Cara Memilih Hosting WordPress Terbaik untuk Website Anda

Hosting WordPress Terbaik – Dengan jutaan penyedia hosting WordPress di luar sana, memilih yang terbaik (atau yang tepat) bisa jadi tugas yang sulit. Anda harus menggunakan hosting terbaik karena jika Anda tidak memiliki web hosting terbaik dalam menjalankan bisnis online, dapat membuat problem bagi Anda dikemudian hari. Dalam artikel ini akan dibahas cara memilih hosting WordPress terbaik untuk bisnis online Anda.

1. Biaya Berlangganan

Bagi kebanyakan orang, biaya hosting WordPress adalah pertimbangan utama saat memilih host web. Pertimbangan di sini biasanya mencari penawaran harga termurah, yang mungkin baik-baik saja (tolong jangan pernah memilih hosting gratis). Tapi hosting murah bukan langkah terbaik untuk dipakai WordPress situs Anda.

Web host – sama seperti bisnis lainnya – harus menghasilkan keuntungan bahkan ketika memberi dampak tanpa batas. Meskipun aman untuk mengatakan bahwa kita semua menyukai harga yang murah, Anda harus melihat fitur-fitur yang ditawarkan calon host web daripada langsung memilih paket murah yang menghampiri Anda.

Harga web hosting tergantung pada sejumlah faktor. Mencakup kualitas support dan kualitas server. Jika Anda membutuhkan paket hosting yang kuat, Anda harus membayar mahal. Anda tidak bisa mengharapkan hosting WordPress terbaik di dunia dengan harga Rp10.000 sebulan.

Di sisi lain, Anda tidak perlu membayar hosting berkualitas. Kecuali Anda menjalankan bisnis yang besar, seperti e-commerce yang berkembang pesat saat ini atau blog yang sudah populer daripada membayar ratusan dolar per bulan mungkin berlebihan.

Seringkali, blog baru yang belum menghasilkan pendapatan dapat menemukan paket hosting yang bagus dalam kisaran Rp50.000 hingga Rp500.000 per bulan. Dan bisnis atau toko online dengan traffic sedang pasti bisa bertahan dengan biaya sekitar Rp1.500.00/bulan.

Jangan tergiur pada jebakan “unlimited everything” yang dapat memikat Anda. Sebenarnya tidak ada yang benar-benar tidak terbatas. Biasanya hal ini berupa paket hosting web bersama (yang mungkin cocok untuk blog atau situs WordPress kecil), ada sejumlah sumber daya yang dipisahkan antara setiap situs web di server bersama itu. Jadi, begitu situs web Anda mulai menarik banyak traffic, web host akan meminta Anda meningkatkan paket hosting. Jika Anda memiliki portal WordPress yang mendapatkan jutaan tampilan halaman per bulan, hosting bersama tidak akan memotongnya – bahkan dengan opsi tidak terbatas.

Tingkatkan saja paket hosting Anda ketika lalu lintas dan pendapatan Anda meningkat. Paket hosting web umum lainnya termasuk cloud hosting, virtual private servers (VPS), dedicated servers, managed VPS, managed dedicated servers dan managed WordPress hosting. Harga hosting WordPress bervariasi sesuai fitur paketnya, jadi pastikan sesuai anggaran Anda dan pilih penyedia hosting web yang menawarkan fitur yang Anda butuhkan.

2. Fitur dan Performa

Fitur dan performa yang disediakan oleh host web sangat penting. Tetapi yang lebih penting adalah fitur yang Anda butuhkan untuk menjalankan situs WordPress Anda. Tidak mungkin untuk menggunakan paket hosting WordPress dengan fitur yang tidak akan Anda gunakan.

Misalnya, Anda memiliki satu situs web dengan beberapa halaman (seperti resume online) dan mendapatkan beberapa ribu pengunjung per bulan. Meskipun menggoda, Anda mungkin tidak memerlukan paket hosting khusus yang memungkinkan jutaan pengunjung, misalnya penyimpanan 1TB atau atau tidak terbatas. Ya – paket khusus “lebih baik” daripada paket hosting bersama saat membandingkan fitur. Namun itu belum tentu merupakan pilihan terbaik ketika mempertimbangkan kebutuhan situs dengan fitur/traffic yang kecil.

