Jumat, Agustus 14, 2020
Beranda Tekno Windows Cara Simpel Screenshoot Windows 10

Cara Simpel Screenshoot Windows 10

- Advertisement -

Jika Anda perlu mengambil screenshoot komputer Anda, Windows 10 menawarkan berbagai metode. Apakah Anda ingin menyimpan seluruh layar, atau hanya sebagian, berikut beberapa teknik untuk mengambil screenshoot layar Windows 10.

1. Cara mengambil Screenshoot Windows 10 dengan Tombol PrtScn

Cara paling sederhana untuk menyimpan salinan yang ada di layar komputer Anda adalah dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboard Anda. Biasanya diberi label “PrtScn” (atau sesuatu yang mirip) dan terletak di baris atas, di antara atau di dekat tombol Function. 

Pada beberapa keyboard (terutama laptop) Anda mungkin perlu memicu Print Screen menggunakan tombol Function (dengan kata lain, tahan tombol Function/Fn dan kemudian tekan PrtScn). 

- Advertisement -

 

Windows menampilkan beberapa variasi PrtScn:

  • Tekan PrtScn: menyalin seluruh layar ke clipboard. Anda dapat menempelkan screenshoot ke jenis program yang menampilkan gambar, seperti Paint atau Microsoft Word.
  • Tekan Alt + PrtScn: Ini menyalin jendela aktif ke clipboard, dapat Anda tempelkan ke program lain. 
  • Tekan tombol Windows + Shift + S: Layar akan redup dan penunjuk mouse akan berubah. Anda dapat menarik untuk memilih bagian layar yang akan diambil. Screenshoot akan disalin ke clipboard, dapat Anda tempelkan ke program lain. (Pintasan ini hanya berfungsi jika Anda menginstal Windows 10 versi terbaru, yang disebut Windows 10 Creators Update.)
  • Tekan tombol Windows + PrtScn: menyimpan seluruh layar sebagai file gambar. Anda dapat menemukannya di folder “Pictures“, di subfolder “Screenshot.”

2. Cara mengambil Screenshoot Windows 10 dengan Snipping Tool

Microsoft menyertakan fungsi screenshoot yang jauh lebih fleksibel dengan Windows 10 , yang disebut Snipping Tool

Anda dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshoot dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dahulu menempelkan screenshoot ke program lain. 

1. Mulai Snipping Tool dari menu Start.

2. Pada drop-downMode“, pilih jenis bentuk screenshoot yang Anda inginkan – Anda dapat memilih layar penuh hingga persegi panjang atau ke bentuk bentuk bebas.

- Advertisement -

3. Klik New, dan layar Anda akan freeze. Kemudian gunakan mouse untuk membuat screenshoot. Screenshoot akan muncul di jendela Snipping Tool.

4. Jika Anda ingin memasukkan sesuatu seperti tooltip, yang hanya muncul setelah gerakan mouse, Anda dapat menentukan berapa lama menunggu sebelum mengambil tangkapan layar menggunakan menu Delay.

5. Setelah melakukan screenshoot, Anda dapat menggunakan alat menggambar untuk membubuhi keterangan screenshoot.

6. Setelah selesai, klik “File” dan kemudian klik “Save As” untuk menyimpan screenshoot ke komputer Anda.

7. Anda juga dapat mengklik tombol copy di jendela Snipping Tool – sepertinya dua halaman saling diletakkan – untuk menyalin gambar ke clipboard Anda.

Kesimpulan:

  • Windows 10 menyediakan beberapa cara untuk mengambil screenshoot dari seluruh layar komputer Anda, atau cukup pilih bagian-bagiannya.
  • Cara tercepat untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 adalah dengan menekan tombol “PrtScn” di keyboard Anda. Ada berbagai kombinasi tombol untuk mengambil tangkapan layar bagian layar.
  • Microsoft juga menyediakan Snipping Tool untuk mengambil screenshoot khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TRENDING

Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner

POS TERBARU