Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Marketing Media Sosial 10 Tips Berkomunikasi yang Efektif di Media Sosial

10 Tips Berkomunikasi yang Efektif di Media Sosial

- Advertisement -

Saat ini, pengaruh media sosial sangat penting dalam kesuksesan bisnis dan marketing. Alasannya untuk memenangkan audiens di dunia yang semakin didominasi oleh media sosial dan siklus berita 24 jam, kekuatan untuk terhubung dengan orang lain bisa menjadi perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

Dalam kehidupan nyata kita dituntut untuk mengetahui tentang kebiasaan orang yang bisa dipelajari dari waktu ke waktu. Apakah terlibat dengan orang lain untuk pertama kalinya, menegosiasikan perincian potensi penjualan, atau menindaklanjuti opini yang potensial.

Pada artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips menjadi komunikator yang efektif di media sosial. Berikut adalah 10 tips yang efektif dalam berkomunikasi di media sosial.

1. Membagikan Informasi Tepat

- Advertisement -

Informasi ekonomi adalah kebutuhan, apa yang kita share kepada orang lain merupakan kunci dalam membangun kredibilitas brand. Meskipun tidak ada yang mengharapkan Anda membocorkan rahasia bisnis, Anda masih bisa membagikan informasi yang dapat membantu orang lain untuk bangkit secara finansial, emosional, dan spiritual.

2. Buat Penawaran yang Tulus untuk Membantu Orang Lain

Baik Anda di pusat bisnis atau pertemuan informal dengan klien, Anda perlu memberi tahu orang-orang bahwa Anda bersedia membantu mereka kapan saja. Di antara langkah kecil yang bisa Anda lakukan yaitu : Menawarkan informasi kontak yang diperbarui (email, teks, alamat bisnis, dll.) Promosikan halaman URL Anda, berikan referensi para pemimpin industry kepada orang-orang dalam jaringan Anda saat ini.

3. Menghargai Orang Lain di Media Sosial

Kadang-kadang, orang mengabaikan kebaikan mereka terhadap orang lain; (“Dianggap hal sepele”) tanpa menghargai nilainya. Demikian juga ketika seorang kolega atau mitra bisnis mengatakan “Terima kasih”, reaksi langsungnya adalah mundur seolah-olah Anda tidak pantas menerima penghargaan itu.

Pilihan yang jauh lebih baik adalah mengakui orang lain secara sederhana dengan ucapan “Terima kasih kembali” dan memberikan senyuman. Anda tidak hanya membuat orang merasa dihargai, tetapi Anda juga akan mendapat manfaat dari tindakan Anda di masa depan. Mengenali orang lain secara terbuka di media sosial bisa membuat mereka tahu bahwa Anda menyukai dan memercayai mereka.

4. Bangun Rasa Percaya Diri

- Advertisement -

Salah satu hal paling sulit dilakukan saat berbicara dengan tatap muka adalah tampil percaya diri tanpa rasa kesombongan atau sikap acuh tak acuh. Di sinilah nada bicara dan gaya Anda benar-benar berperan. Sebagai problem solver, Anda berada dalam posisi untuk berempati dengan penderitaan audiens Anda dan menawarkan solusi praktis yang mengungkapkan rasa ingin tahu Anda sendiri. Ditambah dengan pendekatan yang tenang, tulus dan bijaksana untuk memecahkan masalah. Saat berkomunikasi di media sosial Anda tidak memiliki kenyamanan nada suara dan bahasa tubuh untuk membuat koneksi emosional, jadi pastikan untuk menggunakan kata-kata atau emotikon yang benar-benar merupakan perasaan yang ingin Anda sampaikan.

5. Bersikap Sopan

Anda akan kagum dengan seberapa jauh nilai kesopanan dalam berkomunikasi. Kata-kata “Tolong” dan “Terima kasih” mungkin tampak sederhana dan biasa saja. Namun, ketika digunakan dengan tepat, dapat membantu Anda memancarkan kerendahan hati dan karisma.

6. Ekspresikan Keyakinan pada Sasaran Audiens Anda

Jangan pernah meremehkan kekuatan validasi pihak luar. Orang-orang yang datang kepada Anda untuk meminta nasihat sering kali kurang percaya diri, sehingga perlu kata-kata motiavasi yang dapat menginspirasi mereka untuk sukses lebih besar. Sebagai imbalannya, Anda mendapatkan kepuasan karena membuat perbedaan dalam kehidupan seseorang, dan keduanya manfaat nyata (misalnya penjualan, referensi) dan tidak nyata (mis. Persahabatan).
Itulah alasan mengapa kutipan dan gambar inspirasional dan motivasi sangat bermanfaat di situs-situs seperti Facebook , Pinterest , dan Instagram .

7. Panggil Orang lain sesuai Namanya Saat Berinteraksi di Media Sosial

Terlepas dari seberapa dalam Anda mengenal seseorang, saat terlibat dalam percakapan tidak pernah ada ide buruk untuk menyebutkan nama mereka. Mendengar nama mereka disebutkan membuat pendengar merasa lebih nyaman dan menambah rasa solidaritas.

8. Bangun Jaringan Bisnis

Pengusaha tidak boleh merahasiakan informasi, mereka tidak seharusnya menyimpan kontak mereka dari orang baru di bidang mereka. Ambil peluang untuk menghubungkan pebisnis dari dalam jaringan Anda yang mungkin belum pernah bertemu. Tentu saja, LinkedIn adalah salah satu jaringan media sosial paling efektif untuk memperluas koneksi bisnis.

9. Jadilah Pendengar

Tidak ada keraguan bahwa Anda dipenuhi dengan ide-ide dan benar-benar ingin diwujudkan. Namun, sama pentingnya untuk memperhatikan apa yang orang lain tawarkan. Karena itu, izinkan orang lain untuk mengungkapkan ide dan keprihatinan bisnis mereka. Dapat berupa sesi coaching, sesi brainstroming yang berorientasi tim, atau sesi Tanya Jawab setelah presentasi.
Menjadi pendengar yang baik, membantu Anda membangun hubungan yang bermakna dengan audiens Anda: bertukar cerita tentang pertumbuhan start-up, tunjukkan minat Anda dengan isyarat fisik dan tawarkan solusi positif.

10. Berbicara Kekuatan Tanggung Jawab

Baik bekerja secara tim atau individu, Anda bertanggung jawab atas tindakan, keberhasilan, dan kegagalan. Karena itu, sampaikan dengan jujur pengalaman nyata kepada audiens Anda dan bagaimana mereka membantu Anda saat menghadapi tantangan lain. Ini bukan waktu untuk meremehkan upaya untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan. Gunakan keahlian komunikasi Anda untuk melihat apa yang diperlukan untuk membuat rencana bisnis, mengumpulkan tim ahli untuk memulai kegiatan Anda, dan melakukan kedisiplinan agar bisa bertahan dalam masa-masa sulit.

Entrepreneurship modern menuntut setiap orang untuk memanfaatkan alat yang mereka miliki. Namun teknologi smartphone dan platform media sosial saat ini menawarkan lautan informasi yang siap untuk diambil.

Mengutip Dale Carnegie, menguasai komunikasi verbal dalam konteks bisnis merupakan cara yang ampuh untuk memengaruhi orang dan menjalin pertemanan. Semua politisi yang sukses, artis, dan pengusaha pasti melakukannya.

Pemasaran melalui media sosial akan terus menjadi komponen penting untuk branding bisnis, membangun kredibilitas, dan meningkatnya status pakar. Ada sejumlah teknik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan profil bisnis Anda, dengan demikian membuat aktivitas Anda tampak lebih nyata bagi calon pelanggan potensial Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU