Apa itu Link in Bio di Instagram dan TikTok

Jika Anda adalah pengguna Instagram, Anda mungkin pernah melihat seseorang di platform merujuk ke “link in bio” mereka dalam video atau posting gambar. Apa itu link in bio dan di mana Anda bisa menemukannya.

Apa Itu Link in Bio?

Link in bio adalah tautan tunggal di bagian atas profil pengguna akun Instagram, yang terletak tepat di bawah nama pengguna dan deskripsi profil.

Untuk menemukan tautan pengguna Instagram di bio, buka halaman profil mereka. Tautan di bio akan segera terlihat, karena terletak di atas tombol “Follow” atau “Following”. Mengklik tautan di bio akan mengarahkan Anda ke browser perangkat Anda atau membuka browser dalam aplikasi di Instagram.

Mengapa Link in Bio?

Munculnya “link in bio” sebagai bagian penting dari penggunaan media sosial muncul karena ingerface pengguna Instagram. Banyak brand, artis, dan content creator menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk, kreasi, atau iklan terbaru mereka. Namun, Instagram tidak mengizinkan tautan/link yang dapat diklik ditempatkan di teks pos, dan itu hanya memungkinkan satu tautan di profil seseorang.

Karenanya, link tunggal pada profil akun pengguna tersebut telah menjadi pusat aspek bisnis Instagram. Ini adalah cara paling mudah yang digunakan pengguna untuk mengarahkan follower mereka keluar dari Instagram menuju ke situs web.

Karenanya, Anda akan terus mendengar frasa “link in bio” diucapkan dengan lantang di video Instagram dan ditempatkan di caption postingan gambar. Misalnya, sebuah studio game mungkin menulis, “Ekspansi baru kami sudah keluar! Klik link in bio untuk mendownload”, dengan link yang mengarahkan pengguna ke halaman download game.

Aplikasi lain yang biasa menggunakan “link in bio” adalah TikTok. Seperti Instagram, link ini hanya memungkinkan untuk satu tautan utama dalam profil dan tidak memungkinkan pengguna untuk menempatkan link di teks untuk video. Oleh karena itu, pengguna harus mendorong pemirsa mereka untuk memeriksa “link in bio” sebagai gantinya. Ada juga tautan di profil Twitter. Namun, link in bio kurang menonjol di Twitter, karena platform memungkinkan link masuk di tweet.

Jenis-jenis Link in Bio

Ada beberapa jenis link yang muncul di biografi Instagram seorang influencer atau pribadi. Berikut ini link in bio yang paling umum digunakan:

  • Barang Dagangan / Promosi Sendiri:  Ini adalah tautan yang dibuat oleh orang-orang yang telah membuat barang dagangan yang ingin mereka promosikan, seperti buku atau kaos.
  • Situs Perusahaan:  Ini adalah saat sebuah brand atau perusahaan menautkan langsung ke situs web atau toko online mereka.
  • Tautan Media Sosial:  Ini adalah jenis tautan yang dimaksudkan untuk mempromosikan silang platform media sosial lainnya, seperti akun Twitter atau channel Youtube mereka.
  • Tautan Afiliasi:  Ini adalah tautan yang memungkinkan pengguna mendapatkan komisi dari pembelian yang dilakukan di toko online, seperti Amazon.
  • Sponsor dan Kemitraan:  Ini adalah tautan iklan dari sponsor yang akan membayar sejumlah tempat di bio akun.
  • Link in Bio:  Memiliki link yang mengarah ke halaman dengan beberapa link lain. Ini adalah solusi atas kurangnya cara untuk menempatkan banyak link di profil media sosial seseorang.

Karena Anda dapat menggunakan link in bio untuk mempromosikan apa pun yang sesuai dengan pedoman komunitas Instagram, banyak jenis link lain ditambahkan ke dalam bio. Contoh lain termasuk halaman artis di layanan streaming musik, portofolio online, atau situs pribadi. Beberapa orang bahkan memasukkan akun PayPal ke dalam biografi mereka.

Industri Link in Bio

Karena meningkatnya penempatan “link in bio”, semakin banyak alat yang memungkinkan pengguna menggunakan “tautan universal” untuk menempatkan berbagai tautan. Alat link-in-bio populer termasuk Linktree , Shorby , dan Feedlink.

Pada dasarnya, apa yang dilakukan link ini adalah mengarahkan Anda ke halaman yang berisi berbagai link penting. Cara ini memungkinkan seseorang menempatkan berbagai link profil media sosial lainnya, penempatan sponsor, dan link afiliasi di dalam satu halaman. Ini sangat umum untuk akun perusahaan dan selebriti, karena mereka perlu mengarahkan audiens ke link berbeda pada setiap postingan.

TERKAIT: Cara Membuat Linktree di Instagram

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here