Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Marketing Blogging Panduan Instalasi Plugin All In One SEO Pack

Panduan Instalasi Plugin All In One SEO Pack

- Advertisement -

Jika Anda mencari plugin WordPress SEO, maka Anda kemungkinan akan menemukan plugin All in One SEO Pack karena salah satu plugin WordPress paling populer yang pernah dibuat (lebih dari 65 juta unduhan sejak tahun 2007). Dalam panduan ini, kita akan membahas cara menginstal, mengatur, dan menggunakan plugin All in One SEO Pack di WordPress.

Mengapa Website Membutuhkan Plugin SEO untuk WordPress?

Search Engine Optimization (SEO) membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di Google dan mesin pencari lainnya.

Meskipun WordPress sudah menyediakan pengaturan SEO friendly, masih ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan SEO web Anda seperti menambahkan meta tag, membuat sitemap XML, menghindari duplikat konten, dll.

Menyiapkan Paket SEO All in One di WordPress

- Advertisement -

Plugin All In One SEO tersedia versi gratis. Ada versi All in One SEO Pack Pro yang menambahkan fitur tambahan seperti peta situs video, SEO eCommerce, dukungan profesional selama 1 tahun, dan beberapa fitur lainnya. Biayanya dapat Anda lihat pada laman semperplugins.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO Pack pada dashboard WordPress Anda bagian Tab Plugin.

Plugin All in One SEO Pack

Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu All in One SEO di menu admin WordPress Anda. Anda perlu mengklik All in One SEO »Pengaturan Umum untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

- Advertisement -

Opsi pertama pada halaman Pengaturan Umum adalah mengatur URL kanonik. Menentukan URL kanonik untuk setiap posting berfungsi untuk menghindari duplikasi penalti konten dari Google.

Dalam instalasi WordPress, satu posting ditampilkan di beberapa lokasi seperti beranda, halaman arsip, halaman penulis, kategori dan halaman tag. Itu sebabnya disarankan untuk menggunakan ringkasan artikel atau kutipan dibandingkan posting lengkap di halaman arsip WordPress. Menerbitkan artikel lengkap di semua halaman menciptakan duplikat konten.

Pengaturan Umum All in One SEO Pack

Pengaturan Beranda

Di bawah bagian pengaturan beranda, Anda dapat menentukan judul untuk beranda. Judul ini bisa berbeda dari judul situs web bisa menggunakan kata kunci dari Web/blog Anda.

Jika Anda membiarkan kolom ini kosong, maka SEO All in One akan menggunakan judul situs web WordPress default. Apakah Anda menggunakan judul yang berbeda atau judul yang sama dengan blog Anda, pastikan diisi kata kunci utama situs web Anda. Misalnya, judul beranda kami adalah Rungmuda – Bisnis & Tekno.

Pengaturan Beranda All in One SEO Pack

Di kolom deskripsi beranda, Anda perlu memberikan deskripsi singkat tentang situs web Anda di bawah 160 karakter. Pada kolom Home Keywords isilah kata kunci terpenting situs web Anda, jangan berlebihan dalam menggunakan kata kunci, yang terpenting mudah dibaca dan mudah dimengerti.

Pengaturan Judul

Pengaturan judul memungkinkan Anda untuk mengatur templat judul secara default untuk setiap halaman yang dihasilkan oleh WordPress. Bisa berupa satu posting, halaman utama, arsip, tag, atau halaman kategori.

Setiap halaman yang dihasilkan oleh WordPress memiliki satu <title>set dengan file tema WordPress Anda. Kami merekomendasikan untuk membiarkan pengaturan ini untuk hasil yang optimal.

Pengaturan Jenis Konten dan Pengaturan Tampilan

Pada bagian pengaturan jenis konten dan tampilan, Anda dapat mengaktifkan plugin All in One SEO untuk semua jenis pos dan laman situs web Anda.

Pengaturan Jenis Konten dan Pengaturan Tampilan

Verifikasi Webmaster

Di bagian ini Anda akan menambahkan kode verifikasi webmaster yang disediakan oleh Google, Bing atau Pinterest untuk memverifikasi kepemilikan situs web Anda.

Kami sangat menyarankan Anda mendaftar untuk Google Webmaster Tools dan Bing Webmaster Tools karena akan membantu SEO Web dan membantu mesin pencari memberi tahu ketika ada sesuatu yang salah dengan situs web Anda.

Alat webmaster ini juga memberikan peringkat web di mesin pencari, dan dapat memberikan informasi untuk merencanakan strategi konten Anda dan meningkatkan SEO situs Anda.

Anda juga dapat menambahkan ID Google Analytics Anda untuk situs web Anda, dan All in One SEO akan secara otomatis menambahkan kode Google Analytics Anda ke situs Anda.

