systems (CMS) yang paling ramah SEO bisa dioptimalkan! Langkah pertama yang sangat penting dan mendasar yang perlu Anda lakukan saat pertama kali menginstal WordPress di blog atau situs Anda adalah mengoptimalkan SEO pada halaman dari instalasi Anda dan memastikan bahwa website mendapatkan hasil yang baik dalam mesin pencarian (search engine).

Postingan ini adalah bagi orang yang baru belajar SEO WordPress yang baru saja menginstal WordPress dan ingin mengoptimalkan situs mereka. Panduan SEO WordPress untuk pemula ini akan membantu memastikan Anda tidak perlu menyelesaikan banyak pekerjaan untuk memperbaiki SEO dasar Anda.

SEO WordPress untuk Pemula

Langkah 1: Periksa Pengaturan Visibilitas Mesin Pencari

Ini adalah langkah yang sangat mendasar tetapi SANGAT penting. WordPress memiliki opsi sehingga Anda dapat mengatur situs Anda untuk memblokir mesin pencari. Beberapa perusahaan hosting dengan fitur instal otomatis dapat menginstal WordPress dengan pengaturan ini aktif secara default. Dengan mengaktifkan opsi ini, WordPress akan mencegah situs Anda diindeks di mesin pencari mana pun. Ini mungkin bagus untuk situs pementasan atau pengujian, tetapi tidak untuk situs Anda.

Untuk memeriksa pengaturan situs Anda, navigasikan ke Pengaturan> Membaca .

Periksa Pengaturan Visibilitas Mesin Pencari

Pastikan untuk memeriksa bahwa setelan Visibilitas Mesin Telusur untuk “Halangi mesin pencari untuk mengindeks situs initidak dicentang. Dengan cara ini Google, Yahoo, dan semua mesin pencari lainnya tidak akan kesulitan menemukan situs Anda.

Langkah 2: Optimalkan Permalinks

Secara default, WordPress menggunakan struktur URL yang berantakan yang terlihat seperti ini:

https://www.example.com/?p=123

Untuk SEO dan kemudahan pengguna, Anda harus selalu memiliki struktur URL yang terdiri dari kata kunci yang mendeskripsikan halaman. Misalnya, halaman About harus menggunakan url berikut:

https://www.example.com/about

Ini jauh lebih ramah pengguna daripada? P = 123. Apakah Anda tidak setuju? Untungnya, WordPress memiliki pengaturan permalink bawaan untuk mengubah struktur URL situs Anda menjadi sesuatu yang lebih dioptimalkan untuk SEO.

Jadi buka Pengaturan> Permalinks dan pilih opsi yang mengatakan “Nama Tulisan” atau masukkan URL khusus Anda sendiri menggunakan tag yang tersedia.

1. Cara Optimasi SEO dengan Slug WordPress e1603880857928

Bagi kebanyakan orang WordPress akan memperbarui file .htaccess Anda secara otomatis untuk mencerminkan struktur permalink baru Anda, tetapi untuk beberapa orang Anda mungkin harus memperbaruinya secara manual. Anda akan tahu karena Anda akan mendapat sedikit peringatan 404 kesalahan di situs Anda.

Penting : Jika situs Anda sudah aktif dan berjalan serta telah diindeks oleh mesin pencari, maka mengubah tautan permanen Anda melibatkan beberapa langkah lagi. Anda juga perlu mengarahkan 301 tautan lama Anda serta meminta mesin telusur mengindeks ulang situs Anda untuk menghindari tautan rusak. Tapi jangan khawatir – kami memiliki panduan lengkap tentang cara mengubah permalink dengan aman .

Langkah 3: Instal Plugin SEO

Salah satu fitur terbaik WordPress adalah kemampuannya untuk memasang plugin sebagai fungsi tambahan ke situs Anda. Untuk SEO, ada banyak sekali plugin WordPress yang bisa dipilih. Banyak dari plugin ini berguna meningkatkan peringkat mesin telusur situs Anda secara keseluruhan.

Saat memilih plugin SEO utama untuk situs Anda, pastikan untuk meninjau fitur dan add-on yang tersedia untuk menemukan yang paling Anda sukai. Luangkan waktu untuk memastikannya. Karena setelah Anda memiliki beberapa ribu posting di blog Anda, Anda tidak boleh beralih plugin karena harus memeriksa semua postingan Anda untuk memperbaiki semua judul dan deskripsi meta.

