Penyebab Wajah Menjadi Kering dan Kusam, Pelajari Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Penyebab Wajah Menjadi Kering dan Kusam, Pelajari Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, keringnya kulit wajah sering kali menjadi salah satu masalah yang menyebalkan. Beberapa dari kamu tentu merasa tidak percaya diri. Pasalnya, kulit wajah kering akan ditandai dengan pori-pori kulit yang mengecil, munculnya kerutan dan retakan pada wajah, timbulnya rasa gatal, terlihat pengelupasan pada kulit, munculnya warna kemerahan pada kulit wajah, serta adanya rasa ketat pada kulit wajah sehabis mandi, berenang, atau mencuci muka. Sebagai tambahan, mereka yang menderita kulit kering kerap terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, lho! Menyebalkan, bukan? Lalu, apa sih penyebab wajah jadi kering? Dan apa saja yang harus kamu wapadai agar terhindar dari kondisi ini?

Apa penyebab utamanya?

Penyebab utama dari kulit wajah yang kering adalah hilangnya kelembapan pada bagian kulit tersebut. Normalnya, kulit wajah kamu harus menyimpan sekitar 20 – 30% jumlah air untuk tetap lembap. Dalam kondisi ini, wajah kamu akan tetap kencang, bersih, dan muda. Namun, saat kelembapan pada wajah berkurang drastis, secara terus-menerus, masalah kulit kering akan datang.

Lalu, apa saja yang menyebabkan kelembapan kulit berkurang?

Bermacam-macam hal. Penyebab yang paling umum adalah kondisi lingkungan yang terlalu panas. Tak hanya itu, faktor genetis dan umur turut pula menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kering. Mau tahu pemicu lainnya?

1. Berendam atau mandi air hangat

Berendam atau mandi air hangat terlalu lama menjadi salah satu penyebab wajah jadi kering. Karenanya, di pagi hari kamu lebih disarankan untuk mandi dengan air dingin.

2. Berenang terlalu sering

Sama dengan mandi air panas, berenang terlalu lama dan terlalu sering –terutama di kolam renang umum yang mengandung klorin– dapat membuat kulit kamu cepat kering.

3. Sabun yang bersifat kasar (scrub)

Biasanya, jenis sabun ini disarankan bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, guna mengurangi kadar sebum di wajah. Hati-hati! Jika digunakan terlalu sering dalam sehari, sabun jenis ini justru dapat menjadi penyebab wajah jadi kering, lho!

Perlu kamu ingat, selain ketiga faktor umum di atas, kulit wajah yang kering biasanya juga dialami oleh penderita dermatitis atopik, alias eksema. Tak hanya itu, risiko kamua dalam menderita kulit wajah yang kering juga akan meningkat di umur 40 tahun ke atas, atau jika kamu tinggal di lingkungan beriklim kering, dingin, panas, dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Masker Wajah Kering

Bagi kebanyakan wanita, wajah kering kerap kali menjadi permasalahan tersendiri. Bagaimana tidak! Selain membuat penampilan terkesan tidak segar, kulit kering juga terbukti menjadi dalang berbagai masalah kulit lainnya, seperti kulit pecah, pori-pori besar, hingga jerawat.

Yuk, segera atasi problem ini dengan mencoba 8 masker wajah kering berikut ini!

1. Oatmeal

Mudah sekali cara penggunaannya! Pertama, sisihkan 4-5 sendok otameal halus, lalu tambahkan air hangat; aduk hingga merata. Selanjutnya, oleskan campuran tadi ke kulit wajah dan leher. Tunggu selama 30 menit—atau sampai oatmeal mengering—sebelum kemudian dibilas bersih dengan air dingin.

2. Pisang

Selain baik untuk mengatasi masalah pencernaan, pisang juga bisa dimanfaatkan guna mengembalikan kelembapan wajah, lho! Caranya, haluskan 2 buah pisang. Lalu, tambahkan madu secukupnya. Aduk kedua bahan tadi hingga merata, lalu aplikasikan ke kulit wajah. Tunggu selama 30 menit sebelum dibilas air bersih, ya!

3. Putih Telur

Cara menggunakan putih telur sebagai masker wajah ternyata sangat mudah! Cukup dengan mengocok lepas putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan 1 sdt madu. Sssts, aduk terlebih dahulu 2 bahan tadi hingga merata sebelum mengaplikasikannya ke wajah, ya!

4. Madu + Minyak Zaitun

Caranya, tambahkan madu dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Oleskan ke wajah, dan tunggu 10 menit sebelum kemudian dibilas dengan air hangat.

5. Avokad

Cara penggunaannya terhitung sangat mudah. Cukup dengan menghaluskan daging 1 buah avokad, lalu tambahkan 2 sendok minyak zaitun, aduk hingga merata. Oleskan campuran ini ke kulit wajah selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Mentimun

Caranya, siapkan 2 buah mentimun; buang bijinya. Kemudian, haluskan daging mentimun dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit wajah dan leher setidaknya 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Susu

Selain baik untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah, susu juga terbukti ampuh dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat wajah terlihat lebih cerah. Caranya, siapkan ½ gelas susu murni, sejumput garam, dan 2 sdt air perasan jeruk nipis. Aduk semua bahan tadi hingga merata, lalu oleskan ke wajah. Mudah, bukan?

8. Anggur

Kamu cukup menghaluskan 10 butir anggur merah dengan menggunakan blender (buang biji anggur terlebih dahulu), lalu aplikasikan langsung ke wajah. Jika dilakukan secara teratur, cara ini dijamin dapat mengembalikan kelembapan kulit seperti yang kamu inginkan.

Cara Mencegah Kulit Kering!

Kurang minum, terlalu lama di ruang ber AC, hingga penggunaan sabun dan bahan antiseptik adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan permukaan kulit terasa kasar dan kering.

Kulit kering biasanya ditandai dengan retakan atau garis-garis halus yang menyebabkan kulit bersisik dan mengelupas. Bagi yang mengalami hal tersebut, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perawatan, yuk cek terlebih dahulu tips mudah menjaga kelembapan kulit di bawah ini:

1. Banyak minum air putih

Air dapat membantu melancarkan aliran pembuluh darah ke lapisan kulit, sehingga kulit menjadi lembap. Jika ingin terhindar dari kulit kering, pastikan konsumsi air putih harian kamu tercukupi, setidaknya meminum 8 – 9 gelas air putih setiap hari.

2. Rajin mandi dengan air dingin

Ternyata, kebiasaan mandi menggunakan air hangat terlalu sering tidak disarankan karena dapat menghilangkan minyak alami kulit yang membuatnya menjadi keriput. Ada baiknya mulai biasakan mandi dengan air dingin karena dapat mengembalikan kesegaran kulit. Selain itu, jangan menggosok tubuh dengan handuk setelah selesai mandi karena dapat mengiritasi kulit. Kamu cukup menepuk-nepukkan handuk ke bagian tubuh yang basah agar lapisan kulit tetap terjaga.

3. Batasi paparan AC

Udara dingin yang dikeluarkan oleh AC (Air Conditioner) ternyata dapat menyerap kelambapan kulit sehingga menjadi kering. Solusinya, jika kamu terbiasa beraktivitas dalam ruangan ber-AC, gunakanlah pelembap untuk meminimalisasi efek negatifnya pada kulit. Penggunaan pelembap yang memiliki kandungan minyak yang tinggi dapat membuat kulit tetap lembap dan sehat.

4. Tidur yang cukup

Jangan sepelekan jadwal serta durasi tidur, karena kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut dapat mengganggu proses peremajaan kulit yang menyebabkannya terlihat lebih kusam dan kering.

5. Hindari merokok serta kurangi konsumsi kopi

Merokok dapat mengikis kelembapan kulit karena zat nikotin yang terkandung di dalamnya dan menghambat proses peremajaan kulit. Selain itu, kurangilah konsumsi kopi karena asupan kafein berlebih dapat membuat kulit dehidrasi.

6. Jaga asupan makanan

Jika ingin mendapatkan kulit yang lembap dan sehat, ada baiknya kamu rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E serta tinggi asam lemak omega 3. Selalu sertakan sayuran, buah-buahan, serta sumber protein baik, seperti daging, ikan, ke dalam diet harian karena jenis pangan tadi berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

7. Olahraga teratur

Olahraga tidak hanya mampu menjaga keseimbangan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Lakukan kegiatan ringan, seperti joging atau bersepeda setidaknya seminggu sekali agar kulit tetap terlihat sehat berseri.

Ternyata, tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia atau melakukan perwatan mahal demi kulit yang lembab nan sehat. Kuncinya terletak pada pola makan dan hidup yang sehat. Selamat mencoba!

Sumber: Beautyclopedia 110 rahasia kulit cantik alami (Go Dok)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan