Cara Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung

Pro Mode Video Samsung – Merekam video kini menjadi hal yang paling sering kita lakukan di era yang serba konten ini. Mulai dari sekedar merekam kegiatan yang sedang dilakukan untuk diunggah ke IG story, konten video TikTok, hingga membuat video Youtube.

Selain karena hadirnya berbagai media sosial yang menyediakan platform untuk membagikan video, kamera smartphone yang terus berkembang dan semakin canggih juga membuat kegiatan merekam video semakin digemari. Tidak tanggung-tanggung, banyak juga yang akhirnya menekuni dan memulai bisnis videografer dengan bermodalkan smartphone saja.

Meskipun begitu, merekam video menggunakan smartphone terkadang bisa menjadi hal yang merepotkan, karena kamu tidak bisa mengatur pengaturan perekaman secara manual, dan terpaksa harus merekam dengan pengaturan kamera otomatis.

Namun, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal itu lagi karena sekarang ada Samsung Galaxy Note20 yang dilengkapi fitur Pro Mode Video Samsung. Sama seperti Mode Pro biasa, Pro Mode Video Samsung memungkinkan kamu untuk mengatur settingan kamera secara manual saat merekam video. Berikut ini adalah cara merekam video menggunakan mode Pro Video di Galaxy Note20.

Cara Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung

1. Cara Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung-min

1. Buka ‘Kamera’.

2. Geser tab mode kamera ke kiri dan pilih ‘Lainnya’. Kemudian, pilih ‘Pro Video’.

3. Pilih dan atur pengaturan kamera yang kamu inginkan secara manual, seperti:

  • ISO: Mengontrol sensitivitas cahaya kamera.
  • Aperture & Shutter Speed: Menyesuaikan kecepatan rana.
  • Standard: Atur suhu warna, kontras, saturasi, highlight, dan bayangan satu per satu.
  • Manual Focus: Ubah mode fokus. Geser bar pengaturan ke ikon ‘close-up’ atau ikon ‘landscape’ untuk menyesuaikan fokus secara manual. Untuk beralih ke auto focus, ketuk ‘MANUAL’.
  • White Balance: Atur White Balance sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Exposure: Menentukan seberapa banyak cahaya yang diterima sensor kamera.

4. Kamu juga bisa mengubah rasio perekaman video dengan mengetuk ikon ‘rasio’ di tab bagian atas, lalu pilih rasio ukuran yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih untuk merekam video dalam rasio ‘Full’, ‘1:1’, ‘9:16’, atau ‘9:21’ dengan resolusi FHD hingga merekam video beresolusi 8K 24fps dalam rasio ‘9:16’ atau ‘9:21’.

5. Setelah semua pengaturan sudah sesuai keinginan, ketuk tombol ‘rekam’ untuk mulai mengambil video yang menakjubkan.

Tips Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung

1. Pilih Nilai ISO yang Tepat

2. Cara Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung-min

Gunakan nilai ISO rendah untuk objek yang diam atau terang benderang, dan nilai ISO yang lebih tinggi untuk objek yang bergerak cepat atau gelap. Namun, perlu diingat bahwa nilai ISO tinggi bisa menghasilkan noise pada video.

2. Sesuaikan Shutter Speed dengan Objek

3. Cara Merekam Video dengan Pro Mode Video Samsung-min

Shutter speed atau kecepatan rana yang lambat memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, sehingga video makin cerah. Ini sangat cocok untuk video pemandangan atau video yang diambil pada malam hari. Kecepatan rana yang cepat memungkinkan lebih sedikit cahaya masuk, ideal untuk mengambil video objek yang bergerak cepat.

 

Dengan Pro Video Mode yang didukung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera telefoto 64MP, Wide 12MP, serta Ultra Wide 12MP, Samsung Galaxy Note20 memastikan setiap adegan yang kamu rekam berubah menjadi sebuah mahakarya dengan gambar yang tajam dan jernih.

Tidak hanya itu, Galaxy Note20 juga menawarkan perekaman video yang super halus dengan fitur perekaman video beresolusi FHD dalam kecepatan bingkai hingga 120fps. Ingin menciptakan efek bokeh pada video? Kamu tinggal mengaktifkan fitur Live Focus Video yang dapat mengubah kedalaman background dalam video-mu.

TERKAIT: Cara Membuat Video Time Lapse di HP Samsung

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here