Kamis, Juli 16, 2020
Beranda Bisnis Tips Bisnis 9 Cara Mengetahui Anda Memiliki Ide Bisnis yang Kreatif Inovatif

9 Cara Mengetahui Anda Memiliki Ide Bisnis yang Kreatif Inovatif

- Advertisement -

Memulai bisnis membutuhkan waktu dan energi, untuk menemukan ide bisnis yang realistis dan dapat bertahan lama seseorang harus menjalani periode yang panjang.

Lebih baik lagi, saat Anda memiliki ide yang bagus, bagaimana Anda bisa meyakinkan bisnis akan berkembang menjadi usaha yang sukses? Tahap awal perencanaan ini sangat penting. Jangan berhenti pada brainstorming saja, uji ide-ide Anda.

Sebelum kita menyelami apakah Anda memiliki ide bisnis yang bagus atau tidak, perhatikan penjelasan artikel berikut.

Cara menemukan Ide Bisnis yang Kreatif Inovatif

- Advertisement -

Mulailah dengan menganalisis diri dan kekuatan Anda. Apa yang menarik minat Anda? Apa yang Anda kuasai?

  • Apa yang Anda kuasai? Jika Anda orang yang melakukan tugas atau tugas dengan tepat, ini kesempatan emas untuk mengubah keterampilan atau bakat menjadi bisnis. Namun, penting untuk memilih sesuatu yang Anda sukai dan Anda dapat melakukannya hari demi hari.
  • Apa yang orang lain katakan tentang keahlian Anda? Mungkin Anda memiliki bakat tersembunyi dalam diri Anda yang dilihat orang lain dan tidak pernah Anda pikirkan sebagai potensi besar. Jika ini masalahnya dan keterampilan adalah sesuatu yang bisa Anda lihat sendiri saat melakukan lebih banyak tugas, itu bisa menjadi ide bisnis yang hebat. Bicaralah dengan keluarga dan teman Anda, dan lihat apa yang mereka pikirkan.
  • Layanan apa yang Anda inginkan yang saat ini belum ada? Hal ini terjadi setiap saat. Anda mencari di app store mencari sesuatu yang spesifik, berpikir itu pasti ada, tidak hanya untuk menemukannya. Ini kesempatanmu. Anda bisa berpasangan dengan developer aplikasi atau membuat aplikasi sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang seperti Anda di seluruh dunia. Cara lain untuk memikirkannya adalah masalah apa yang membutuhkan solusi?  Bisnis yang paling sukses adalah bisnis dengan produk atau layanan yang mampu memecahkan masalah orang lain.

Sumber untuk memicu ide-ide baru

Terkadang Anda membutuhkan sumber inspirasi untuk memacu momen bola lampu itu. Coba dan temukan inspirasi di sekitar Anda. Berikut empat tempat untuk mencari inspirasi:

  • Pelajari pengusaha sukses. Sulit untuk mengetahui ke mana Anda akan melangkah jika Anda tidak tahu wirausahawan hebat sebelumnya. Baca kisah dan pelajari cara bisnis yang sukses. Bagaimana mereka memunculkan ide bisnisnya? Apa saran mereka untuk calon pengusaha? Pelajari semua yang Anda bisa, sebelum memulai langkah bisnis Anda.
  • Gunakan smartphone Anda. Jika Anda tahu Anda ingin membuat aplikasi, tetapi Anda tidak yakin apa yang ingin Anda buat, cari melalui app store. Cari kategori yang menarik. Apakah Anda memperhatikan ada sesuatu yang kurang atau bagaimana aplikasi dalam kategori itu dapat ditingkatkan?
  • Bisakah Anda menemukan produk atau layanan serupa menggunakan mesin pencari? Internet sangat membantu Anda dalam hal mencari produk dan layanan. Tetapi apakah Anda pernah mencari sesuatu, tetapi tidak dapat menemukannya? Itu bisa menjadi petunjuk untuk membuka market yang potensial.
  • Beralih ke media sosial.  Di media sosial sering kali orang-orang cepat mengidentifikasi masalah dan masalah yang mereka miliki berhubungan dengan produk, tempat, proses, dll., Tetapi hanya sedikit yang meluangkan waktu untuk mencari solusi. Membaca keluhan orang lain dapat memberi Anda informasi tentang masalah yang dimiliki dan dapat Anda pecahkan.

Cara mengetahui apakah Anda memiliki Ide Bisnis yang Kreatif Inovatif

Terkadang masalahnya bukan tidak ada inspirasi, yang menentukan apakah Anda benar-benar memiliki ide bagus atau tidak. Sangat penting untuk kritis terhadap ide Anda dan meminta umpan balik dari orang lain sebanyak mungkin. Beberapa ahli mempertimbangkan strategi lain untuk membantu Anda menemukan ide bisnis yang kreatif & inovatif.

  1. Apakah Ide Bisnis itu memecahkan masalah?

Pengusaha dan salah satu pendiri sekolah desain web The Starter League (yang telah diakuisisi oleh Fullstack Academy ) Mike McGee berpikir ide bisnis terbaik adalah mereka yang mampu memecahkan masalah dengan cara tertentu.

- Advertisement -

“Jika ada masalah yang memengaruhi Anda, teman, keluarga, rekan kerja, dll., Maka kemungkinan besar hal itu memengaruhi orang yang tidak Anda kenal juga,” kata McGee.

  1. Apakah orang akan membayarnya?

Dengan konsumen membayar, ide dapat kita validasi dan menentukan ide mana yang memiliki peluang terbesar untuk sukses, kata Wil Schroter, pendiri dan CEO Fundable .

“Sebuah ide hanyalah sebuah ide sampai Anda memiliki konsumen yang membayar untuk itu,” kata Schroter. “Siapa pun dapat mendiskreditkan ide sederhana, tetapi tidak ada yang bisa mendiskreditkan konsumen yang membayar.”

  1. Berapa harga produk Anda?

Charlie Harary, salah satu pendiri dan mitra perusahaan investasi H3 & Co. , mengatakan bahwa walaupun ada banyak cara menyelesaikan masalah, ide bisnis hebat melakukan dengan cara yang lebih murah dibanding apa yang ada di pasar.

“Sekali Anda menentukan bahwa Anda memecahkan masalah secara sah dan terukur, Anda tidak hanya perlu menentukan nilai yang diberikan kepada dunia, tetapi apa yang orang akan bayar dengan nilai itu,” kata Harary. “Setelah Anda menentukan harga, maka Anda dapat menilai apakah solusi bisnis Anda layak atau tidak.”

  1. Apakah ada ceruk pasar yang cukup besar untuk Bisnis Anda?

Tanpa pasar yang besar, ide Anda mungkin tidak akan pernah berhasil. Anda perlu menentukan apakah ide Anda ada ceruk pasarnya. Anda akan lebih siap sukses jika bisnis Anda diakui meningkatkan apa yang sudah ada – respons baru terhadap kebutuhan.

Bagaimana Anda bisa tahu apakah ceruk pasar sebenarnya adalah pasar? Ini campuran “riset, insting naluriah dan preferensi pribadi,” menurut Ari S. Goldberg, pendiri perusahaan investasi RNMKR . “Saya mempertimbangkan tren industri secara keseluruhan, jumlah aktivitas investasi yang terjadi di ruang baru-baru ini, seberapa banyak saya telah membacanya dari sisi konsumen, dan apakah saya pernah mendengar orang membicarakannya,” kata Goldberg.

  1. Apakah Anda cukup bersemangat tentang Ide Bisnis Anda?

Bisnis Anda kemungkinan akan menghabiskan waktu Anda, jadi pastikan Anda bersemangat untuk membuatnya sukses. Sangat penting bahwa ide Anda adalah sesuatu yang harus Anda pedulikan, bukan hanya sesuatu yang ditargetkan karena bisa menguntungkan.

“Memulai bisnis membutuhkan banyak waktu, energi, dan kesabaran. Idealnya adalah ide yang Anda sukai serta keahlian dan pengalaman yang Anda miliki,” kata Melissa Bradley, direktur pelaksana Project 500 dan anggota fakultas tambahan dari McDonough School of Business Universitas Georgetown.

  1. Sudahkah menguji ide Bisnis Anda?

Anda tidak akan pernah tahu apakah bisnis Anda layak atau tidak, sampai Anda mengujinya pada orang lain.

“Uji itu – tidak hanya dengan teman-teman yang terlalu sopan mengatakan kebenaran tetapi dengan orang-orang jujur ​​yang akan menjadi target ideal audiens Anda, dan kemudian dengarkan umpan baliknya,” kata Lisa McCartney, kepala “PLYTer”

“Jika sampel target Anda mengatakan [ide Anda] fantastis dan [menanyakan] di mana mereka bisa mendapatkannya, Anda tahu bahwa mereka tertarik pada sesuatu, tetapi jika mereka kurang antusias, mungkin itu bukan ide yang baik seperti yang Anda pikirkan . ”

  1. Apakah Anda terbuka untuk menerima saran?

Jika Anda tidak terbuka untuk mengubah atau mengadaptasi ide Anda sesuai dengan keinginan pelanggan, ide bisnis Anda mungkin tidak layak diteruskan.

“Sukses terjadi ketika Anda bersedia mendengarkan dan mempertimbangkan saran orang lain,” kata Angie Yasulitis, CEO dan managing partner di The YaZo Group . “Sebagian besar ide bagus butuh penyesuaian untuk sampai ke pasar. Berpikiran tertutup merupakan pembunuh bisnis.”

  1. Bagaimana cara memasarkan bisnis Anda?

Banyak pengusaha memikirkan masalah yang dapat diselesaikan lewat bisnis mereka, tetapi tidak tahu bagaimana mereka memasarkan bisnisnya kepada target konsumen. Jesse Lipson , pendiri dan CEO Real Magic, mengatakan bahwa strategi pemasaran Anda dapat menentukan apakah ide bisnis Anda bagus atau tidak.

“Jika Anda memiliki strategi pemasaran yang baik dan produk yang bagus, Anda mungkin akan berhasil,” kata Lipson. “Tetapi jika Anda memiliki produk hebat tanpa tahu cara menjangkau pelanggan potensial, maka akan sangat sulit untuk membuatnya sukses. Kuncinya adalah pikirkan itu sedini mungkin.”

  1. Apakah Anda bersikap realistis tentang tujuan bisnis Anda?

Meskipun Anda bersemangat tentang ide bisnis baru, penting untuk tetap berpijak dan bersikap realistis tentang hal itu. Thomas J. Gravina, salah satu pendiri dan ketua eksekutif dewan perusahaan layanan cloud Evolve IP , mengatakan Anda seharusnya tidak memiliki mentalitas Field of Dreams ketika memulai bisnis Anda.

“Hanya karena Anda memiliki visi dan memutuskan untuk membangunnya tidak berarti kesuksesan mengikuti Anda,” kata Gravina. “Meskipun Anda mungkin memiliki gagasan yang orisinal, revolusioner, atau yang lebih dulu, harus ada peluang pasar yang nyata dan kuat untuk memastikannya berhasil. Setiap bisnis atau usaha baru harus memiliki pasar yang dapat bertahan lama yang Anda yakini Anda dapat menjualnya sekarang – tidak hanya teoritis atau dengan kesimpulan bahwa pasar ini akan  terus ada di masa depan. “

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

PILIHAN EDITOR

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU