Peluang Menjadi Pengisi Suara Virtual (Virtual Voice over Talent)

Banyak yang masih asing dengan istilah pengisi suara. Kata ini berasal dari bahasa Inggris, “voice over”. Masih merasa asing? Pengisi suara sebenarnya nyaris kita temui setiap saat. Kalau kamu menonton TV, lalu ada iklan yang berisi suara manusia, baik berbicara atau menyanyi, maka itulah yang dilakukan oleh seorang pengisi suara. Dalam bahasa Inggris, pengisi suara disebut sebagai “voice over talent” atau “voice over artist”. Mereka bertugas mengisi suara untuk film animasi, acara TV, narasi dokumentasi, iklan, dan sebagainya.

Kini, menjadi pengisi suara tidak harus datang ke studio. Semua pekerjaan pengisi suara dapat dilakukan dari rumah. Industri iklan, TV, radio, sampai internet, selalu membutuhkan pengisi suara. Apalagi video, TV, dan radio streaming sudah makin populer. Pengisi suara virtual dapat bekerja di waktu senggang di rumah, didukung dengan teknologi multimedia. Pendapatannya? Tidak kalah dengan pekerjaan online lain.

Bagaimana Memulainya?

1. Kembangkan bakat seni peran

Menjadi pengisi suara nyaris sama dengan berakting, bedanya hanya suaramu saja yang tampil. Tetap saja kamu harus menguasai seni peran, sebab suaramu harus mampu memerankan berbagai karakter sesuai kebutuhan. Kalau kamu suka menirukan gaya bicara orang dan membuat orang sekitarmu yakin, maka kamu ada bakat di seni peran. Walau cuma suaramu yang berakting, justru ini jenis akting yang sulit. Kamu harus dapat memerankan sesuatu tanpa didukung gestur, mimik wajah, atau gerakan. Semua sangat tergantung pada cara bicara, gaya, intonasi, kemampuan menguasai karakter.

2. Ambil kursus jika perlu

Bagaimana jika ternyata kurang berbakat tapi kamu menyukai dan antusias di bidang ini? Berlatihlah atau kalau perlu ambil kursus olah vokal. Kamu juga dapat bergabung dengan klub teater yang biasanya punya metode pelatihan seni peran berbasis suara.

3. Rekam suaramu

Suara yang kita dengar secara langsung sering kali hasilnya berbeda dengan suara yang direkam. Coba rekam suaramu, dengan membacakan suatu monolog atau narasi dari skrip. Putar dan simaklah, seperti apa hasilnya. Apakah cukup jelas, cukup sesuai dengan harapan? Teruslah berlatih sampai hasil rekaman suaramu tak jauh berbeda dari suara aslimu atau bahkan lebih baik. Berlatihlah membaca dengan suara jelas dan keras, sebab aktivitas seorang pengisi suara akan sering melibatkan pembacaan telepromter.

4. Buatlah demo

Demo merupakan portofolio bagi seorang pengisi suara virtual. Inilah yang akan menjadi andalan ketika dia mencari pekerjaan. Maka buatlah demo sesempurna mungkin. Buatlah beberapa demo dengan karakter berbeda-beda, tapi yang menurutmu paling kamu kuasai. Siapkan setidaknya 3 sampai 4 demo.

Beberapa yang harus disiapkan dalam membuat demo:

  • Siapkan naskah

Pilih naskah yang singat, padat, enak diucapkan. Para agen atau produser hanya punya waktu singkat, antara 10-15 detik, untuk mendengar demo. Sebab mereka bisa menerima puluhan bahkan ratusan demo untuk didengar. Maka buatlah naskah sesingkat dan sepadat mungkin. Cari naskah yang sesuai dengan karakter suara kita. Misalnya, kamu wanita dengan suara feminim, jangan memilih naskah dengan karakter pria maskulin. Kalau bahasa Inggris-mu pas-pasan, hindari memilih naskah berbahasa Inggris.

  • Merekam suara

Kalau punya anggaran, kamu bisa menyewa studio rekaman. Sebenarnya merekam suara dapat dilakukan sendiri, dengan perlengkapan memadai. Apalagi sekarang banyak gadget yang sudah dilengkapi aplikasi perekam suara yang cukup bagus. Rekam suaramu di ruangan yang tenang, jauh dari gangguan suara-suara lain.

  • Simpan demo secara online

Pengisi suara virtual akan berhubungan dengan banyak pihak secara online. Berarti kamu harus bisa menyimpan demo secara online juga. Ini akan memudahkanmu menyebarkan demo di berbagai media sosial. Ada banyak aplikasi penyimpanan online yang bisa dipakai, seperti Google Drive, DropBox, Evernote. Ada juga media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai penyimpan demo, misalnya SoundCloud yang mengkhususkan diri untuk basis suara. YouTube juga bisa jadi penyimpan demo yang lebih atraktif, terutama kalau kamu mau menambahkan desain-desain menarik.

