Cara Screenshot Samsung S20 Plus dan HP Xiaomi, Huawei, Motorola, Sony

Cara Screenshot Samsung S20 Plus – Ada kalanya Anda harus membagikan apa yang ada di layar smartphone Android. Saat itulah fungsi screenshot Android berguna. Screenshots adalah menangkap apa saja yang sedang ditampilkan di layar smartphone yang disimpan sebagai gambar. Dalam posting ini kami akan menunjukkan cara mengambil screenshot HP Android.

Cara Screenshot Samsung S20 Plus

1. Cara Standar Screenshot HP Android

Mengambil screenshot biasanya melibatkan menekan dua tombol secara bersamaan di perangkat Android; biasanya tombol volume bawah dan daya . Di perangkat lain, mungkin perlu menggunakan kombinasi tombol home  + power . Cara lainnya, dapat menekan dan menahan tombol daya selama beberapa detik; pilih Screenshot dari beberapa opsi yang muncul.

GABUNGAN tombol volume turun + daya untuk mengambil SCREENSHOTS akan berfungsi di sebagian besar SMARTPHONE.

Edgar Cervantes

Saat combo tombol kanan ditekan, layar perangkat akan berkedip, biasanya disertai dengan suara shutter kamera. Terkadang, pesan pop-up atau peringatan pemberitahuan muncul, menunjukkan bahwa screenshot telah dibuat.

Terakhir, perangkat Android apa pun yang dilengkapi dengan Asisten Google memungkinkan Anda mengambil screenshot menggunakan perintah suara saja. Cukup ucapkan “Oke, Google” lalu “ambil screenshot“.

Metode dasar ini harus dipahami untuk kebutuhan sebagian besar perangkat Android. Namun, mungkin ada beberapa pengecualian. Produsen perangkat Android sering kali menyertakan cara ekstra dan unik untuk mengambil screenshot Android. Misalnya, Anda dapat mengambil screenshot di seri Galaxy Note menggunakan S Pen . Produsen lain telah memilih untuk sepenuhnya mengganti metode default dan menggunakan metode mereka sendiri.

2. Cara Screenshot Samsung S20 Plus & Samsung Terbaru

Seperti yang disebutkan, ada beberapa produsen dan perangkat yang “nakal” dan memperkenalkan metode mereka sendiri untuk mengambil screenshots di ponsel Android. Dalam beberapa kasus, berikut adalah alternatif yang dapat digunakan selain tiga metode utama yang dibahas di atas. Dalam kasus lain, mereka mengganti opsi Android default sepenuhnya. Anda akan menemukan sebagian besar contoh di bawah ini.

Smartphone dengan asisten Digital Bixby

Jika memiliki ponsel unggulan Samsung Galaxy yang lebih baru, seperti Galaxy S20  atau Galaxy Note 20, telah terinstal asisten digital Bixby. Dapat digunakan untuk mengambil screenshot hanya dengan perintah suara. Yang harus Anda lakukan adalah membuka layar tempat Anda ingin mengambil screenshot dan, jika Anda telah mengonfigurasi dengan benar, cukup ucapkan “Hai Bixby“. Saat asisten mulai bekerja, cukup ucapkan “ambil screenshots“, dan itu akan dilakukan. Anda dapat melihat hasilnya yang disimpan di aplikasi Galeri ponsel.

Jika ponsel Samsung belum dikonfigurasi untuk mengenali perintah “Hey Bixby“, cukup tekan dan tahan tombol Bixby khusus di bagian samping ponsel, lalu ucapkan, “ambil screenshots” untuk menyelesaikan proses.

S Pen

Anda dapat menggunakan S Pen untuk mengambil screenshots, mengingat perangkat Anda dilengkapi dengan satu. Cukup cabut S Pen dan luncurkan Air Command (jika tidak dilakukan secara otomatis), lalu pilih Screen write. Biasanya setelah screenshot diambil, gambar akan langsung dibuka untuk diedit. Ingatlah untuk menyimpan screenshot yang diedit sesudahnya.

Palm swipe

Di beberapa ponsel Samsung, masih ada cara lain untuk mengambil screenshot. Buka Settings, lalu ketuk Advanced FeaturesScroll ke bawah untuk melihat opsi Palm Swipe To Capture dan aktifkan. Untuk mengambil screenshot, cukup letakkan tangan Anda secara vertikal di tepi kanan atau kiri layar smartphone, lalu usap di layar. Layar akan berkedip dan Anda akan melihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa screenshot telah diambil.

Smart Capture

Ketika Samsung memutuskan cara mengambil screenshot di Android, itu benar-benar tidak habisnya! Smart Capture memungkinkan Anda mengambil seluruh halaman web, bukan hanya apa yang ada di layar Anda. Ambil screenshot biasa menggunakan salah satu teknik yang disebutkan di atas, lalu pilih Scroll capture dan lanjutkan mengetuknya untuk menggulir ke bawah halaman. Ini cara efektif menggabungkan beberapa gambar.

Smart Select

Smart Select memungkinkan Anda untuk menangkap hanya bagian tertentu dari apa yang ada di layar Anda, untuk mengambil screengrab berbentuk oval, atau bahkan untuk membuat GIF pendek dari film dan animasi!

Akses Smart Select dengan menggeser Edge Panel, lalu memilih opsi Smart Select . Pilih bentuk dan pilih area yang ingin Anda tangkap. Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di pengaturan dengan membuka Settings > Display > Edge Screen > Edge Panels .

3. Cara Mengambil Screenshot HP Xiaomi

Perangkat Xiaomi memberi Anda semua opsi untuk mengambil screenshot, sambil juga memberikan beberapa metode mereka sendiri.

Bayangan notifikasi

Seperti beberapa skin Android lainnya, MIUI menyediakan akses cepat ke screenshot dari bayangan pemberitahuan. Tarik ke bawah dari atas layar dan temukan opsi screenshot.

Gesek dengan tiga jari

Dari layar mana pun, cukup geser tiga jari ke bawah layar pada perangkat Xiaomi dan itu akan mengambil screenshot. Anda juga dapat masuk ke pengaturan dan menetapkan berbagai pintasan berbeda, termasuk menekan lama tombol beranda, atau menggunakan gerakan lain.

Gunakan Quick Ball

Quick Ball mirip yang digunakan pabrikan lain untuk menawarkan bagian shortcut. Anda dengan mudah dapat memicu screenshot menggunakan fitur ini. Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Quick Ball.

Cara mengaktifkan Quick Ball:

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih Additional Settings.
  3. BukaQuick Ball.
  4. Nyalakan Quick Ball.

4. Cara Mengambil Screenshot HP Huawei

Perangkat Huawei menyediakan semua opsi default yang sama seperti kebanyakan perangkat Android, tetapi juga memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan buku-buku jari Anda! Nyalakan opsi di pengaturan dengan masuk ke  Motion Control > Smart Screenshot dan aktifkan. Kemudian cukup ketuk layar dua kali dengan jari Anda untuk melakukan screenshot. Anda juga dapat memotong hasil screenshot sesuka Anda.

Gunakan Shortcut bilah notifikasi

Huawei membuatnya lebih intuitif untuk mengambil screenshot dengan memberi Anda shortcut di area notifikasi. Seperti gunting memotong kertas. Pilih untuk mendapatkan screenshot Anda.

Ambil Screenshot menggunakan Air Gestures

Air Gestures memungkinkan Anda melakukan tindakan dengan membiarkan kamera melihat gerakan tangan Anda. Ini perlu diaktifkan dengan masuk ke Settings > Accessibility features > Shortcuts & gestures > Air gestures, lalu pastikan Grabshot diaktifkan. 

Setelah diaktifkan, lanjutkan dan letakkan tangan Anda 8-16 inci dari kamera. Tunggu ikon tangan muncul, lalu kepalkan tangan Anda untuk mengambil screenshot.

5. Cara Mengambil Screenshot HP Motorola

Perangkat Motorola sederhana dan bersih. Perusahaan menempel interface pengguna yang hampir tersedia, jadi Anda tidak mendapatkan banyak opsi untuk mengambil screenshot. Tentu saja, Anda dapat menggunakan trik power + volume down.

6. Cara Mengambil screenshot HP Sony

Di perangkat Sony, Anda dapat menemukan opsi screenshot di menu daya. Cukup tekan lama tombol daya, tunggu menu muncul, dan pilih Take screenshot untuk mengambil screenshot dari layar saat ini. Ini bisa menjadi metode yang berguna, terutama saat menekan kombinasi tombol fisik sulit.

7. Cara Mengambil Screenshot HP HTC

Sekali lagi, HTC akan membiarkan Anda mengambil screenshot menggunakan semua metode. Namun, jika perangkat Anda mendukung Edge Sense, Anda juga dapat menggunakannya. Cukup masuk ke pengaturan perangkat dengan membuka  Settings > Edge Sense > Set short squeeze atau Set squeeze & hold action.

Seperti banyak perangkat lain, smartphone HTC sering menambahkan tombol screenshot ke area notifikasi. Silakan dan gunakan untuk screenshot apa yang ditampilkan layar.

8. Cara Mengambil Screenshot HP LG

Meskipun Anda dapat menggunakan metode default untuk mengambil tangkapan layar pada perangkat LG, ada juga beberapa opsi lain.

Quick Memo

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dengan Quick Memo, yang dapat langsung menangkap dan memungkinkan Anda membuat orat-oret pada screenshot. Cukup alihkan Quick Memo dari bayangan pemberitahuan. Setelah diaktifkan, halaman pengeditan akan muncul. Sekarang Anda dapat menulis catatan dan orat-oret di layar saat ini. Ketuk ikon floppy disk untuk menyimpan pekerjaan.

Air Motion

Pilihan lainnya adalah menggunakan Air Motion. Ini berfungsi dengan LG G8 ThinQ, LG Velvet , LG V60 ThinQ, dan perangkat lain. Ini melibatkan penggunaan kamera ToF (waktu penerbangan) built-in untuk mengenali gerakan udara. Cukup lambaikan tangan ke perangkat sampai Anda melihat ikon yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut mengenali gerakan tersebut. Lalu cubit udara dengan menyatukan ujung jari Anda, lalu tarik kembali.

Capture+

Tidak cukup pilihan untuk Anda? Cara lain untuk mengambil screenshot pada perangkat yang lebih lama seperti LG G8 adalah dengan menarik bilah notifikasi dan kemudian ketuk ikon Capture+. Ini akan memungkinkan Anda mengambil screenshot biasa, serta screenshot yang diperluas. Anda juga dapat membuat anotasi screenshot.

9. Cara Mengambil Screenshot HP OnePlus

Anda dapat menahan tombol daya + volume turun untuk mengambil screenshot di Android OnePlus, tetapi perusahaan memiliki trik lain!

Ponsel OnePlus dapat mengambil screenshot di Android dengan melakukan swipe tiga jari. Fitur ini perlu diaktifkan dengan membuka Settings > Buttons & gestures > Quick gestures > Three-finger screenshot dan aktifkan fitur.

10. Aplikasi pihak ketiga

Tidak puas cara mengambil screenshot di Android dengan cara standar? Anda dapat mencoba memasang aplikasi tambahan yang akan memberi lebih banyak opsi dan fungsionalitas. Beberapa contoh aplikasi terbaik Screenshot Easy, dan Super Screenshot . Aplikasi ini tidak memerlukan root dan memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti merekam layar dan mengatur berbagai pemicu yang berbeda.

TERKAIT: Cara Screenshot Samsung S20

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here