Tuliskan daftar apa yang Anda butuhkan dan proyeksikan apa yang Anda akan perlukan satu tahun dari sekarang (karena Anda sering kali dapat menghemat uang dengan mendaftar paket hosting tahunan). Berikut beberapa hal yang perlu dipikirkan:

  • Apakah host menawarkan layanan migrasi?
  • Apakah Anda perlu menghosting lebih dari satu situs WordPress?
  • Apakah mendukung HTTPS? Atau SSL?
  • Selain WordPress, apakah Anda perlu menginstal skrip lain – di subdomain atau domain terpisah – di masa mendatang?
  • Apakah host pilihan Anda mendukung domain atau subdomain tidak terbatas? Atau apakah Anda perlu pindah ke host lain untuk menikmati fitur ini?
  • Versi PHP dan MySQL manakah yang digunakan host? Apakah kompatibel dengan persyaratan WordPress?
  • Apakah Anda bersedia membayar ekstra untuk backup services?
  • Apakah Anda ingin memanfaatkan domain gratis?
  • Apakah perusahaan web hosting memiliki tim support yang handal?

Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Memiliki rencana yang baik untuk situs web, blog, atau bisnis online Anda akan mengarahkan Anda ke hosting WordPress yang tepat.

Soal performa, Anda membutuhkan penyedia hosting WordPress yang menjamin up time, server cepat, bandwidth, dan ruang disk yang cukup untuk mengakomodasi kebutuhan website Anda. Hampir semua host yang memiliki reputasi baik memberikan jaminan ini. Dan backups internal selalu menjadi nilai tambah.

Hubungi perusahaan web hosting sebelum mendaftar dan ajukan pertanyaan. Baca ulasan yang independen terkait perushaan hosting tersebut atau minta rekomendasi dari teman terpercaya.

Fitur lain yang perlu diingat saat memilih hosting WordPress yaitu include email hosting, control panels dan security. Sekali lagi – sesuaikan kebutuhan web hosting Anda dan jangan hanya terjebak dengan daftar fitur.

TERKAIT: 10 Layanan CDN Gratis untuk Mempercepat Situs WordPress

3. Kualitas Customer Support

Kualitas dukungan pelanggan (Customer Support) yang disediakan host web harus memberi tahu Anda banyak hal tentang perusahaan. Bayangkan situs Anda down karena suatu alasan, dapatkah Anda menghubungi dukungan teknis dan mendapatkan bantuan secara cepat? Jika tersedia, dapatkah mereka memperbaiki masalah dengan cepat? Atau akankah butuh waktu lama untuk mendapatkan bantuan?

Sebelum memilih host web untuk situs WordPress Anda, pastikan mereka memiliki reputasi yang baik untuk dukungan pelanggan. Perusahaan web hosting yang baik akan menyediakan berbagai cara kontak – paling umum ada email dan chat. Beberapa paket hosting premium juga akan mengizinkan dukungan telepon. Bagaimanapun, tim support yang baik harus memiliki seseorang untuk membantu Anda 24/7, serta memiliki ulasan yang bagus di internet. Lakukan riset dan pilih host web yang menghargai Customer Support. Ini akan membantu kelangsungan website/bisnis online Anda dalam jangka panjang!

4. Jenis Hosting

Saat mencari hosting, jumlah perusahaan, jenis, dan paket bisa sangat banyak. Dan tampaknya setiap host web mengklaim sebagai yang terbaik di bisnis hosting, yang tampaknya tidak mungkin. Tapi, kami telah memberikan kesempatan untuk mencoba sejumlah perusahaan dan paket hosting selama tahun.

Kami sebutkan sebelumnya bahwa ada semua jenis opsi hosting. Cloud, VPS, dedicated, shared, managed, dll. Dan bahkan ada lebih banyak perusahaan yang perlu dipertimbangkan. Jadi untuk menyederhanakannya, di bawah ini kami membahas dua kategori utama hosting WordPress:

a. Managed WordPress Hosting

Perusahaan Managed WordPress hosting mengkhususkan diri untuk menyediakan solusi hosting pada platform WordPress. Ini berarti Anda hanya dapat menghosting situs WordPress dengan mereka, dan tidak ada yang lain.

Hal ini bagus untuk Anda karena semua sumber daya mereka didedikasikan untuk platform WordPress Anda, dan kita semua tahu bahwa sumber daya yang terkonsentrasi dapat menghasilkan dukungan yang lebih baik.

b. Shared Web Hosting

Sebagian besar perusahaan web hosting mendukung sejumlah platform termasuk WordPress. Dan untuk mempermudah, sering kali ada opsi instalasi 1-klik yang dapat Anda pilih saat memulai paket hosting Anda.

Cukup beli paket hosting Anda, instal WordPress dengan beberapa klik, dan pekerjaan Anda selesai. Opsi ini lebih populer daripada Managed WordPress hosting, terutama untuk blogger. Paketnya sangat ramah di kantong (dengan paket mulai sekitar 15.000-100.000 per bulan).

PILIHAN EDITOR

POPULER MINGGU INI