Pengaturan Noindex

Bagian ini untuk menonaktifkan pengindeksan kategori dan halaman arsip situs Anda oleh mesin pencari. Beberapa pakar SEO percaya bahwa ini adalah konten duplikat, dan lebih baik tidak membuat halaman ini diindeks. All in One SEO memungkinkan noindexing untuk kategori dan halaman arsip secara default, kami sarankan Anda untuk tidak mengubah pengaturan ini.

Jika Anda menjalankan blog dengan satu orang penulis tunggal, sebaiknya Anda juga mengaktifkan noindex untuk arsip penulis. Tetapi jika Anda menjalankan situs multi-penulis, maka Anda bisa membiarkan mesin pencari untuk mengindeks arsip penulis.

Pengaturan lanjutan

Bagian pengaturan lanjutan memungkinkan webmaster berpengalaman untuk memodifikasi aspek-aspek tertentu dari optimasi situs web mereka. Seperti mengecualikan halaman, menambahkan kode ke tajuk, menghasilkan deskripsi secara otomatis, dan sebagainya. Kecuali Anda memahami apa yang Anda lakukan, kami sarankan Anda untuk membiarkan pengaturan bagian ini.

Pengaturan Kata Kunci

Banyak ahli SEO percaya bahwa tidak ada manfaat menggunakan tag kata kunci meta (Tags for META keywords). Di sisi lain, beberapa ahli percaya bahwa Tags for META keywords masih berguna.

SEO All in One memiliki kata kunci dinonaktifkan secara default. Jika Anda ingin menggunakan kata kunci, maka Anda dapat mengaktifkannya di sini. Kami menggunakan kata kunci meta di situs web kami karena kami percaya bahwa meskipun tidak berguna, tidak ada salahnya menambahkan beberapa kata kunci dengan setiap posting.

Pengaturan Kata Kunci

Setelah Anda melakukan “Pengaturan Umum” jangan lupa untuk menyimpan pengaturan di atas dengan klik “Perbarui Pilihan”.

Pengaturan XML Sitemap di All in One SEO

Sekarang Anda masuk pada tahap pengaturan XML Sitemap dan settings saja seperti berikut kemudian update. Pada bagian Schedule update Anda tentukan sendiri waktunya dan kapan XML sitemap akan melakukan pembaruan. Jangan lupa ceklis Enable sitemap indexes lalu tentukan jumlah maksimum dari post dan page Anda. Kalau Anda sudah menyesuaikan setelan jangan lupa klik Sitemap.

Pengaturan XML Sitemap di All in One SEO

Pengaturan Meta Sosial di All in One SEO

Pertama, Anda perlu mengunjungi All in One SEO » Halaman Meta Sosial dan scroll ke bawah ke bagian pengaturan beranda. Di sinilah Anda akan menetapkan judul, deskripsi, dan gambar untuk halaman beranda situs Anda.

Namun, karena kami telah menetapkan judul dan deskripsi beranda di pengaturan Umum, Anda dapat mencentang kotak yang bertuliskan ‘Gunakan Judul dan Deskripsi AIOSEO’.

Selanjutnya Anda perlu mengunggah gambar yang akan digunakan oleh media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk melengkapi tautan Anda ketika dibagikan di platform ini. Ketika Anda scrool ke bawah pada halaman ini, Anda akan melihat bagian tautan profil sosial tempat Anda dapat menambahkan URL profil sosial Anda.

Mengoptimalkan Posting Artikel dan Halaman dengan All in One SEO

Mengoptimalkan Posting dan Halaman dengan All in One SEO

Plugin All in One SEO menambahkan kotak meta di layar edit posting / halaman WordPress Anda. Namun, banyak pemula sering bingung tentang cara menggunakannya dengan benar.

Untuk mengoptimalkan postingan artikel Anda, Anda dapat memasukkan judul, deskripsi, dan kata kunci SEO untuk setiap posting yang Anda tulis.

Pengaturan pada kotak meta ini akan mengesampingkan pengaturan default All in One SEO Anda. Jika Anda membiarkannya kosong, maka All in One SEO akan menggunakan pengaturan default Anda untuk mengisi bidang ini. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya Anda mengisi bidang ini secara manual daripada membiarkannya kosong.

Terakhir, Anda bahkan dapat menonaktifkan All in One SEO untuk posting atau halaman tertentu, tetapi kami tidak yakin mengapa Anda ingin melakukan itu. Kami harap panduan instalasi plugin All in One SEO Pack membantu Anda untuk mengatur dan mengoptimalkan situs Anda agar mudah ditemukan di mesin pencari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU