6 Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Freeze Zoom VideoSelama beberapa bulan terakhir, kita semua sangat mengenal video call dan manfaatnya. Zoom adalah aplikasi video call favorit yang banyak digunakan saat ini. Hanya dalam hitungan bulan, aplikasi konferensi video yang berbasis di AS berubah menjadi sebuah kebutuhan. Dan sebagian besar, perubahan itu tidak merugikan kita.

Zoom adalah layanan yang dapat diandalkan dan telah menjadi lebih baik dari hari ke hari. Namun, layanan ini tidak selalu sempurna. Pengguna di seluruh dunia telah melaporkan semua jenis bug dan masalah, dan tidak semuanya ditangani oleh Zoom. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah freeze Zoom Video selama panggilan berlangsung.

Masalah Freeze Zoom Video

Sebelum kita mencoba memecahkan masalah, penting untuk memahami masalah yang dihadapi dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai kemungkinan solusi.

Saat melakukan panggilan Zoom, pengguna diharapkan memiliki pengalaman yang bebas lag dan tanpa cela. Namun, mungkin ada beberapa kasus di mana video mulai freeze/membeku tak terkendali dan kadang-kadang disertai blackouts.

Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

1. Sesuaikan pengaturan video

Seperti yang dibahas di bagian sebelumnya, tujuan utama adalah mengurangi tugas intensif grafis. Pertama, Anda harus buka ke pengaturan video dan mematikan setiap fitur yang tidak Anda perlukan.

Pertama, jalankan klien Zoom PC, cari thumbnail profil Anda di sudut kanan atas. Sekarang, klik ‘Settings‘ tepat di bawahnya.

Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Lalu, buka tab Video dan cari pengaturan di bawah ‘My video.’ Di sini, Anda akan melihat banyak opsi tambahan seperti mirror, touch up, dan HD.

2. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Nonaktifkan semua pilihannya.

2. Matikan Virtual Background

Virtual Background jelas sangat bagus untuk dilihat, tetapi fitur ini tidak membantu sistem Anda. Jika Anda memiliki sistem kelas menengah atau bawah, menambahkan Virtual Background pasti akan berdampak buruk pada kinerja PC. Jadi, sebelum mengambil langkah yang lebih drastis, matikan Virtual Background dan coba atur rapat.

Pertama, luncurkan klien desktop Zoom dan masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Zoom Anda. Sekarang, buka ‘Settings.’

3. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Kemudian, klik tab ‘Virtual Background’ dan pilih ‘None‘ di bawah ‘Choose Virtual Background.’

4. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

3. Matikan pengaturan video lanjutan

Ada juga beberapa pengaturan video lanjutan yang dapat Anda atur untuk memastikan kinerja yang lebih baik. Ada de-noise, hardware akselerasi untuk pemrosesan video, pengiriman, dan penerimaan, metode rendering video, pasca-pemrosesan, dan bahkan pengambilan video. Anda dapat menghapus centang dan memeriksa ulang opsi akselerasi perangkat keras sambil membatalkan pilihan de-noise dan menyetel item dropdown ke ‘Auto‘.

Untuk mengakses pengaturan video lanjutan, pertama, masuk ke klien desktop Zoom dan pergi ke ‘Settings.’

5. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Sekarang buka tab ‘Video‘ dan klik ‘Advanced.’

6. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Di halaman berikutnya, Anda akan melihat opsi yang disebutkan di atas. Hapus centang empat opsi pertama dan setel empat berikutnya ke ‘Auto‘ seperti yang ditunjukkan pada gambar.

7. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

4. Update Zoom

Zoom telah berkecimpung dalam dunia bisnis ini cukup lama, tetapi tidak pernah sepopuler sekarang. Karena kepopulerannya, telah membuat para pengembang berada di bawah tekanan yang sangat besar. Namun, sebagian besar tampaknya menangani dengan cukup baik. Zoom secara rutin meluncurkan software updates, dengan harapan dapat memperbaiki bug yang diketahui dan menambahkan fitur baru. Jadi, penting untuk selalu memperbarui klien.

Untuk update klien desktop Zoom Anda, pertama, masuk dengan kredensial yang sesuai dan klik thumbnail gambar profil Anda di sudut kanan atas. Ini akan membuka menu drop-down. Klik ‘Check for Updates.’

8. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

Jika ada update dari Zoom, akan segera mulai mendownload.

9. Cara Mengatasi Masalah Freeze Zoom Video

5. Update driver kartu grafis

Zoom adalah salah satu alat konferensi video terbaik, memungkinkan Anda melakukan hampir semua yang Anda minta. Namun, sebelum Anda keluar, Anda mungkin ingin memeriksa apakah PC Anda memiliki kekuatan hardware agar tetap bekerja dengan baik.

Aplikasi tidak selalu memerlukan kartu grafis, tetapi jika Anda memilikinya, penting untuk mendapatkan driver terbaru. Video terputus-putus dan layar hitam biasanya merupakan tanda driver yang tidak kompatibel / ketinggalan zaman. Jadi, untuk memperbaikinya, buka situs web pabrikan kartu grafis Anda, dan dapatkan driver terbaru untuk kartu Anda.

Selain itu, Anda bahkan dapat mencoba memasang kembali kartu grafis Anda dan melihat apakah ada perubahan yang lebih baik.

6. Coba layanan lain

Untuk melihat apakah Zoom adalah penyebab sebenarnya – dan bukan sistem Anda sendiri – Anda dapat mencoba aplikasi konferensi video yang berbeda, seperti Google Meet atau Microsoft Teams. Yang pertama memiliki solusi khusus web, Anda hanya memerlukan akun Gmail. Jadi, jika Anda mencari solusi tanpa risiko, mencoba Google Meet mungkin adalah cara yang tepat.

TERKAIT: Panduan Menggunakan Zoom Meetings untuk Pemula

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here