Apa yang Harus Diperhatikan pada Plugin SEO

Pertama, Anda ingin mendapatkan plugin SEO yang memungkinkan Anda menambahkan meta descriptions dan judul dengan mudah ke posting blog Anda. Ini digunakan saat halaman Anda muncul di hasil pencarian, jadi Anda dapat mengedit dan mengoptimalkannya.

Kedua, sitemap juga penting. Pada dasarnya ini adalah daftar semua tautan di situs web Anda yang ingin Anda indeks dan Anda dapat mengunggahnya melalui Google Webmaster sehingga Anda dapat memberi tahu Google konten apa yang Anda miliki di situs Anda dan yang harus diindeks.

Dan ketiga, schema markup untuk posting dan halaman Anda harus disertakan. Kami memiliki panduan markup skema WordPress lengkap jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, tetapi anggap itu sebagai kartu catatan untuk halaman Anda. Schema markup akan memberi tahu mesin telusur detail penting dalam format poin cepat: jenis konten, judul, tanggal penerbitan, penulis, dll. Semua plugin SEO yang baik akan menyertakan ini.

Catatan : Anda hanya membutuhkan satu plugin SEO. Memasang beberapa plugin SEO tidak akan meningkatkan SEO Anda, bahkan dapat menyebabkan kesalahan dan merugikan SEO Anda.

Yoast SEO

Yoast SEO Plugin

Yoast SEO adalah opsi plugin SEO yang bagus, plugin ini menawarkan banyak fitur untuk membantu setiap pemula mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari termasuk title dan meta descriptions, schema implementation, XML sitemaps, breadcrumbs, canonical URLs, dan banyak lagi. Yoast juga menawarkan SEO bawaan dan analisis keterbacaan yang dapat Anda gunakan per halaman / posting untuk menyempurnakan konten Anda.

TERKAIT: 3 Cara Optimasi Yoast SEO untuk Peringkat Website di Search Engine

All In One SEO Pack

All In One SEO Pack

All In One SEO Pack menawarkan opsi yang sama hebatnya menjadikannya rekomendasi plugin SEO kedua kami. Ada banyak opsi SEO dasar untuk sitemaps, Google AMP, schema markup, canonical URLs, dan pengoptimalan judul otomatis. Tapi yang membuat All in One SEO Pack spesial adalah plugin versi gratisnya pun menawarkan opsi SEO e-commerce. Jadi jika Anda menjalankan toko dengan WooCommerce atau EDD, Paket SEO All in One mungkin tepat untuk Anda.

TERKAIT: Panduan Instalasi Plugin All In One SEO Pack

Langkah 4: Pilih Tema WordPress yang Ramah SEO

Tema WordPress mana yang Anda pilih juga sangat penting untuk SEO. Dan dari mana Anda memilih untuk mendapatkannya membuat perbedaan besar.

Pertama – selalu unduh tema Anda dari pasar atau pengembang terkemuka. Banyak situs tema gratis menambahkan tautan terenkripsi dengan url (pikirkan situs perjudian, ulasan hosting, penipuan bitcoin, dan sejenisnya) yang akan merugikan SEO Anda. Karena ini adalah situs yang mungkin tidak terkait dengan situs Anda, menautkannya ke situs tersebut dapat merusak peringkat Anda.

Kedua – pilih tema yang dikodekan dengan baik. Beberapa tema tidak menggunakan tag heading dengan tepat (h1, h2, h3, h4), pemosisian konten (teks postingan harus selalu berada sebelum sidebar) atau hanya diberi kode yang sangat buruk sehingga bot mesin pencari akan mengalami masalah saat merayapi situs Anda dengan benar.

Apa yang Harus Diperhatikan di Tema WordPress

Berikut adalah beberapa fitur utama yang ingin Anda cari saat memilih tema WordPress Anda.

  • Judul situs harus berupa judul h1 di beranda dan judul h2 di halaman lain
  • Semua judul postingan harus memiliki tag h1
  • Breadcrumbs navigation
  • Link posting berikutnya dan sebelumnya
  • Posting terkait pada posting tunggal
  • Bersihkan semantik – periksa dengan W3C
  • Pastikan tidak ada tautan mencurigakan di tema yang mengarah ke situs aneh (biasanya ada di footer)

Langkah 5: Tambahkan Pelacakan Analytics

Ini belum tentu merupakan langkah SEO, tetapi menyiapkan sistem pelacakan Anda segera akan membantu Anda melacak berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda serta memantau bagaimana mereka sampai di sana.

Banyak tema premium sudah menyertakan opsi di panel admin tempat Anda dapat menempelkan kode pelacakan secara otomatis di header atau footer situs Anda. Tetapi jika tema Anda tidak menyertakan ini sebagai fitur, Anda memiliki beberapa opsi.

Jika Anda merasa nyaman dengan kode, Anda dapat membuka file header.php atau footer.php dan memasukkan kode secara manual.

Ada banyak plugin yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda menyiapkan kode pelacakan di situs / blog Anda. Di bawah ini adalah beberapa plugin yang kami rekomendasikan.

Google Site Kit

Google Site Kit

Jika Anda menggunakan Google Analytics, mengapa tidak mencoba plugin resmi Google Site Kit? Plugin gratis ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan dan melihat semua analitik Anda dari dasbor WordPress Anda. Jadi, plugin ini tidak hanya menghubungkan analitik Anda menjadi mudah, tetapi juga menyederhanakan proses pelacakan di masa mendatang.

MonsterInsights

MonsterInsights

Mirip dengan Site Kit, MonsterInsights menawarkan dasbor Google Analytics lengkap ke situs WordPress Anda. Ada fitur koneksi sekali klik yang mudah, serta laporan bawaan untuk audiens, perilaku, konten, formulir, konsol pencarian, dan banyak lagi. Ada juga versi pro MonsterInsights dengan fitur tambahan untuk melacak peristiwa, e-commerce, posting populer, dan tautan afiliasi serta opsi pelaporan terperinci lainnya.

Langkah 6: Tambahkan Social Bookmarking

Kita semua tahu betapa pentingnya pengaruh media sosial dalam hal peringkat situs saat ini. Dan bahkan jika itu tidak meningkatkan peringkat Anda, tetap penting untuk menghasilkan lalu lintas pengunjung.

Jika tema Anda belum menawarkan integrasi media sosial, kami sarankan memasang plugin untuk tombol social bookmarking, serta tautan ke profil media sosial Anda sendiri. Berikut beberapa plugin yang kami tautkan dan rekomendasikan.

Candy Social Widget

Candy Social Widget

Pamerkan profil media sosial Anda di bilah sisi widget tema Anda dengan Candy Social Widget. Plugin sederhana ini menambahkan berbagai tautan sosial dan opsi gaya sehingga pengunjung situs Anda dapat dengan mudah menemukan Anda di Twitter, Facebook, Pinterest, LinkedIn, YouTube, dan lainnya.

Easy Social Share Buttons

Easy Social Share Buttons

Mencari cara bagi pembaca untuk membagikan konten Anda dengan cepat?  Easy Social Share Buttons cocok untuk Anda. Plugin berbagi sosial yang komprehensif ini menawarkan integrasi lebih dari 50+ jejaring sosial, bersama dengan 30+ metode tampilan, opsi gaya, dukungan aplikasi messenger seluler, dan banyak lagi. Ditambah ada analitik bawaan untuk boot!

Langkah 7: Tulis Konten Berkualitas

Sekarang setelah Anda selesai menyiapkan dasar-dasarnya, satu-satunya hal yang tersisa untuk Anda lakukan adalah menulis konten yang berkualitas. Pada akhirnya, faktor penting apakah Anda akan mendapatkan pengunjung dan membuat orang membagikan situs Anda adalah konten Anda.

Anda perlu memastikan situs web Anda memberikan nilai bagi pembacanya. Dan tidak hanya memiliki konten yang bagus membantu Anda menentukan peringkat dan membuat orang membagikan situs Anda, tetapi juga akan membantu Anda mengumpulkan followers.

Semoga panduan SEO WordPress sederhana ini membantu Anda menangani SEO (sekarang dan di masa depan) dengan lebih mudah. Dengan cara ini Anda meletakkan dasar yang kuat agar situs Anda mendapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari untuk tahun-tahun mendatang.

Selain itu, jika Anda sudah menguasai semua dasar SEO WordPress sejak awal, Anda dapat fokus pada tugas penting (dan lebih menyenangkan) lainnya. Seperti pembuatan konten, sharing media sosial, pemasaran, dan lainnya!

PILIHAN EDITOR

POPULER MINGGU INI