Senin, September 21, 2020
Beranda Bisnis Tips Bisnis Press Release: Pengertian, Format, & 7 Tips Membuat Press Release yang Relevan

Press Release: Pengertian, Format, & 7 Tips Membuat Press Release yang Relevan

- Advertisement -

Ingin belajar menulis press release? Press release merupakan salah satu cara untuk melibatkan jurnalis dalam mempublikasikan berita Anda. Press release (juga dikenal sebagai news release) adalah dokumen singkat yang berisi tentang berita perusahaan atau bisnis Anda yang diterbitkan oleh pers atau media. Biasanya dikirim ke jurnalis dan editor dapat menggunakan informasi tersebut untuk menulis artikel berita.

Jika Anda pemilik bisnis atau perwakilan PR (public relations) yang ingin menyebarkan informasi tentang brand Anda, press release adalah cara yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan belajar cara menulis press release yang benar dan sesuai kaidah.

Mengapa Anda Membutuhkan Press Release?

Berikut adalah alasan utama Anda harus menulis siaran pers:

1. Mendapat perhatian dan awareness

- Advertisement -

Wartawan dan jaringan media memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dari bisnis Anda, jadi masuk akal untuk menggunakan press release untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan awareness.

2. Membantu membangun jaringan

Dengan mengirim siaran pers merupakan keuntungan untuk Anda dan juga journalist. Sebab jurnalis membutuhkan berita – dan dengan membantu mereka dengan press release, bisa menjadi awal membangun hubungan yang baik dengan industri media.

3. Bisnis Anda mudah dioptimasi oleh search engine

Ketika keyword/kata kunci bisnis Anda sudah terindex di search engine seperti Google, akan membantu dalam meningkatkan brand bisnis Anda. Juga, jika seorang jurnalis menerbitkan press release dengan menerbitkan pada web/blog, situs bisnis Anda mendapatkan backlink dari situs web perusahaan media (backlink adalah salah satu cara agar konten Anda berada pada peringkat pertama halaman search engine).

4. Membantu Image Anda

Efektivitas dari press release yaitu jalan terbaik untuk mengontrol bagaimana bisnis Anda dilihat. Anda dapat membangun image brand Anda dan membentuk persepsi publik melalui pernyataan resmi yang informatif dengan fakta untuk melawan pandangan negatif.

Satu pertanyaan besar yang mungkin Anda harus jawab:

Kapan Anda Membutuhkan Press Release?

Idealnya, Press Release adalah saluran yang aktif setiap kali Anda ingin berbagi informasi bisnis yang layak diterbitkan.

- Advertisement -

Tetapi bagaimana Anda memutuskan apakah informasi Anda layak diberitakan?

Agar informasi/konten dianggap layak diberitakan, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan:

  • Dampak – apakah seseorang akan terpengaruh oleh informasi tersebut?
  • Kedekatan – apakah informasi ini penting?
  • Pengakuan – apakah ini sesuatu yang harus diketahui?

Sebagian besar Press Release yang berhasil memenuhi setidaknya dua dari tiga kriteria tersebut.

Format Press Release

Selanjutnya kita akan mempelajari struktur dan cara menulis Press Release yang benar. Jika Press Release Anda sesuai dengan format yang biasa digunakan wartawan, peluang Anda untuk diberitakan lebih tinggi.

Berikut format Press Release yang umum digunakan:

  • Headline (Judul): Judul yang menjelaskan dengan jelas tentang rilis tersebut – Apakah peluncuran sebuah produk? Perkembangan bisni baru? Restrukturisasi perusahaan?
  • Location: Di ​​mana lokasi Anda dan dimana berita itu terjadi
  • Lead: Paragraf pertama yang merangkum informasi paling penting tentang informasi bisnis Anda
  • Body: Informasi detail yang diberikan dalam mengurangi tingkat kepentingan
  • Boilerplate: Beberapa kata yang menggambarkan perusahaan Anda kepada audiens
  • Press Contact: Nama dan detail kontak koordinator media Anda. Biasanya, siapa saja yang dapat dihubungi oleh reporter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Catatan: Meskipun tidak ada font yang khusus untuk Press Release Anda, tetapi menggunakan font umum seperti Arial atau Times New Roman merupakan ide yang bagus.

5 Jenis Press Release

  1. Press Release Peluncuran Produk
  2. Press Release Penelitian Baru
  3. Press Release Pengumuman Darurat
  4. Press Release Perekrutan Karyawan Baru
  5. Press Release Penerimaan Penghargaan

7 Tips Membuat Press Release yang Relevan

Berikut panduan tentang cara membuat Press Release yang ditulis dengan baik:

1. Temukan Sudut Pandang: Data, Newsjacking, atau Emosional

Saat Anda akan menyampaikan kepada wartawan, buatlah rilis berita dengan mengingat hal itu.

Berikut cara memberi Press Release sesuai keinginan wartawan:

Data Eksklusif atau Penelitian

Jurnalis menyukai apa pun yang eksklusif. Mereka juga menyukai data. Memberi mereka data eksklusif dalam sebuah rilis media adalah cara yang baik untuk menawarkan keduanya.

Pembajakan berita (Newsjacking)

Meskipun Anda tidak dapat memberikan jurnalis berita terkini setiap saat, Anda dapat menggunakan proses pemasaran konten yang disebut newsjacking.

