Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 10

Safe Mode di Windows 10 – Safe Mode adalah salah satu fitur pada Windows yang memungkinkan melakukan troubleshooting terhadap berbagai masalah pada komputer. Seperti program yang tidak bisa berjalan atau komputer telah terinfeksi malware. Login Windows 10 dalam safe mode memungkinkan Anda untuk mem-boot PC Anda untuk menemukan akar masalahnya.

Berikut ini akan dijelaskan cara masuk safe mode di sistem operasi Windows 10.

Safe Mode di Windows 10

Langkah Satu: Dapatkan Advanced Troubleshooting Tools di Area Pemulihan

1. Jika PC Anda Dapat Starts Windows Secara Normal

Jika PC Anda berhasil masuk ke layar login Windows (atau dapat sign in Windows), cara termudah untuk pemulihan adalah dengan menahan tombol Shift sambil mengklik Restart.

- Advertisement -

restart 2

Anda juga dapat masuk ke pemulihan melalui aplikasi Windows Settings. Tekan Windows + I untuk membuka Settings, lalu klik opsi “Update & Security“.

Update Security

Pada panel kiri, beralih ke tab “Recovery“. Di panel kanan, scroll sedikit ke bawah, lalu klik tombol “Restart Now” di bagian “Advanced Startup“.

- Advertisement -

Advanced Startup

Menggunakan salah satu dari metode ini (Shift + Restart atau aplikasi Pengaturan) akan mengarahkan Anda ke area pemulihan.

2. Jika PC Anda Tidak Dapat Starts Windows Secara Normal

- Advertisement -

Jika PC Anda dua kali berturut-turut tidak akan menjalankan Windows secara normal, maka secara otomatis akan memberi Anda opsi “Recovery” yang memungkinkan Anda melakukan perbaikan tingkat lanjut.

Recovery

Langkah Dua: Gunakan Advanced Troubleshooting Tools untuk Memulai Safe Mode

Saat Anda masuk ke advanced troubleshooting tools (baik dengan trik Shift + Restart, menghapus tombol F8, atau menggunakan drive pemulihan), Anda akan masuk ke layar yang memungkinkan Anda mengakses . Untuk melanjutkan klik tombol “Troubleshoot“.

Troubleshoot

Pada layar “Troubleshoot“, klik tombol “Advanced Options“.

Advanced Options

Pada halaman “Advanced Options“, klik opsi Pengaturan Startup. Di Windows 8, opsi ini diberi label “Windows Startup Settings“.

Windows Startup Settings

Sekarang Anda akan melihat tombol “Restart”, selanjutnya klik tombol tersebut.

Tombol Restart

Anda akan melihat versi menu Opsi Boot Tingkat Lanjut. Tekan angka yang sesuai dengan opsi startup yang ingin Anda gunakan (yaitu, tekan tombol 4 untuk Safe Mode).

Enable Safe Mode

Perhatikan jika Anda menggunakan Windows 8, PC Anda akan restart terlebih dahulu, dan kemudian ke layar “Advanced Boot Options”. Gunakan tombol panah untuk memilih opsi Safe Mode yang sesuai, lalu tekan Enter untuk melakukan boot ke Safe Mode.

Advanced Boot Options

Cara ini berbelit-belit untuk mendapatkan opsi Safe Mode, dan opsi ini jauh lebih tersembunyi daripada sebelumnya.

Opsi Alternatif: Memaksa Windows untuk Starts dalam Safe Mode

Terkadang, Anda ingin memecahkan masalah yang mengharuskan Anda boot ke Safe Mode beberapa kali. Menjalani seluruh prosedur di atas pasti menyebalkan karena harus melakukannya setiap kali Anda me-restart PC Anda. Untungnya, ada cara yang lebih cepat.

System Configuration Tool bawaan Windows memberi Anda kemampuan untuk mengaktifkan opsi “safe boot”. Pada dasarnya memaksa Windows untuk melakukan boot ke Safe Mode setiap kali Anda me-restart PC. Untuk memulai Windows secara normal lagi, Anda harus kembali ke alat System Configuration dan menonaktifkannya.

System Configuration Tool

Anda bahkan dapat memilih jenis Safe Mode yang Anda inginkan untuk starts Windows:

  • Minimal:  Mode Aman normal
  • Alternate shell:  Safe Mode hanya menggunakan Command Prompt
  • Active Directory repair: Digunakan hanya untuk memperbaiki server Direktori Aktif
  • Network: Mode Aman dengan dukungan jaringan

Metode alternatif ini memberikan cara untuk boot ke Safe Mode berulang kali setiap kali Anda memerlukan opsi Safe Mode.

TERKAIT: Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer