Cheat Sheet Sprint dihari Pertama Sampai Melakukan User Test

Simak hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Sprint, serta apa saja yang akan dilakukan mulai dari merumuskan target di hari pertama sampai melakukan user test pada hari kelima.

Sebelum memulai Sprint

Setelah membaca studi kasus Sprint di bagian sebelumnya, kamu mungkin tidak sabar untuk segera melakukan Sprint bersama tim. Tetapi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya.

Masalah

Pertama, kamu perlu mendefinisikan masalah apa yang akan kamu pecahkan. Masalah yang kamu sasar harus merupakan sesuatu yang besar dan ambisius.

Tim Sprint

Tim Sprint umumnya membutuhkan 4 sampai 7 orang agar dapat berjalan optimal. Yang harus digarisbawahi, tim Sprint setidaknya harus terdiri dari komponen-komponen di bawah ini:

Waktu

Sprint akan memakan waktu selama lima hari penuh. Pastikan setiap anggota Sprint mengosongkan kegiatan selama lima hari tersebut.

Tempat

Kamu harus memiliki sebuah ruangan khusus yang tidak boleh digunakan orang lain selama melakukan Sprint. Jika tidak memungkinkan, layanan penyewaan ruang rapat di coworking space bisa jadi pilihan.

Peralatan

  • Papan tulis besar.
  • Alat tulis.
  • Sticky note berbagai macam ukuran.
  • Dot sticker untuk keperluan proses voting.
  • Timer untuk menjaga agar durasi Sprint tidak berlarut-larut.

Catatan untuk Facilitator

Jika kamu adalah orang yang ditunjuk bertugas sebagai Facilitator, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu:

  • Sebelum memulai Sprint, kamu perlu memperkenalkan diri dan menceritakan apa saja tugasmu selama Sprint berlangsung.
  • Catatlah segala ide yang keluar saat Sprint berlangsung, terutama di hari pertama. Selalu siapkan spidol di tangan.
  • Ketika terjadi kebuntuan, pancing anggota tim untuk berdiskusi demi menghilangkan kerancuan dan memunculkan ide baru.
  • Jaga agar waktu Sprint tidak terbuang. Selalu ingatkan Decider untuk mengambil keputusan dengan cepat.
  • Yang tidak kalah penting, jaga fokus tim selama Sprint. Hindari makan besar agar terhindar dari rasa kantuk di sore hari.

Sprint Hari Pertama: Mendefinisikan Masalah

Kamu akan memulai Sprint dengan membayangkan sebuah akhir: apa yang menjadi tujuanmu dalam melakukan Sprint. Dilanjut dengan pemetaan masalah serta tantangan yang dihadapi, serta diakhiri dengan munculnya fokus masalah yang menjadi target utama untuk diselesaikan.

10.00—10.15 Perkenalan

Facilitator akan memperkenalkan diri serta tugasnya selama Sprint, dilanjutkan dengan penjelasan secara singkat apa itu Sprint dan mengapa melakukannya.

10.15—10.45 Mendefinisikan target jangka panjang

Kemukakan target yang hendak dipecahkan dalam Sprint ini. Target tersebut harus ambisius.

10.45—11.15 Pertanyaan Sprint

Setelah berangan-angan ambisius tentang target yang ingin dicapai, sekarang saatnya bersikap realistis. Tuliskan keraguan tersebut dalam kalimat pertanyaan. Ini akan menjadi dasar pembentukan solusi selama lima hari ke depan.

11.15—11.30 Istirahat singkat

Istirahat adalah elemen yang penting untuk menjaga semangat dan fokus selama Sprint.

11.30—12.30 Buat peta Sprint

Membuat diagram untuk merepresentasikan tantangan yang ingin dipecahkan serta target yang hendak diraih. Peta tersebut digunakan untuk mempersempit masalah yang luas menuju sebuah target spesifik.

12.30—13.00 Makan siang

Saat makan siang dianjurkan untuk makan bersama agar lebih hemat waktu. Demi menjaga fokus, makanlah sesuatu yang ringan dan menyehatkan.

13.00—15.30 Ask the Expert

Tim mengundang seorang ahli dari luar tim Sprint untuk meminta pendapat tentang peta yang baru saja dibuat. Anggota Sprint akan mencatat masalah serta ide yang dikemukakan oleh ahli ke dalam sticky note. Jika diperlukan, ubah peta yang sudah ada mengikuti masukan ahli.

15.30—15.45 Istirahat singkat

15.45—16.00 Susun sticky note di tembok

Tempel semua sticky note yang sudah dibuat saat sesi Ask the Expert ke tembok. Lalu kategorikan berdasarkan fungsinya.

16.00—16.10 Voting

Note yang mendapatkan suara terbanyak akan ditempel pada peta Sprint yang sudah dibuat di proses-proses yang berhubungan.

16.10—17.00 Putuskan target

Pada tahap ini, Decider diminta menentukan proses peta Sprint yang akan dibuat solusinya. Decider dapat memanfaatkan catatan-catatan yang sudah ada untuk membantu mengambil keputusan. Lingkari proses yang dipilih.

Sprint Hari Kedua: Menggambar Sketsa

Kemarin, kamu sudah menemukan masalah apa yang hendak kamu cari solusinya. Hari ini, seluruh anggota tim diminta untuk menuangkan ide lewat serangkaian proses menggambar sketsa.

10.00—12.00 Lightning Demo

Setiap orang akan mencari solusi-solusi yang sudah dipakai. Bisa ambil inspirasi dari bidang yang tidak terkait. Masing-masing anggota mempresentasikan ide yang mereka dapatkan.

12.00—13.00 Divide or Swarm

Decider menentukan apakah anggota tim akan menyelesaikan satu masalah bersama-sama atau membagi tugas.

13.00—14.00 Makan siang

Seperti biasa, dianjurkan untuk makan bersama agar lebih hemat waktu. Demi menjaga fokus, makanlah sesuatu yang ringan dan menyehatkan.

14.00—14.30 Sketsa bagian 1: Notes

Anggota tim akan mencari inspirasi dengan berjalan berkeliling untuk melihat papan tulis, sticky note, dan informasi yang sudah ada. Catat apa pun yang terasa berguna.

14.30 – 15.00 Sketsa bagian 2: Ideas

Berbekal catatan yang dikumpulkan sebelumnya, mulai tulis ide atau solusi masing-masing anggota tim di kertas. Mulai cari ide yang orisinal.

15.00—15.08 Sketsa Bagian 3: Crazy 8

Dalam 8 menit, masing-masing anggota akan membuat 8 sketsa yang berisi variasi ide atau solusi yang kamu buat di tahap sebelumnya. Bagian ini krusial dilakukan dengan cepat untuk memaksamu berpikir kreatif.

15.08—15.30 Istirahat

Manfaatkan waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran setelah sesi Crazy 8.

15.30—16.45 Sketsa Bagian 4: Solusi

Dari hasil sketsa sesi Crazy 8 sebelumnya, gunakan waktu untuk menuangkan solusi terbaik ke dalam sketsa storyboard tiga panel. Hasil sketsa akan diberikan kepada Facilitator secara anonim.

16.45—17.00 Rekrutmen partisipan

Sebelum melakukan wawancara pengguna di hari kelima, mulai hari kedua kamu akan mengumpulkan nama-nama orang yang mungkin bisa diwawancara. Pastikan calon pengguna sesuai target pasar produkmu.

Sprint Hari Ketiga: Menentukan Solusi

Tim Sprint kamu sudah memiliki banyak ide gila serta solusi menarik hasil menggambar sketsa kemarin. Hari ini saatnya tim menentukan ide mana saja yang kira-kira dapat menyelesaikan masalah yang didefinisikan pada hari pertama.

10.00—10.10 Art Museum

Facilitator menempel sketsa solusi yang sudah dibuat kemarin. Anggota tim akan mengamati berbagai solusi tanpa berkomentar.

10.10—10.25 Heat Map

Menggunakan dot sticker yang diberikan oleh Facilitator, setiap anggota tim akan menempelkannya pada titik-titik solusi yang dianggap menarik.

10.25—11.05 Speed Critique

Anggota tim akan berkumpul di tiap sketsa solusi secara bergiliran. Facilitator menarasikan sketsa sementara notulen mencatat hal-hal penting di sticky note. Pemilik sketsa akan menambahkan apabila ada bagian yang terlewat.

11.05—11.20 Straw Poll

Tiap anggota memilih satu solusi yang dianggap menarik dan menjelaskan alasan mereka memilih solusi tersebut.

11.20—11.30 Supervote

Decider akan memutuskan solusi mana saja yang akan digunakan untuk dibuat prototipe. Sesi Straw Poll yang sudah dilakukan bisa jadi bahan pertimbangan, tetapi keputusan Decider tetaplah mutlak.

11.30—11.45 Istirahat

11.45—11.50 Memisahkan ide yang menang

Ide-ide yang mendapat Supervote dari Decider akan dipisahkan. Ide yang tidak dipilih akan disimpan apabila diperlukan dalam pengembangan selanjutnya.

11.50—12.20 Rumble or All-in-One

Tim akan mempelajari apakah solusi pemenang dapat dijadikan satu solusi utuh atau merupakan dua solusi berbeda. Jika berbeda, tim dapat menguji kedua solusi tersebut (Rumble) dan melihat solusi mana memiliki hasil terbaik.

12.20—13.00 Pilih nama palsu untuk prototipe

Jika terjadi Rumble, nantinya akan ada dua prototipe berbeda. Beri nama sementara pada dua solusi tersebut agar terlihat seperti produk sungguhan.

13.00—14.00 Makan siang

Seperti biasa, dianjurkan untuk makan bersama agar lebih hemat waktu. Demi menjaga fokus, makanlah sesuatu yang ringan dan menyehatkan.

14.00—14.15 Menentukan adegan storyboard pembuka

Sebelum membuat storyboard, pikirkan bagaimana pengguna menemukan produkmu. Pikirkan bagaimana membuat adegan pembuka senatural mungkin.

14.15—15.30 Buat storyboard

Dari sketsa solusi serta adegan pembuka yang sudah dibuat, mulai membuat storyboard berupa alur perjalanan para pengguna dimulai dari pembuka hingga mencapai tujuan mereka.

15.30—15.45 Istirahat

Sempatkan waktu untuk beristirahat meskipun storyboard belum selesai. Ingat, fokus dan kesehatan anggota tim Sprint tetap yang utama.

15.45—16.45 Lanjut mengerjakan storyboard

Ide-ide yang mendapat Supervote dari Decider akan dipisahkan. Ide yang tidak dipilih akan disimpan apabila diperlukan dalam pengembangan selanjutnya.

16.45—17.00 Rekrutmen partisipan

Memilih nama serta mulai membuat janji wawancara dengan partisipan yang dipilih untuk user test di hari kelima.

Sprint Hari Keempat: Membuat Prototipe

Hari ini kamu dan tim akan menghabiskan hari merancang prototipe siap uji. Kamu dituntut untuk menciptakan prototipe realistis dalam waktu satu hari. Kreativitas tim akan dituntut untuk bekerja maksimal.

10.00—10.05 Pilih tool yang akan digunakan

Awali hari dengan menentukan tool yang tepat untuk membuat prototipe. Contoh tool yang bisa digunakan, Marvel, Invision, PowerPoint, dan lain-lain.

10.05—10.10 Divide and Conquer

Bagi tugas dalam membangun prototipe sesuai kemampuan dan kebutuhan. Selalu ada tugas untuk semua orang.

10.10—11.30 Mulai mengerjakan prototipe dan panduan wawancara

Jadikan storyboard yang sudah dibuat kemarin sebagai basis pembuatan prototipe. Tugaskan seseorang untuk membuat pedoman user test.

11.30—11.45 Istirahat

Mengerjakan prototipe pastinya menguras banyak tenaga. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat.

11.45—13.00 Lanjut bekerja

Lanjut mengerjakan prototipe dan membuat pedoman user test. Ingat, kamu hanya memiliki waktu terbatas untuk mengerjakan tugasmu. Maka manfaatkan waktu yang diberikan dengan baik.

13.00—14.00 Makan siang

14.00—14.45 Gabungkan hasil kerja

Setelah tugas masing-masing selesai, saatnya menggabungkan hasil kerja menjadi sebuah prototipe yang siap dites.

14.45—15.00 Demo prototipe

Untuk memastikan user test berjalan lancar, semua anggota tim akan menyaksikan alur prototipe sehingga benar-benar tidak ada kesalahan.

15.00—15.30 Wawancara perdana

Sebelum melakukan wawancara sebenarnya di hari esok, tunjuk seseorang untuk melakukan trial run.

15.30—15.45 Istirahat

15.45—16.45 Lakukan penyesuaian akhir

Jika diperlukan, hasil wawancara perdana bisa dijadikan acuan untuk melakukan perubahan terakhir. Pastikan prototipe dan panduan wawancara sudah benar-benar matang.

16.45—17.00 Brief wawancara

Lakukan persiapan akhir sebelum wawancara besok, seperti mencetak dokumen yang  ibutuhkan, mengingatkan partisipan, dan sebagainya.

Sprint Hari Kelima: Menguji Solusi lewat User Test

Ini adalah bagian terpenting dalam proses Sprint. Hari ini kamu akan melakukan tes wawancara dengan pengguna. Ini merupakan hari penentu yang dapat menjawab apakah solusi yang kamu tawarkan bekerja atau tidak.

Yang harus dilakukan saat wawancara user test

User test dilakukan untuk memastikan solusi yang kamu buat tervalidasi oleh pengguna. Maka, cobalah untuk menggali informasi sebanyaknya mengenai kesan tiap pengguna menggunakan prototipe tersebut. Catat segala hal yang bisa diamati dari perilaku pengguna saat berinteraksi dengan prototipe. Aplikasi seperti Lookback bisa membantu merekam layar serta ekspresi partisipan.

Setelah wawancara

Hasil wawancara bisa menjadi pertimbangan selanjutnya untuk menentukan apakah hipotesis dari solusi yang ditawarkan menjawab permasalahan serta target yang didefinisikan di hari pertama Sprint.

Hasil positif dari wawancara dapat menjadi dasar kamu untuk melanjutkan pengembangan produk. Jika hasilnya negatif, artinya kamu hanya kehilangan waktu seminggu, tanpa perlu menghabiskan waktu bulanan bahkan tahunan untuk hanya mengetahui bahwa produkmu gagal. Seperti yang kamu sudah simak, Sprint dapat membantu untuk mencari solusi bisnis yang dibutuhkan.

Sprint tidak hanya berbicara mengenai membuat produk/solusi dalam lima hari, namun juga bagaimana sebuah struktur untuk mencapainya.

  • Dengan sistem sketsa solusi kamu mendapatkan banyak ide dari banyak orang. Melihat berbagai sudut pandang untuk menyelesaikan masalah
  • Dengan sistem voting kamu menghemat banyak waktu dibanding perdebatan panjang tanpa hasil.
  • Dengan memanggil ahli, kamu mendapatkan kritik sehat terhadap solusi kamu dan di saat yang bersamaan juga mendapatkan masukkan berharga.
  • Dengan user testing kamu menemukan kekurangan dari solusi/produk kamu secara cepat, dan langsung mendengar pendapat calon pengguna kamu.

Sprint kamu mungkin berakhir dengan cukup buruk, namun kamu hanya menghabiskan 5 hari mencobanya, bukan 6 bulan. Kamu juga mungkin perlu melakukan Sprint lanjutan, namun kamu tahu kamu sedang bergerak ke arah yang benar. Jika Sprint pertama kamu sudah menghasilkan solusi luar biasa, selamat! Terlepas dari hasilnya, kamu akan setuju bahwa Sprint adalah sebuah metode yang luar biasa untuk mencari sebuah solusi untuk permasalahan kamu.

Source: techinasia

Tinggalkan Balasan