Menjadi Konsultan Keamanan Jaringan yang Profesional

Di tengah perkembangan teknologi komunikasi tentu banyak orang memanfaatkan kehadiran internet, baik perusahaan swasta atau pemerintahan, baik perusahaan besar ataupun perusahaan kecil. Banyak informasi yang disampaikan melalui media internet, dari informasi yang tidak penting hingga informasi yang sangat penting bahkan bersifat rahasia negara. Namun sayang tidak semua orang memahami bahwa informasi yang dibagikan dengan bantuan internet dapat diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk meminimalisasi suatu informasi diretas orang lain, maka diperlukan jasa seorang konsultan keamanan jaringan atau yang dikenal sebagai admin server untuk mengantisipasi hal tersebut.

Bagaimana memulainya?

1. Memiliki minat terhadap teknologi

Bekerja sebagai konsultan keamanan jaringan menuntut dirimu akrab dengan dunia teknologi. Untuk itu, jika kamu tidak memiliki minat terhadap teknologi sebaiknya jangan coba-coba berkarier di bidang ini, yah.

2. Memiliki pengetahuan tentang keamanan jaringan

Pekerjaan utama konsultan keamanan jaringan adalah memastikan jaringan yang digunakan oleh suatu instansi aman dari tindak kejahatan ataupun kesalahan teknis. Untuk itu, kamu harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengamankan jaringan. Pelajarilah dasar-dasar yang paling umum digunakan untuk mengamankan jaringan.

3. Kembangan ketrampilan

Jika kamu sudah mengetahui dasar-dasar keamanan jaringan, sebaiknya kamu terus mengembangkannya agar keterampilan yang kamu miliki dapat meningkat. Kamu bisa mengasah keterampilan tersebut dengan mengikuti kursus-kursus keamanan jaringan yang juga banyak tersedia secara online seperti http://www.sans.org.

4. Gabung Komunitas

Jasa seorang konsultan keamanan jaringan memang diperlukan oleh banyak perusahaan. Sayangnya tidak semua perusahaan tersebut mampu memperkerjakan konsultan keamanan jaringan secara full time. Sehingga banyak konsultan keamanan jaringan yang bekerja secara freelance ataupun kontrak. Untuk memudahkan kami mencari seorang klien, sebaiknya kamu bergabung dalam komunitas, seperti www.freelancer.co.id. Dengan bantuan komunitas seperti ini dapat memudahkan kamu menemukan klien yang tepat untuk dirimu.

Tips Kerja Konsultan Keamanan Jaringan

  • Bekerja sebagai seorang konsultan terlebih konsultan keamanan jaringan akan menuntut dirimu untuk memahami banyak hal yang berhubungan dengan keamanan jaringan, namun setidaknya ada beberapa hal yang paling penting untuk kamu kuasai jika ingin menjadi seorang konsultan keamanan jaringan, yakni:
  • Jika ingin menjadi seorang konsultan, tidak cukup jika kamu hanya mengetahui dasar-dasarnya saja. Kamu dituntut untuk mengetahui dengan seluk-beluk keamanan jaringan. Penting bagi kamu memahami tentang sistem ataupun software yang digunakan, bahkan hardware-nya. Setidaknya ada 7 hal paling dasar yang harus dikuasai konsultan keamanan jaringan, antara lain:

– Basic Hardware Networking

– Basic IP dan Subnetting

– Technology Switching and Routing

– Techology Server

– Security

– Monitoring

– Backup

  • Selain menguasai seluk-beluk keamanan jaringan, seorang konsultan wajib hukumnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, seorang konsultan pasti akan berinteraksi dengan banyak pihak untuk menjelaskan hal-hal penting terkait keamanan jaringan suatu perusahaan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, akan memudahkan konsultan untuk menyampaikan hal tersebut.
  • Kalau kamu ingin menjadi seorang konsultan keamanan jaringan yang sukses dan dipercaya banyak perusahaan, tentu bekerja secara profesional perlu kamu lakukan, mulai dari tepat waktu, cara kerja yang sistematis, hasil kerja yang maksimal dan sebagainya. Sikap profesionalmu ini nantinya akan membawamu dalam tingkatan karier yang lebih baik.

Bagaimana Pendapatan Konsultan Keamanan Jaringan?

Memiliki tanggung jawab untuk menjaga sistem keamanan jaringan suatu instansi tentu bukanlah pekerjaan mudah, jadi rasanya wajar jika seorang konsultan keamanan jaringan dibayar dengan angka yang cukup besar. Seorang konsultan keamanan jaringan senior bisa memiliki penghasilan sebesar 40-100 juta/tahun. atau sekitar 4-8 juta/bulan.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan