Cara Download Aplikasi Google Meet untuk Laptop

Download Aplikasi Google Meet untuk Laptop – Google meet adalah aplikasi konferensi video gratis, yang juga merupakan produk dari platform G-suite. Google meet merupakan update adri Google Hangout yang sudah diketahui banyak orang.

Google Meet hadir pada saat yang tepat ketika dunia terdampak pandemi Covid-19, ketika social distancing menjadi aturan wajib sampai hari ini, mengadakan konferensi virtual adalah satu-satunya pilihan bagi setiap pemilik bisnis maupun lembaga pendidikan.

Namun, mengadakan konferensi virtual bukanlah hal yang baru, karena orang-orang sudah menggunakan internet untuk berkomunikasi. Ada banyak platform yang dapat digunakan untuk memulai atau bergabung dengan konferensi seperti aplikasi Zoom, tetapi hari ini kita akan membahas lebih lanjut tentang aplikasi Google meet untuk rapat dan konferensi virtual.

Review Google Meet

Download Aplikasi Google Meet untuk Laptop

Google Meet adalah alat konferensi video yang populer, mudah diakses, terjangkau, dan dapat digunakan bisnis untuk melaksanakan konferensi. Google Meet tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Dengan Google meet, Anda dapat mengundang hingga 250 orang, tergantung pada paket yang Anda pilih.

Jika Anda ingin bergabung ke rapat atau memulai rapat menggunakan platform meet, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ekstensi Chrome, yang juga sama efektifnya. Jika Anda ingin memulai atau bergabung ke dalam rapat melalui smartphone, Anda dapat melakukannya dengan mendownload aplikasi Google Meet dari Google Play atau perangkat iOS.

Bagi Anda yang suda terbiasa menggunakan Gmail sebagai sarana komunikasi email, Anda akan melihat Google Meet karena terletak tepat di bagian atas Google Hangout. Jika Anda pernah menggunakan Hangout sebelumnya, menggunakan Google Meet tentu tidak jauh berbeda.

Desain intuitif dan fitur canggih membuat aplikasi ini begitu populer di kalangan pengguna Android. Perbedaan antara Google Hangout dan Meet adalah karena Meet memungkinkan lebih banyak orang daripada Google Hangout.

Fitur Google Meet

Google Meet dikemas dengan fitur unggulan dan kompetitif. Fitur-fitur ini dibuat menonjol untuk menyaingi pesaing Google Meet. Beberapa fitur yang paling menonjol adalah alat konferensi, fitur chat, dan integrasi aplikasi dengan aplikasi Google lainnya.

Google meet memiliki interface sempurna untuk memastikan pengalaman konferensi Anda berjalan lancar. Dengan satu tautan yang dikirim ke peserta, Anda dapat bergabung ke dalam rapat atau membuat konferensi hingga 250 orang. Interfacenya juga sangat ringan dan mudah digunakan sehingga Anda hanya perlu membuat rapat dan mengirimkan tautan ke peserta. Anda tidak perlu khawatir jika peserta belum memiliki akun atau plugin.

Google Meet juga memiliki berbagai fitur chat yang memungkinkan pengguna memiliki pengalaman chating yang lancar dengan teman dan keluarga. Ada fitur polling langsung yang memungkinkan Anda dan peserta lain berpartisipasi dalam latihan pengambilan keputusan. Fitur chat juga mencakup kemampuan berbasis teks dan bahkan berbagi file. Di sini Anda dapat mengirim pesan Anda sebagai pesan teks atau file.

Google Meet juga tersinkronisasi dengan G-suite sehingga kolaborasi juga bisa berjalan lancar. Misalnya, jika bisnis Anda bergantung pada seringnya konferensi, kalender Google dan Google docs bisa sangat membantu pekerjaan Anda.

Edisi perusahaan G-suite memungkinkan pengguna memiliki nomor telepon untuk menghubungi dan masuk atau menelepon seseorang untuk rapat. Dengan nomor dial-in ini, siapa pun dapat bergabung dalam rapat bahkan tanpa WIFI atau internet.

Di atas adalah fitur utama yang memungkinkan Google Meet menyediakan rapat dan obrolan konferensi yang sempurna. Dengan fitur ini, memungkinkan siapa saja mengakses Meet dengan atau tanpa internet.

Pengaturan Google Meet

Meet memiliki ekstensi Chrome yang dapat Anda gunakan di browser untuk bergabung ke rapat, baik di laptop atau ponsel Anda. Ada juga opsi browser di mana Anda dapat memasuki rapat langsung dari browser Anda.

Setelah peserta mendapatkan link, mereka akan mengklik link tersebut dan mengklik untuk bergabung ke rapat. Jika peserta Anda tidak menggunakan WIFI atau internet, Anda juga dapat mengirimkan nomor dial-in kepada mereka dan kemudian dapat menghubungi nomor tersebut dan bergabung dalam rapat.

Interface Google Meet

Sehubungan dengan sebagian besar tools G-suite, interface Google Meets menarik dan juga intuitif. Dengan interface ini, tidak ada yang akan kesulitan menggunakannya. Misalnya, perintah diberi label dengan jelas, dan ini membuat percakapan lebih mudah dimulai. Interface-nya juga kecil dan minim sehingga Anda tidak kebingungan dalam menggunakan platform ini.

Harga Google Meet

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google Meet adalah bagian dari G-suite, dan seperti yang kita ketahui, G-suite tidak mahal, tidak seperti kebanyakan platform konferensi virtual.

1. Basic

  • Biaya: $6 sebulan
  • Program: Gmail, email applications, meet conferencing, Google docs, spreadsheets and presentation, safe team messaging, sharing calendars, shared notes, dan engaging employees.
  • Meet participants: 100
  • Cloud storage: 30GB
  • Support: 24/7 via email, phone, or text

2. Business

  • Cost: $12 monthly
  • Programs: all basic applications and a search feature throughout Gsuite as an added feature.
  • Meet participants: 150
  • Cloud storage: unlimited if five or fewer users
  • Support: 24/7 via email, phone, or text

3. Enterprise

  • Cost: $25 per month
  • Programs: all of the business and an added security feature
  • Meet participants: 250
  • Cloud space: unlimited if less than five users
  • Support: 24/7 through email, phone, or text

Cara Download Aplikasi Google Meet untuk Laptop

Google Meet adalah aplikasi smartphone yang dapat Anda download dari Google Play atau App Store. Seperti yang kita ketahui, banyak aplikasi smartphone yang tidak dapat Anda download langsung ke ponsel karena tidak memiliki versi PC.

Untungnya dengan diperkenalkannya emulator Android, kini seseorang dapat mendownload aplikasi Android apa pun di PC/Laptop mereka. Ada banyak emulator yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi Google Meet di PC. Kami akan membedakan antara mendownload aplikasi menggunakan emulator Memu dan Bluestacks.

TERKAIT: 10 Emulator Android Ringan dan Terbaik untuk PC dan Mac

Menggunakan emulator Bluestacks:

1. Download dan install Bluestacks.
2. Buka Bluestcaks di PC Anda dan masuk ke akun Google play Anda.
3. Cari aplikasi Google Meet.
4. Klik install.

Menggunakan emulator MEmu:

1. Download MEmu di PC Anda.
2. Buka emulatornya.
3. Download APK Google Meet dari APKpure.
4. Pada MEmu klik tab APK.
5. Klik pada APK Google Meet yang diunduh.

Kedua emulator Android ini efektif untuk memastikan bahwa Anda telah mendownload aplikasi di PC. Namun, Bluestacks cenderung lebih mudah digunakan, dan Anda tidak perlu mengunduh APK aplikasi terlebih dahulu. Di sisi lain, MEmu juga bagus karena Anda diizinkan mengunduh APK. Jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang APK, Anda dapat membuka APK dan menyesuaikan aplikasi apa pun.

Kelebihan

  • Program tambahan
  • Akses penuh ke program G-suite
  • Pengguna G-suite tidak perlu membayar untuk tools konferensi tambahan.
  • Lebih murah.
  • Ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Nyaman untuk semua orang.

Kekurangan

  • Tidak ada versi PC untuk aplikasi ini, Anda harus menggunakan emulator untuk mengaksesnya di PC.
  • Dapat menyebabkan delays bagi orang yang tidak terbiasa dengan Google Meet.
  • Meet tidak memiliki fitur tambahan seperti polling langsung atau whiteboard seperti kebanyakan platform Zoom.
  • Anda harus memiliki akun Gmail. Ini adalah kerugian karena beberapa orang mungkin memiliki email lain dari penyedia layanan yang berbeda.

Google Meet adalah alat konferensi yang luar biasa, dan Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mengaksesnya. Google Meet juga populer sehingga Anda tidak akan kesulitan mengajari orang lain terkait penggunaannya. Google Meet sangat efektif dan bekerja dengan baik ketika bisnis dikerjakan di rumah (WFH) karena Pandemi Coronavirus.

ARTIKEL TERKAIT
TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here