3 Cara Force Quit Safari di Mac

Force Quit Safari – Macbook dan iMac Apple adalah komputer paling terkenal di planet ini. Mereka mengusung tampilan dan nuansa khas macOS dan secara luas diakui sebagai komputer yang kokoh dalam hal kinerja. Namun, kadang ada aplikasi – termasuk browser Safari yang sangat populer – di perangkat macOS tersebut kadang error/freeze.

Apa itu ‘Force Quit’?

Istilah ‘Force Quit’ persis seperti yang mungkin Anda pikirkan: ia secara paksa menginstruksikan aplikasi untuk menghentikan proses yang sedang berjalan dan mengosongkan ruang yang ditempati. Biasanya, kita menggunakan ikon palang merah kecil di pojok kiri atas jendela untuk mematikan jendela.

Namun, jika aplikasi yang Anda jalankan macet karena beberapa alasan, Anda mungkin menemukan tombol tersebut tidak responsif. Jika hal ini terjadi, Anda harus menekan tombol ‘Force Quit’ untuk menutup jendela aplikasi. Seperti semua aplikasi lain di macOS, aturan ‘Force Quit’ juga berlaku untuk browser Safari, yang berarti Anda dapat keluar dari Safari dengan aman dengan mengklik tombol ‘Force Quit’.

Apakah ‘Force Quit’ merusak aplikasi Safari?

Karena ‘Force Quit’ adalah proses yang cukup kasar, bukan hal yang aneh untuk memikirkan kemungkinan konsekuensinya. Tidak seperti penutupan aplikasi biasa, ‘Force Quit’ tidak memberi Anda opsi untuk menyimpan pekerjaan Anda. Ini hanya mengasumsikan bahwa Anda telah kehilangan kendali atas aplikasi dan ingin memantulkannya dari memori utama. Jadi secara otomatis mematikan aplikasi.

TERKAIT: Cara Refresh MacBook dan Mac

Cara Force Quit Safari di Mac

Tidak diragukan lagi, browser Safari adalah salah satu browser yang paling rapi dan dioptimalkan dengan baik. Namun, terlepas dari kualitasnya, Safari juga dapat mengalami error dalam beberapa kesempatan. Untungnya, ada tiga cara untuk secara paksa keluar dari Safari.

1. Force Quit Safari Menggunakan shortcut

Mirip dengan saingan, Windows, macOS juga sarat dengan shortcut yang sangat berguna dan sangat nyaman. Untuk menjadikan Anda master macOS, penting untuk berbicara dalam bahasa Apple OS.

Opsi untuk menutup paksa aplikasi juga dilengkapi dengan shortcut multi-tombol yang nyaman. Untuk ‘Force Quit’, Anda harus menahan tombol ‘esc,’ ‘option,’ dan ‘command‘ bersamaan. Akan terbuka jendela ‘Force Quit‘, di mana Anda dapat memilih ‘Safari‘ dan ‘Force Quit.’

Cara Force Quit Safari di Mac

Cara lainnya cukup tahan tombol ‘shift,’ ‘esc,’ ‘option,’ dan ‘command‘ bersama-sama dan Safari akan tutup selamanya.

2. Force Quit Safari Menggunakan Menu Apple

Tidak seperti Windows, menu macOS berada di sudut kiri atas layar Mac Anda.

2. Cara Force Quit Safari di Mac

Sekarang, setelah menemukannya, klik di atasnya dan buka ke ‘Force Quit.’ Akan membawa Anda ke jendela kecil, dengan daftar semua aplikasi yang sedang berjalan. Pilih ‘Safari‘ dan klik tombol ‘Force Quit‘ di pojok kanan bawah jendela.

3. Cara Force Quit Safari di Mac

Cara lainnya setelah mengklik logo Apple, arahkan kursor Anda ke atas item menu ‘Force Quit‘. Tahan shift dan lihat itu berubah menjadi ‘Force Quit Safari.’ Klik di atasnya untuk keluar dari aplikasi tanpa masuk ke menu.

4. Cara Force Quit Safari di Mac

3. Force Quit Safari Menggunakan Activity Monitor

Activity Monitor hampir sama dengan Task Manager pada Windows. Activity Monitor menampung semua aplikasi dan aplikasi aktif dan memungkinkan Anda memiliki kendali penuh atas Mac. Untuk mengakses Activity Monitor, pertama, Anda harus menekan ‘command‘ + bilah spasi untuk membuka Spotlight Search dan kemudian mencari “Activity Monitor” di sana, tekan ‘enter‘ untuk membukanya.

5. Cara Force Quit Safari di Mac

Di dalam Activity Monitor, Anda harus mencari ‘Safari‘ dan kemudian menekan tombol ‘Stop‘ di bagian atas.

6. Cara Force Quit Safari di Mac

Saat opsi muncul, klik ‘Force Quit.’

7. Cara Force Quit Safari di Mac

TERKAIT: Cara Menutup Paksa Aplikasi di MacBook

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here