  • Bangun jaringanmu

Terhubunglah dengan kalangan yang bersentuhan dengan bidang pengisian suara. Orang-orang dari dunia iklan, mulai dari aktornya, sutradara, produser, rumah produksi, agensi pencari talent, dan sejenisnya. Cari mereka di Twitter, Facebook, Path, Instagram, forum-forum online. Mulailah bergaul dengan mereka, membuka percakapan ringan, terlibat diskusi, berkenalan. Tonjolkan minat dan kemampuanmu sebagai seorang pengisi suara virtual. Jangan lupa selalu sertakan tautan atau link ke web atau akun SoundCloud atau YouTube yang berisi demomu. Jangan ragu untuk menawarkan jasamu. Atau kalau perlu lakukan tanpa meminta bayaran, sebab kamu sedang membangun jaringan dan portofolio untuk karier di kemudian hari.

Tips Kerja

Karena ini bidang kerja yang tak kenal batas ruang, maka pertimbangkan untuk memperdalam bahasa Inggris. Ada banyak sekali web berisi informasi dibutuhkannya pengisi suara virtual, dan mayoritas berbahasa Inggris. Tersedia juga kursus online untuk bidang ini, yang akan mempertemukanmu dengan jaringan lebih luas lagi. Maka tak akan ada ruginya mengembangkan kemampuan bahasa Inggris-mu.

Beberapa web yang berisi informasi seputar posisi pengisi suara virtual:

  • Voices.com

Kamu bisa melakukan registrasi tanpa bayaran, menciptakan profil beserta contoh suaramu. Setelah mendaftar, tersedia akses ke informasi lowongan pekerjaan freelance secara online. Ada juga informasi audisi online yang diadakan agensi-agensi. Jika lolos audisi, kamu bisa mendapatkan bayaran yang dikirim melalui Paypal atau cek.

  • Voice123.com

Serupa dengan voices.com, namun web ini mengklaim tidak akan mengambil komisi pembayaran sama sekali. Kamu bisa mendapatkan bayaran langsung dari klien.

  • Voicebunny.com

Layanan ini sama dengan voice123.com. Tersedia juga informasi tentang proyek pengisian suara virtual dalam berbagai bahasa.

Bagaimana Pendapatannya?

Didukung bakat, latihan, serta peralatan pendukung yang memadai, pendapatan seorang pengisi suara virtual bisa sangat memuaskan. Bahkan dapat melampaui pendapatan tetapmu sebagai karyawan. Jam terbang akan sangat menentukan, juga pengalaman, luasnya  jaringan, dan reputasi.

Pengisi suara virtual bisa meraup 75 sampai 400 dolar AS untuk sekali proyek iklan. Bahkan yang sudah berpengalaman bisa mendapatkan 10.000 dolar AS. Sistem pembayarannya bisa per proyek atau per pekerjaan basis. Rata-rata pendatapan untuk pengisi suara virtual adalah 100 dolar AS per 15 detik rekaman. Untuk pengisi suara buku audio bisa mendapatkan 3000 dolar AS per buku. Metode honorarium ada yang berdasarkan durasi rekaman, ada juga yang berdasar jumlah kata per naskah. Cukup menggiurkan, bukan?

Kisah Sukses Redd Horrocks, Resign Demi Jadi Pengisi Suara Virtual

Wanita ini sedang terlilit utang kartu kredit sebesar 24.000 dolar AS ketika terpikir untuk mencari penghasilan ekstra. Gajinya sebagai manajer panggung sebuah perusahaan sirkus rasanya mustahil bisa menutupi utang itu. Horrocks melirik www.fiverr.com, web yang memediasi siapa saja untuk mencari uang secara online. “Saya iseng melihat-lihat, siapa tahu ada tawaran kerja. Ternyata ada yang memerlukan pengisi suara untuk buku audio, segera saja saya mendaftar,” ungkap Redd Horrocks.

Pendapatan pertamanya hanya 5 dolar AS untuk membacakan naskah sepanjang 125 kata. Horrocks tak pernah kecil hati, dia terus mencoba semua tawaran kerja pengisi suara online. Bulan berikut, penghasilannya mulai melonjak, menjadi sekitar 300 dolar. Terus menanjak hingga 600 dan akhirnya 1000 dolar per bulan. Maret 2014 dia memperbarui laman profil dirinya dengan demo video yang menarik. Tak diduga, Horrocks mendapat tawaran kerja menggiurkan. Bulan itu saja, pendapatannya melonjak jadi 3500 dolar AS. Namanya sebagai voice over talent terus melejit, hingga bisa melunasi utang, bahkan membayar uang muka rumah.

Akhirnya wanita ini memutuskan untuk menjadikan pekerjaan paruh waktunya sebagai pekerjaan penuh waktu. Dia memutuskan berhenti dari kantornya. Sekarang pendapatan bulanan Horrocks berkisar 9000-15.000 dolar per bulan, hanya dari www.fiverr.com. Setiap kali dia menggunakan web lain untuk mempromosikan bisnisnya, tawaran kerja yang datang meningkat 98%. Pengisi suara virtual yang sukses ini sudah punya perlengkapan rekaman lengkap di rumahnya, sehingga dia menjadi seorang pebisnis pengisi suara profesional sungguhan. Dia bisa menjadi narator film dokumenter, pembaca buku audio, pengisi suara iklan, dan banyak lagi.

“Pekerjaan yang menyenangkan. Setiap hari selalu menemui hal-hal baru. Kadang hanya bekerja sebentar untuk mengisi voicemail, kadang berurusan dengan orang yang sangat berbeda,” ujar Horrocks berbagi pengalaman menariknya.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan