Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Mac Cara Mempercepat Boot Mac Anda

Cara Mempercepat Boot Mac Anda

- Advertisement -

Berikut ini cara agar Mac Anda siap digunakan dalam waktu singkat dengan mempercepat boot Mac.

Gunakan Mode Sleep, Bukan Shut Down

Melakukan shutdown komputer dengan sleep mode tidaklah sama. Shutdown pertama-tama menutup semua proses yang berjalan — termasuk sistem operasi — dan kemudian memutus aliran listrik ke mesin Anda. Ketika Anda memulai lagi, semuanya harus dimuat ke dalam RAM. macOS membutuhkan waktu untuk boot, dan software dimulai ketika mesin Anda dinyalakan kembali.

Sleep mode adalah proses yang jauh lebih cepat. Pada desktop, seperti iMac atau Mac Pro, RAM dibiarkan hidup selama sleep mode, sementara komponen lain dimatikan untuk menghemat energi.

- Advertisement -

Ketika Anda melanjutkan sesi Anda, mesin Anda hidup dengan cepat, karena semua yang tersisa di memori masih ada dan siap untuk digunakan.

Untuk laptop, proses ini memiliki perlindungan tambahan. Isi memori dibiarkan dalam RAM, dan RAM tetap dihidupkan, tetapi Mac Anda juga menyalin semua yang tersimpan dalam RAM ke drive boot. Jika daya terputus (yaitu, Anda memutuskan sambungan dari daya cukup lama), memori yang disimpan dalam RAM akan hilang, tetapi dapat dipulihkan dari drive saat Anda melanjutkan.

Anda menggunakan Sleep Mode pada Mac Anda dengan mengklik logo Apple (sama seperti yang Anda ingin shutdown), dan kemudian mengklik “Sleep.” Anda juga dapat mengatur Mac Anda untuk secara otomatis menggunakan sleep mode pada bagian System Preferences> Energy Saver.

Mode Sleep MacBook? Tetap Terhubung dengan Daya

Seperti diuraikan di atas, ketika Anda memotong daya ke MacBook Anda, isi RAM hilang. Sehingga akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk kembali ke posisi sebelumnya, karena mesin Anda perlu menyalin data ke RAM dan bisa memakan waktu lebih lama pada mesin yang lebih tua — terutama yang memiliki sedikit ruang kosong. Untuk mengatasi masalah ini, biarkan MacBook Anda tetap terhubung ke daya.

Hapus Item Startup dan Login yang Tidak Perlu

Terkadang, Anda harus memulai ulang atau mematikan Mac Anda. Jika mesin Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beralih dari layar masuk ke desktop, Anda mungkin bisa menghapus  item start-up yang tidak perlu karena ini memperlambat mesin Anda.

Buka System Preferences > Users and Groups. Dengan menyorot nama pengguna, klik tab “Item Login“. Anda akan melihat daftar aplikasi yang start setiap kali Anda log in. Sorot semua aplikasi yang tidak Anda butuhkan, lalu klik tanda minus (-) untuk menghapus dari daftar.

- Advertisement -

Anda juga dapat memilih checkboxHide” untuk setiap item yang ingin Anda mulai di background tanpa mengganggu Anda.

Selain item login, Anda mungkin memiliki beberapa item startup di seluruh sistem yang melakukan boot setiap kali login. Biasanya tersimpan dalam folder tersembunyi. Untuk mengaksesnya, buka jendela Finder baru, klik Go> Go to Folder. . . , Dan kemudian ketik (atau tempel):  /Macintosh HD/Library/StartupItems/.

Folder ini mungkin kosong, tetapi jangan ragu untuk menghapus apa saja jika tidak ingin Mac melakukannya.

Pertahankan Buffer Sensible dari Ruang Kosong

macOS membutuhkan ruang untuk bernapas sebagai bagian dari operasi normal. Operasi rutin, seperti downloading dan unpacking system updates, atau menyalin isi RAM ke dalam memori drive, dapat mengambil banyak ruang sehingga dapat memperlambat sistem.

Menyisihkan sekitar 10 persen dari total ruang drive Anda adalah awal yang baik. Ketika Anda mulai melihat peringatan macOS tentang drive Anda yang mencapai kapasitas, saatnya untuk mulai mengurangi kapasitas drive.

Nonaktifkan “Reopen Windows” Saat Shutting Down

Ketika Anda memilih untuk memulai kembali atau shut down Mac Anda, Anda mendapatkan pilihan untuk membuka kembali jendela Anda ketika Anda masuk kembali. Ini adalah fitur yang penting, tetapi banyak orang melewatkannya.

Selama aplikasi Anda ditutup dengan baik, Anda tidak akan kehilangan data apa pun. Misalnya, jika Anda menutup jendela Safari yang penuh dengan tab yang terbuka, tetapi memilih untuk tidak membukanya lagi saat login, semua tab Anda akan tetap ada; Anda hanya membuka Safari secara manual saat kembali ke desktop.

Jika Anda tidak melihat aplikasi dan jendela yang Anda buka terakhir kali, Anda dapat menonaktifkan opsi ini. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya di bawah System Preferences > Users and Groups > Login Options; cukup klik gembok dan ketik admin password untuk melakukan perubahan.

Instal ulang macOS

Jika Anda belum melakukan instal ulang macOS selama beberapa tahun, Anda mungkin akan terkejut betapa cepatnya melakukan clean install. Dengan menghapus semua perangkat lunak pihak ketiga adalah cara yang bagus untuk menghapus ekstensi kernel yang sudah usang dan aplikasi lain yang telah Anda lupakan.

Pertama,  buat backup data pribadi Anda dengan Time Machine. Perhatikan setiap software atau aplikasi yang Anda gunakan dan perlu download ulang setelah proses selesai. Sekarang, Anda dapat memulai kembali dalam mode Pemulihan dan menginstal ulang macOS dari awal.

Setelah selesai, Anda dapat memulihkan cadangan Time Machine, yang menyalin file pribadi kembali ke Mac Anda.

Pertimbangkan Login Otomatis

Cara lain untuk mempercepat waktu antara menekan tombol daya dan menggunakan Mac Anda adalah merampingkan proses login. Jika Anda satu-satunya orang yang menggunakan Mac, Anda mungkin ingin mengaktifkan login otomatis di bawah System Preferences > Users and Groups > Login Options.

Jika Anda mengenkripsi drive Anda dengan FileVault, opsi ini tidak akan tersedia. Pertama-tama Anda harus mematikan FileVault di System Preferences> Security and Privacy> FileVault, yang tidak kami sarankan — terutama pada MacBook.

Hal ini terlalu berisiko karena password tidak diperlukan saat login, karena siapa pun dapat menjalankan dan menggunakan komputer Anda.

Sourcehowtogeek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU