Menjadi Juru Ketik Profesional dengan Bayaran Mahal

Ada banyak perusahaan yang memerlukan juru ketik di seantero dunia. Mulai dari bidang real estate, pasar saham, riset marketing, portal berita, dan banyak lagi. Terdengar aneh? Tidak juga. Banyak dokumen yang perlu dikonversi ke format Doc. dari tulisan tangan, gambar, yang berformat PDF atau JPEG.

Perusahaan-perusahaan itu tak perlu mempekerjakan karyawan khusus, sebab bisa menggunakan jasa para freelancer, juru ketik online. Pekerjaan yang fleksibel ini tergolong lumayan dari sisi pendapatan ekstra, terutama jika tinggal di negara berkembang. Kenapa? Sebab standarnya dolar. Walau bagi warga Amerika Serikat atau negara maju lain bayarannya dianggap kecil, tetap saja bagi warga negara berkembang sudah mencukupi. Tertarik?

Bagaimana Memulainya?

1. Mengetik dengan cepat dan akurat

Tentu saja harus didukung dengan pengelihatan yang sehat, serta jari dalam kondisi baik. Setidaknya mampu mengetik 30 – 50 kata per menit, secara akurat tanpa ada kesalahan. Sebagai gambaran, seorang juru ketik profesional mampu mengetik 50 – 80 kata per menit. Suatu pekerjaan yang sedang dikejar tenggat waktu setidaknya memerlukan kecepatan 80 – 95 kata per menit. Juru ketik yang sangat piawai bahkan mampu mengetik 120 kata per menit.

2. Familiar dengan komputer

Selama bekerja sebagai juruk ketik online, akan banyak terlibat berbagai aktivitas yang berkaitan dengan komputer. Mulai dari menerima dokumen dalam bentuk scan berformat Zip, yang harus dikonversi ke Doc. Lalu jika klien menginginkan dokumen jadi dikirim kembali dalam bentuk PDF, kamu harus bisa melakukannya. Setidaknya kamu sudah familiar dengan MS Office. Tentu ini hal yang tidak sulit, bukan?

3. Siapkan kebutuhan pendukung

Komputer dan akses internet stabil menjadi kebutuhan utama dalam pekerjaan ini. Selalu siapkan komputer dan provider internet cadangan, jika sewaktu-waktu terjadi gangguan. Ada beberapa proyek di mana kamu menerima dokumen dalam bentuk scan, berisi ratusan informasi tentang produk-produk. Kamu akan diberi akses ke suatu web atau formulir online, yang terhubung ke database. Di sanalah kamu akan langsung mengetik secara online. Inilah kenapa kamu perlu akses internet stabil.

4. Berlatih secara online

Kemampuan mengetikmu masih meragukan? Tenang, tersedia aplikasi untuk berlatih mengetik secara cepat dan akurat. Semua bisa diakses online, seperti:

  • Typingtest.com

Aplikasi ini sekadar mengetes, sejauh mana kecepatan mengetikmu. Dengan cara ini kamu bisa merekam kemajuan skill mengetikmu dari waktu ke waktu. Ada juga aplikasi sejenis, yaitu typingmaster.com, yang hasil tesnya bisa kamu share ke Facebook dan Twitter.

  • Typingweb.com

Setelah kamu mengetahui seberapa kemampuanmu, inilah saatnya untuk mengoreksi kebiasaan buruk yang menganggu aktivitas mengetikmu. Di web ini ada petunjuk bagaimana menempatkan jari di keyboard secara benar.

  • Rapidtyping.com

Aplikasi ini membantumu melatih kecepatan mengetik. Menariknya, di sini ada game yang bisa menjadikan latihan jadi menyenangkan.

  • Typeonline.co.uk

Di sini tersedia beberapa advis untuk memperbaiki teknik mengetik. Ada juga delapan pelajaran online gratis untuk memperbaiki kemampuan dan kecepatan mengetik.

5. Mencari informasi

Sudah cukup piawai mengetik cepat dan akurat? Kini saatnya mencari informasi lowongan untuk pekerjaan sampingan ini. Ada banyak web penyedia informasi untuk itu, seperti www.freelancer.com, www.upwork.com, www.eleance360.com, dan sejenisnya. Googling-lah dengan kata kunci “online typist” atau “online typing”. Selain itu kamu juga perlu membangun resume meyakinkan secara online, untuk disebarkan ke media sosial.

Tips Kerja Juru Ketik

  • Bersiaplah untuk bekerja sesuai tenggat waktu. Menjadi juru ketik memang sepintas pekerjaan mudah, tapi begitu banyak proyek yang memanggil, maka kamu bisa kewalahan. Walaupun ini pekerjaan sampingan, tetaplah bersikap profesional.
  • Biasakan mengerjakan tugas sesuai keinginan klien, dan selalu tepat waktu.Walau namanya juru ketik online, tidak selalu semua aktivitas dilakukan online. Memang ada pekerjaan yang 100% online, di mana pengetik terhubung dengan database melalui internet. Kamu bisa mengetik secara real time. Ada pula pekerjaan yang hanya pengiriman materinya saja dilakukan online, sedangkan pengetikan dilakukan secara offline. Dua hal ini sama-sama dibutuhkan. Sebaiknya selalu siapkan diri untuk dua opsi tersebut.

Bagaimana Pendapatannya?

Seperti sudah disinggung, bagi warga negara berkembang pekerjaan ini cukup lumayan dari sisi pendapatan. Sebab menggunakan standar dolar bagi yang punya klien dari negara maju. Sistem bayarannya ada yang per jam jika aktivitas real time online. Bayaran per jam nya adalah 7 sampai 15 dolar AS. Sedangkan untuk sistem bayaran per halaman, adalah 3 sampai 6 dolar per halaman. Untuk pembayaran melalui PayPal biasanya diakumulasi hingga jumlah tertentu, misalnya 25 dolar AS, baru dibayarkan.

Fakta Seru Seputar Mengetik

  • Sebanyak 216 kata dalam 1 menit adalah rekor mengetik tercepat di dunia hingga tahun 1964. Rekor ini dimiliki oleh Stella Pajuna. Tapi menurut Guiness Book of World Records, pengetik tercepat dalam bahasa Inggris adalah Barbara Blackburn. Wanita ini pada tahun 2005 mengetik selama 15 menit dengan kecepatan rata-rata 150 kata per menit. Dia juga mampu mengetik 212 kata per menit.
  • Kaum wanita lebih tertarik menjadi juru ketik dibanding kaum pria. Ini terbukti dengan lebih banyaknya wanita yang mengikuti kursus mengetik, daripada pria. Tapi ini hanya berlaku periode tahun 1920-1970. Kini, pria dan wanita sama-sama meminati bidang ini.
  • Rata-rata orang mampu mengetik 41 kata per menit. Dan rata-rata tingkat akurasinya 92%. Orang berusia di bawah 18 tahun bisa belajar mengetik lebih cepat daripada yang berusia di atas 18 tahun. Ini disebabkan remaja di bawah 18 tahun punya pengelihatan lebih baik, dan respons yang cepat.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan