16 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Keuntungan

Memiliki dan menjalankan bisnis online memberi pengusaha kebebasan dalam menghasilkan uang dari mana saja dan kapan saja. Idenya mungkin lebih menarik dari sebelumnya, tetapi banyak pengusaha tidak tahu harus mulai dari mana. Langkah paling penting dalam memulai bisnis online yang menguntungkan adalah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan Anda.

Apakah Anda ingin menjadi pengusaha full time atau hanya memulai bisnis part-time sebagai penghasilan pasif, produk atau layanan Anda harus memenuhi kebutuhan konsumen tertentu. Berikut serangkaian bisnis berbasis kebutuhan yang menguntungkan, dengan biaya minimal, yang dapat Anda mulai lakukan secepat mungkin.

1. Konsultan SEO

Jika Anda mengetahui seluk beluk mesin pencari (search engine) dan memiliki keterampilan teknis dalam platform seperti Google Ads dan Google Analytics, menjadi konsultan SEO bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi Anda. Banyak pemilik usaha kecil yang tidak menyadari seberapa besar dampak optimasi mesin pencari (SEO) pada bisnis mereka. Mulai bisnis konsultasi online Anda dengan mengedukasi para pemilik bisnis tersebut tentang kekuatan SEO untuk membantu mengubah situs web mereka dan meningkatkan tingkat konversi mereka.

- Advertisement -

Anda dapat menggunakan keterampilan pemasaran Anda untuk menunjukkan kepada pemilik bisnis manfaat menggunakan data analitik, strategi kata kunci, dan struktur konten untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas/pengunjung web secara organik. Jika Anda tidak terbiasa dengan SEO atau ingin meningkatkan keterampilan pemasaran digital Anda, Anda dapat merujuk ke Panduan Pemula untuk SEO .

Ingatlah bahwa algoritma Google selalu berubah, jadi Anda harus melanjutkan pembelajaran Anda tentang SEO agar tetap relevan dan sukses di bidang ini.

2. Konsultan bisnis kecil

Jika Anda memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis, mengapa tidak membuat bisnis yang membantu calon pengusaha untuk menemukan kesuksesan? Sebagai konsultan bisnis, Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membantu pemilik bisnis baru untuk memulai bisnis yang baik dan membantu wirausahawan berpengalaman memenuhi permintaan mereka. Peluang sukses Anda lebih besar jika Anda memfokuskan strategi Anda pada aspek khusus konsultasi bisnis.

Untuk menambah kredibilitas Anda, tunjukkan keahlian Anda kepada klien, ini akan sangat membantu untuk terjun dalam komunitas bisnis digital. Anda dapat berkontribusi pada komunitas bisnis kecil seperti  business.com  atau menulis artikel bisnis di platform seperti  LinkedIn .

3. Konsultan media sosial

- Advertisement -

Perusahaan yang lebih besar dapat mempekerjakan agen atau staf full time untuk menjalankan akun media sosial mereka, tetapi usaha kecil seringkali harus menangani pemasaran media sosial mereka sendiri. Dengan begitu banyak tanggung jawab, pemilik bisnis sering kali terlalu sibuk, kewalahan, atau tidak mengetahui tentang pentingnya media sosial untuk pengembanghan bisnis mereka. Sebagai konsultan media sosial, Anda dapat membantu bisnis kecil menentukan taktik terbaik, jadwal posting, dan konten yang sesuai target audiens mereka. Seiring bertambahnya jumlah foloowers mereka, bisnis Anda juga akan meningkat.

Facebook dan Twitter merupakan jaringan media sosial teratas, tetapi untuk bisnis cenderung lebih banyak menggunakan platform visual seperti Instagram, Pinterest, Tumblr dan Snapchat. Semua platform ini memiliki audiences yang besar, tetapi banyak pebisnis tidak menyadari seberapa besar mereka, seberapa efektif mereka dan bagaimana membuat mereka tertarik pada brand mereka. Jika Anda memiliki latar belakang dalam pemasaran media sosial dan kemampuan fotografi, fokuskan bisnis konsultasi Anda pada satu platform tertentu, seperti Instagram, dapat menjadi cara terbaik untuk menghasilkan uang sambil membantu bisnis lain meningkatkan konten mereka dan mencapai tujuan bisnis mereka.

4. Niche Market E-commerce

Dengan situs e-commerce khusus, Anda dapat menjangkau pelanggan yang mencari produk Anda secara spesifik. Membangun bisnis dalam niche market  dapat membantu Anda membedakan diri dengan merek lain dan membangun kredibilitas dan keahlian Anda. Lihatlah ke media sosial atau konsumen Anda sendiri yang perlu membuat produk untuk dijual di toko online Anda.

Untuk menjalankan bisnis e-commerce, yang Anda perlukan hanyalah layanan  web hosting dengan fitur keranjang belanja terintegrasi atau perangkat lunak e-commerce. Untuk menyederhanakan proses pengiriman, Anda dapat bekerja dengan vendor untuk mengirimkan produk ke pelanggan.

5. Desainer web atau web developer

- Advertisement -

Jika Anda seorang profesional digital yang kreatif yang suka membentuk tata letak, tema visual, set font, dan palet warna situs web, desain web mungkin merupakan jalan yang baik untuk Anda. Jika Anda memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman dalam bidang ini, Anda dapat  mempelajari dasar-dasar desain web  dan menguasai tools yang Anda perlukan, seperti Adobe XD, Chrome DevTools dan text editor software.

Jika Anda lebih tertarik pada sisi pengkodean dalam membangun situs web, pengembang web secara freelance bisa menjadi karier Anda. Jika Anda sudah tahu HTML, CSS atau JavaScript dan memiliki penglihatan yang baik untuk menyelesaikan masalah secara kreatif, Anda dapat meluncurkan layanan untuk membangun situs web yang menarik dan mudah digunakan untuk bisnis kecil. Jika Anda ingin  mempelajari dasar-dasar pengembangan web  sebelum berkarier secara full-time, Anda dapat memulai mengambil kursus untuk pemula.

Gunakan keahlian teknis dan kreatif Anda untuk membantu pemilik bisnis yang ingin bisnisnya dapat diketahui semua orang lewat internet. Bangun portofolio Anda, lalu buat situs web Anda sendiri untuk menunjukkan keahlian kepada klien yang tertarik.

6. Blogger

Blogging mungkin tampak seperti strategi bisnis yang sudah ketinggalan zaman, karena hampir semua orang sudah memilikinya, tetapi persaingan seharusnya tidak menghalangi Anda memulai bisnis online ini. Jika Anda suka menulis atau memiliki informasi penting untuk dibagikan, blog bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Memulai bisnis lewat blog  sangat sederhana yaitu dengan membuat situs web seperti Weebly dan WordPress, tetapi kunci keberhasilannya adalah konsistensi dan kualitas konten. Untuk mendapatkan pengunjung yang besar, Anda harus terus menulis dan menghasilkan konten berkualitas tinggi yang memberikan nilai bagi pembaca Anda. Konten yang mendidik, menginformasikan, atau menghibur pembaca merupakan salah satu alasan mereka mengunjungi situs web Anda.

Setelah Anda menguasai pembuatan konten yang konsisten, Anda dapat menghasilkan uang melalui blog Anda dengan menjual produk seperti kursus online, pelatihan digital, e-book atau webinar. Anda juga dapat menjual ruang iklan atau posting yang artikel bersponsor. Strategi bisnis ini mungkin memerlukan sedikit waktu dan upaya untuk menghasilkan uang, tetapi pada akhirnya bisa sangat menguntungkan.

7. Asisten virtual

Apakah Anda memiliki keterampilan organisasi dan kemampuan manajemen tugas yang baik? Mungkin ini saatnya memanfaatkan keterampilan itu dengan  menjadi asisten virtual . Layanan VA biasanya terdiri dari tugas administratif dasar seperti memasukkan data (data entry), membuat pengaturan perjalanan, dan menjawab panggilan telepon. Pengalaman sebelumnya di bidang ini sangat ideal tetapi tidak diperlukan.

Platform seperti  TaskRabbit  dan  Zirtual  memudahkan para professional asisten virtual untuk mencari pekerjaan. Plaform tersebut memungkinkan Anda membuat profil online dan mendaftar untuk tugas-tugas yang ingin Anda selesaikan – seperti penelitian data, bantuan virtual atau tugas dasar – dan mulai membangun klien.

8. Affiliate marketer

Jika Anda suka meninggalkan reviews pelanggan di situs-situs seperti Amazon, Anda mungkin tertarik menjadi affiliate marketer sebagai sumber pendapatan Anda. Informasi dari mulut ke mulut masih menjadi tumpuan utama bagi banyak perusahaan, dan banyak bisnis bersedia berbagi sebagian keuntungan mereka dengan individu yang akan mempromosikan produk mereka kepada publik.

Program afiliasi terbagi menjadi berbagai tingkat berdasarkan keterlibatan: tidak terikat, terikat, dan terlibat. Affiliate marketer tidak terikat dibayarkan berdasarkan biaya per klik atas iklan yang dipromosikan dan tidak ada keterlibatan dengan produk yang Anda promosikan. Affiliate marketer terikat mengharuskan Anda untuk memiliki otoritas dan konten pada produk yang Anda pasarkan, tetapi Anda tidak menggunakan produk tersebut secara pribadi. Pemasaran afiliasi yang terlibat mungkin yang paling efektif, karena Anda akan memasarkan produk yang benar-benar Anda gunakan dan nikmati.

Jika Anda memiliki situs web pribadi atau media sosial dengan banyak folloers, program afiliasi mungkin merupakan cara yang menguntungkan bagi Anda. Perwakilan PR selalu mencari influencer yang bisa mereka kirimi sampel gratis untuk dipromosikan.

9. Remote IT Support

Banyak usaha kecil tidak memiliki anggaran untuk mempekerjakan karyawan TI full time, jadi ketika sistem mereka mengalami masalah, mereka biasanya memanggil teman atau anggota keluarga yang mengerti komputer. Jika Anda ahli teknologi dan memiliki pengalaman bekerja di komputer dan jaringan, Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka untuk menawarkan bantuan teknis jarak jauh secara langsung.

Meskipun beberapa bisnis mungkin lebih suka Anda memiliki gelar akademik, banyak perusahaan yang mencari karyawan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan. Anda dapat mulai membangun bisnis Remote IT Support dengan menghubungi teman, keluarga, dan pemilik bisnis lokal akan kebutuhan dukungan IT. Anda juga dapat menemukan freelance  Remote IT Support seperti  Upwork .

10. Penjual kerajinan tangan

Ketika pedagang mengalihkan penjualan mereka ke e-commerce,  online marketplace untuk kerajinan tangan, seperti Etsy dan ArtFire, akan sangat membantu pengrajin menghasilkan pasokan produk-produk handmade yang berkualitas, seperti selimut rajutan atau barang pecah belah yang unik. Jika Anda memiliki kerajinan yang unik, menjual produk Anda di situs e-commerce adalah cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan saat Anda di rumah, dan Anda melakukan apa yang Anda sukai.

Biaya awal untuk ide bisnis ini sangat rendah jika Anda membeli material kreatif Anda secara massal dari pemasok kerajinan (craft supplier). Jika Anda dapat membuat dan menjual karya seni Anda dengan cepat di toko online, Anda akan mendapat untung dalam waktu singkat. Pengrajin lokal menemukan kesuksesan yang lebih tinggi saat mereka mempromosikan bisnis mereka di media sosial.

11. Pengembang aplikasi (App Developer)

Saat ini aplikasi telepon seluler lebih populer dari sebelumnya, orang-orang bersedia membayar lebih banyak uang untuk mengatur kehidupan atau pekerjaan mereka dari smartphone. Jika Anda memiliki ide baru yang hebat untuk suatu aplikasi dan tahu cara membuat kode, Anda dapat menjalankannya dan membuat aplikasi sendiri. Anda juga dapat  menjadi pengembang aplikasi (App Developer) untuk bisnis yang memerlukan pembuatan aplikasi yang spesifik. Kedua opsi mengharuskan Anda untuk mengetahui elemen dasar desain perangkat lunak dan setidaknya dua bahasa pemrograman, seperti SQL, JavaScript, PHP, Python, Ruby on Rails atau iOS.

Jika Anda memiliki ide aplikasi tetapi tidak tahu seluk beluk pengkodean, ada banyak software developers yang ingin berkolaborasi. Bergantung pada situasi dan pengetahuan Anda, Anda mungkin dapat membuat bisnis yang menguntungkan dari pengembangan aplikasi ini.

12. Dropshipping

Jika Anda ingin menjalankan bisnis e-commerce, Anda mungkin khawatir menyimpan stok produk. Dengan dropshipping, Anda dapat menerima pesanan pelanggan di toko online Anda dan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Anda akan mengirimkan produk langsung ke pembeli. Selama model bisnis Anda melibatkan penjualan barang dengan harga lebih tinggi dari apa yang akan Anda bayarkan ke pihak ketiga, bisnis dropshipping akan bisa jadi merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan.

13. Bisnis les

Seseorang yang mengambil kelas tambahan dalam suatu mata pelajaran bukan berarti mereka memahami materi pelajaran dengan baik. Jika Anda pintar dalam menjelaskan mata pelajaran kepada seseorang dan memiliki banyak pengalaman serta pengetahuan dalam suatu mata pelajaran, pertimbangkan untuk memulai bisnis les online di bidang itu. Anda dapat menggunakan alat video call seperti Skype/Zomm/Google Meet untuk melakukan sesi bimbingan jarak jauh dan menawarkan pengetahuan Anda kepada siapa saja, kapan saja, di mana saja.

14. Kursus digital (Digital Courses)

Memulai bisnis online yang menawarkan kursus digital kepada siapa pun yang tertarik dengan topik yang diminati dapat dengan mudah menghasilkan uang bagi Anda – Anda dapat menjual materi tertulis yang sudah disiapkan atau konten yang dapat diunduh dengan biaya tertentu.

15. YouTube Channel

YouTube membuat bisnis pendidikan online menjadi sangat mudah. Unggah video diri Anda yang mendidik pemirsa tentang topik apa pun, baik pemula maupun lanjutan, dan gunakan media sosial untuk menyebarkan channel Anda. Ketika jumlah pemirsa Anda bertambah, Anda akan dapat memonetisasi video Anda dan menghasilkan keuntungan darinya melalui Google Adsense atau endorse produk tertentu. Baca juga [Cara Menghasilkan Uang di YouTube] & [Langkah Menjadi Youtuber Sukses]

16. Jaringan podcast

Podcast merupakan rekaman audio seseorang atau lebih, bisa berupa percakapan atau monolog dan biasanya mempunyai topik tertentu yang dibahas dalam satu episode podcast. Beberapa tahun terakhir orang yang mendengarkan podcast mengalami kenaikan yang sangat tinggi, Anda dapat memulai memanfaatkannya dengan jaringan podcast Anda sendiri. Anda dapat mengisi podcast apa pun yang Anda rekam, tetapi jika Anda bekerjasama dengan orang lain – baik teman atau orang lain – untuk berkontribusi pada podcast Anda, jaringan Anda kemungkinan akan tumbuh lebih cepat. Saat jaringan Anda tumbuh, Anda dapat meningkatkan harga podcast per unduhan. Untuk akses podcast sendiri, sekarang sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast. Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan masih banyak lagi yang menyediakan konten podcast.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Aplikasi Bersepeda Terbaik di Android

10 Aplikasi Bersepeda Terbaik di Android

0
Bersepeda adalah aktivitas kebugaran yang sedang populer saat ini. Aktivitas bersepeda juga telah dilakukan banyak dari kita sejak masih kecil. Anda naik sepeda dan mengendarainya. Ada berbagai...
10 Aplikasi Pintar Bahasa Arab di HP Android

10 Aplikasi Pintar Bahasa Arab di HP Android

0
Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat populer dan menjadi bahasa resmi di sebagian besar negara Arab yang mencakup sekitar 1,8 miliar orang. Bahasa Arab juga...
Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

Cara Update macOS Big Sur dari macOS Catalina

0
Di artikel ini kami menjelaskan cara update macOS Big Sur di Mac Anda - dan apa yang harus Anda lakukan sebelum mengklik tombol instal. Cara...
Fitur Terbaru macOS Big Sur

Fitur Terbaru macOS Big Sur

0
Dengan macOS 11.01 Big Sur, Apple telah menggunakan perubahan arsitektur CPU Mac sebagai kesempatan untuk mendesain ulang macOS dari awal dengan interface yang hidup dan disempurnakan serta...
Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Menu Bar Mac Secara Otomatis

0
Menu bar Mac tidak berubah, selalu tersedia di bagian atas layar, dengan menu, Pusat Kontrol, dan utilitas. Tapi tampilan Menu Bar Mac tidak harus begitu. Berikut...

Artikel Populer

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

Cara Menjadikan Co Host di Zoom

6
Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting...
Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

Kerja Part Time Data Entry Bisa Dilakukan Di Rumah

6
Mungkin bagi sebagian dari kalian jarang mendengar pekerjaan bernama data entry. Pekerjaan ini sangat sederhana. Kenapa bisa dibilang sangat sederhana? Karena pekerjaan ini hanya...
Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

Mengenal Istilah Produsen, Marketer, Reseller, dan Dropshipper Dalam Bisnis Online

3
Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan bebagai jenis produk dan jasa, selama tidak melanggar hukum. Tidak semua produk dan jasa itu kita hasilkan...
Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Registrasi Peserta Meeting di Zoom

7
Aplikasi Zoom memungkinkan pengguna untuk meminta peserta mendaftar sebelum mengikuti meeting di Zoom. Dengan cara ini host bisa mendapatkan data peserta lebih detail untuk...
Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

Cara Mengikuti Webinar di Aplikasi Zoom

0
Menurut Google, webinar adalah "seminar yang diadakan melalui Internet." Sementara definisi webinar lebih dari itu. Ketika webinar dilakukan dengan benar, dapat menjadi cara untuk melakukan pemasaran...