Sederhananya, newsjacking adalah metode memanfaatkan isu yang sedang populer untuk meningkatkan trafik dan memacu jumlah transaksi. Misalnya, jika ada sesuatu yang viral di platform media sosial seperti Twitter, mengikat rilis berita Anda ke dalam berita viral tadi adalah cara cerdas untuk mendapatkan traksi.

Hubungan emosional

Cerita dengan menghubungkan aspek emosional yang berkaitan dengan audiens itu lebih baik dan memiliki daya Tarik uyang lebih besar. Jika Anda mampu membuat orang tertarik secara emosional dengan brand Anda, kemungkinan audiens Anda mau mencobanya.

2. Tulis Judul Press Release

Judul Press Release adalah hal pertama yang akan dilihat siapa pun, jadi Anda harus membuatnya semenarik mungkin.

Tujuan dari judul Press Release adalah untuk mendapatkan kesan yang baik dari jurnalis sehingga bisa diterbitkan.

Tiga prinsip inti penulisan judul siaran pers adalah:

  • Gunakan kata kerja
  • Langsung
  • Komprehensif

Jika Anda masih kesulitan dengan pembuatan judul, Anda dapat mencoba penganalisa judul/headline untuk memberi Anda gambaran tentang posisi Anda.

3. Tuliskan Lead Berita

Lead adalah paragraf pertama dalam berita yang mengandung gambaran umum suatu berita. Teras Berita dalam sebuah berita menjadi sangat penting karena akan menggambarkan keseluruhan berita dan menjadi daya tarik berita agar diminati khalayak. Biasanya terdiri dari 35 hingga 45 kata, yang merangkum bagian paling penting dari siaran pers Anda.

Paragraf pertama ini harus menjawab “5 W” setepat mungkin.

  • Who: Siapa yang terlibat dalam berita? Orang atau perusahaan mana yang terlibat?
  • What: Apa yang terjadi? Tentang apa ini?
  • When: Kapan peristiwa ini terjadi? Kapan itu akan terjadi?
  • Where: Di mana cerita atau peristiwa ini terjadi?
  • Why: Mengapa informasi ini relevan bagi pembaca media ini?

4. Tulis Paragraf Body Berita

Tujuan dari Body Berita ini adalah untuk menggambarkan semua detail berita yang relevan dan sesuai dengan brand Anda di dalamnya. Kata kuncinya di sini relevan.

Setiap press release yang hebat menggunakan rumus piramida terbalik: Anda memasukkan perincian yang paling relevan tepat di awal dan kemudian masuk ke aspek yang kurang penting.

5. Sertakan Kutipan (Quotes)

Termasuk kutipan (Quotes) adalah cara yang baik untuk meningkatkan kredibilitas dan kepribadian press release Anda kepada pembaca. Namun, selalu pastikan bahwa kutipan Anda relevan dengan konteks artikel berita Anda.

6. Tuliskan Boilerplate

Boilerplate merupakan paragraf terakhir terstandarisasi yang disisipkan dalam semua siaran pers yang memberikan garis besar produk, layanan, klien, penghargaan, web beserta profil media sosialnya. Anda bahkan dapat memasukkan logo perusahaan Anda di sini jika Anda mau.

7. Masukkan Kontak yang Lengkap

Anda harus memasukkan informasi kontak Anda agar wartawan dapat menghubungi Anda. Masukkan email dan nomor telepon Anda untuk memudahkan wartawan ingin menghubungi Anda.

3 Hal Penting Menulis Press Release

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat ketika menulis siaran pers untuk liputan media.

1. Tentukan Tujuan Anda

Saat menulis siaran pers, tanyakan pada diri sendiri – “Apa yang saya coba capai dari ini?” Apakah ini meningkatkan followers media sosial Anda? Membangun kesadaran brand untuk kampanye crowdfunding? Memanfaatkan media tradisional seperti koran?

Penting untuk mengidentifikasi ini di awal karena, untuk mencapai tujuan ini, Anda harus mengadopsi strategi yang berbeda. Ingat siaran pers crowdfunding untuk inovasi baru akan tampak jauh berbeda dibandingkan siaran pers nonprofiy untuk mendapatkan donasi.

2. Tempatkan Diri Anda di Bawah Mereka

Ingat, Anda menulis siaran pers untuk jurnalis. Jadi ketika Anda menulis siaran pers, Anda harus mengadopsi gaya penulisan jurnalistik.

Bagaimana kamu melakukannya?

Wartawan melewati banyak pengalaman di lapangan. Hal terakhir yang ingin mereka lakukan adalah menyaring banyak kalimat untuk mencari tahu apakah itu relevan atau tidak. Jika informasi tersebut relevan dan dapat pahami dengan mudah dalam judul dan lead, mereka cenderung memberikan kesempatan untuk diterbitkan.

Juga, ingatlah bahwa mereka bukan PR (public relations) masyarakat atau influencers pada jaringan sosial. Itulah mengapa ide yang bagus untuk membuat siaran pers ditulis secara faktual dan tidak berlebihan.

3. Target yang Tepat

Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya hal ini. Anda dapat memiliki rilis media terhebat yang pernah ada, jika Anda tidak mengarahkan kepada jurnalis yang buruk atau publikasi yang salah.

Ada dua hal yang perlu diingat ketika Anda akan menerbitkan siaran pers Anda:

  • Apakah jurnalis atau publikasi yang Anda ajukan membahas produk atau layanan Anda.
  • Apakah orang yang membaca mereka sesuai dengan target audiens Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU