Menghasilkan Uang dari Internet Sebagai Penjual E-book Online

Ada sebuah tren di mana orang-orang tidak lagi membeli buku dalam bentuk fisik. Alasannya selain untuk menghemat penggunaan kertas, juga karena dunia ini orang-orang suka membaca melalui gadget-nya. Dua alasan tersebut sudah menjadi alasan seksi untuk orang-orang berjualan e-book secara online. Dari mereka yang menjual dalam skala internasional ataupun nasional.

Bagaimana Memulainya?

1. Carilah Distributor E-book Termurah

Konsep berjualan, carilah distributor termurah untuk mendapatkan untung yang maksimal. Ditambah persaingan penjuaalan e-book semakin banyak. Mendapatkan distributor termurah adalah yang terbaik.

2. Ketahui Banyak E-commerce

Catat semua tempat yang bisa menjadi lapak jualan kamu. Di Indonesia ada Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Bhineka, atau Elevenia. Di luar negeri bisa di eBay atau Amazon. Cari dan gunakan semuanya secara maksimal.

3. Siapkan Website

Selain kamu menaruh daganganmu di lapak-lapak online, kamu sebisa mungkin memiliki website tersendiri. Karena orang-orang akan lebih mudah menemui kamu di sana dibandingkan di lapak-lapak online.

4. Pelajari Teknik Berjualan Online

Tentunya berjualan online dengan offline berbeda. Ada banyak sekali istilah dan teknik khusus di sini. Seperti bagaimana menghadapi customer melalui instant messaging atau mempelajari teknik beriklan.

Tips Berjualan E-Book

Selanjutnya setelah kamu mempersiapkan hal tersebut, kamu harus memasuki tahap selanjutnya. Bagaimana bersaing dengan para penjual e-book lainnya. Ada berbagai cara untuk bisa meraih untung berjualan e-book. Cara-cara tersebut seperti berikut ini:

  1. Jangan buat margin harga terlalu jauh.
  2. Berikan promo-promo jika membeli darimu.
  3. Buatlah paket-paket penjualan buku.
  4. Jika ada buku lama yang tidak terjual. Taruhlah sebagai bonus membeli buku baru tetapi sesuaikan harganya terlebih dahulu.
  5. Jika ada buku baru, segera punyai file-nya. Apalagi jika buku tersebut sedang populer.
  6. Perbanyak koleksimu.

Menjual e-book tidak harus menjual karya orang lain. Inilah perbedaannya, kamu bisa menjual karya-karyamu tanpa harus mencari penerbit. Kamu bisa saja memberi bonus buku karyamu terhadap customer ketika mereka membeli sebuah buku. Efeknya? Buku karanganmu akan tersebar ke mana-mana.

Kelebihan lainnya adalah kamu tidak perlu standby dalam waktu yang sangat lama di lapak kamu. Kamu bisa meninggalkannya atau membuat jadwal melihat lapak jualan kamu. Hidupmu bisa lebih santai tetapi mendapatkan pemasukan juga.

Pendapatan menjual e-book bisa sangat-sangat banyak. Ini kelebihan daripada kamu menjualnya melalui toko buku, apalagi toko buku terkenal. Keuntungan untukmu bisa sangat-sangat sedikit. Kamu bisa mengambil margin keuntungan sebesar 20%-30%. Tentu kamu juga harus melihat kondisi lapak pesaingmu.

Tips berjualan e-book karya sendiri

  1. Jangan pikirkan karyamu diterima atau tidak.
  2. Buatlah penjelasan yang menarik tentang bukumu.
  3. Mintalah komentar beberapa penulis untuk dimuat di konten jualan kamu.
  4. Buatlah harga yang pantas. Terlalu murah nanti akan dianggap buku murahan. Terlalu mahal nanti orang-orang akan malas untuk membeli.
  5. Buatlah publikasi dan promosi yang gila.
  6. Jangan menyerah.
  7. Mulailah jual!

Kisah Sukses Berjualan E-book

Namanya adalah Darren Rowse. Dia adalah seorang bloger yang menyukai dunia fotografi. Kalau kita memasuki blognya problogger.net isinya kurang lebih tentang teknik-teknik fotografi. Tapi suatu ketika dia memutuskan untuk mengumpulkan tulisan-tulisannya di blog untuk menjadi sebuah buku.

Rowse juga menambahkan hasil wawancaranya dengan fotografer terkenal untuk bukunya. Bumbu-bumu dari hasil wawancara tersebut membantu bukunya menjadi lebih sempurna. Sisanya? Rowse menjual bukunya melalui blognya. Dia memanffatkan blog miliknya yang sudah terkenal untuk menjadi sarana penjualan

Hasilnya? Dia mendapatkan $72.000 dalam seminggu. Angka yang fantastis untuk ukuran penjualan e-book. Apalagi dia bukan orang atau penulis terkenal. Darren Rowse pun menginspirasi banyak orang untuk mulai berjualan e-book. Kunci Darren Rowse mencapai tahap seperti itu adalah dengan bekerja lebih giat. Sisanya? Hanya melalui bumbu-bumbu seperti membuat ilustrasi yang menarik, konten publikasi yang baik atau sekadar promosi di media sosial. Ada satu hal menarik dari Darren Rowse, yaitu dia tidak memedulikan uang. Dia hanya memedulikan isi dari buku tersebut.

Source: 60 Cara Online Menghasilkan Uang Saat Weekend

Tinggalkan Balasan