Perbedaan Windows 10 dan Windows 11

Perbedaan Windows 10 dan Windows 11 – Microsoft secara kontinu melakukan update Windows 10 selama bertahun-tahun, menambahkan fitur dan mengubah interfacenya. Sekarang, ada terobosan baru dari Microsoft yaitu OS Windows 11, sistem operasi baru yang dirilis akhir 2021.

Beberapa PC Windows 10 yang memenuhi syarat dapat melakukan upgrade ke Windows 11 di akhir tahun 2021. Jika PC Anda dapat menjalankan Windows 11, upgrade dapat dilakukan secara gratis.

Itu semua tergantung pada hardware PC Anda. Persyaratan sistem Windows 11 lebih ketat daripada Windows 10. Misalnya, Windows 11 hanya akan berjalan di PC 64-bit. Selain itu, PC Anda akan memerlukan chip TPM 2.0 dan firmware UEFI dengan kemampuan Secure Boot. PC di era Windows 7 hampir pasti tidak akan memenuhi syarat untuk menggunakan Windows 11.

Perbedaan Windows 10 dan Windows 11

Windows 11 System Requirements

Anda dapat memeriksa apakah PC Anda dapat menjalankan Windows 11 dengan menjalankan aplikasi  Microsoft’s free PC Health Check dari Microsoft. Jika aplikasi ini mengatakan PC Anda tidak dapat menjalankan Windows 11, ada kemungkinan TPM atau Secure Boot Anda dinonaktifkan di pengaturan firmware UEFI komputer Anda. Anda dapat mencoba mengunjungi pengaturan firmware UEFI (BIOS) dan mengaktifkan fitur-fitur ini.

TERKAIT: Cara Cek PC Windows 10 Kompatibel Windows 11

Windows 11 merupakan upgrade besar bagi pengguna Windows 10, tetapi ini adalah sistem operasi yang sama sekali baru. Jika PC Anda tidak mendukung Windows 11, atau Anda lebih suka Windows 10 dan ingin tetap menggunakan sistem operasi ini, Anda dapat tetap menjalankan Windows 10. Microsoft mengatakan Windows 10 akan didukung dengan update keamanan hingga Oktober 2025. Sehingga Anda dapat menggunakan Windows 10 tanpa masalah keamanan.

Namun, beberapa komponen hardware baru, seperti CPU kemungkinan hanya akan berfungsi dengan Windows 11.

Apakah Windows 11 Menjalankan Software yang Sama?

Windows 11 dapat menjalankan aplikasi yang sama dengan Windows 10. Lebih dari itu, Microsoft Store baru memungkinkan aplikasi desktop Win32 tradisional dan software lainnya, membuat software Windows klasik bekerja lebih baik pada versi baru Windows. Selain itu, Windows 11 juga dapat menjalankan aplikasi Android.

Fitur Terbaru Windows 11

4. Fitur Fitur Terbaru OS Windows 11

Windows 11 menyertakan beberapa fitur baru yang berguna untuk membantu Anda melakukan banyak tugas dengan banyak jendela dan bekerja dengan banyak monitor. Update akan menjadi 40% lebih kecil, dan Windows akan menginstalnya di background. Selain itu, hanya akan ada satu update besar untuk Windows 11 per tahun, bukan dua kali  update besar per tahun, seperti yang terjadi pada Windows 10.

Pada Taskbar terdapat panel widget, Microsoft mengintegrasikan Microsoft Teams ke dalam taskbar untuk mengobrol dan video call dengan mudah. Setiap aplikasi Windows yang Anda inginkan dapat menjadi bagian dari Store. Anda bahkan dapat menginstal aplikasi Android dari Microsoft Store

Ada beberapa upgared untuk game PC. Auto HDR dan DirectStorage beralih dari Xbox Series X ke PC, meningkatkan grafis, dan mengoptimalkan waktu loading game baru di PC.

Menu Start secara dramatis disederhanakan. Live tiles hilang, secara efektif digantikan oleh widget di panel Widget. Anda tidak dapat memberi nama grup atau folder aplikasi yang disematkan di menu Start. Ada banyak perubahan lain, dan Microsoft memiliki daftar fitur yang dihapus

TERKAIT: Fitur-Fitur Terbaru OS Windows 11

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here