Cara Scan QR Code di iPhone dan HP Android

Cara Scan QR Code di iPhone dan HP Android – Saat ini, QR Code sudah menjadi hal yang biasa untuk setiap kegiatan sehari-hari, seperti pembayaran digital, mengetahui lokasi tertentu hanya dengan scan QR Code. Barcode modern ini memungkinkan Anda membuka halaman web dengan cepat, mengunduh aplikasi, mengirim pesan teks, dan banyak lagi. Yang harus Anda lakukan adalah memindainya dengan kamera smartphone Anda untuk mendapatkan akses ke semua informasi. Berikut cara scan QR Code di iPhone dan ponsel Android Anda.

Cara Scan QR Code di iPhone dan HP Android

1. Cara Scan QR Code di iPhone

Untuk scan QR Code di iPhone Anda, yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Camera dan mengarahkan ponsel Anda ke QR Code . Pastikan QR Code ada di dalam kotak di layar Anda, lalu ketuk pemberitahuan pop-up.

1. Buka aplikasi Camera di iPhone Anda. Anda dapat menemukan aplikasi Camera dengan menggesek Lock Screen ke kiri, memilihnya dari Control Center, atau membuka aplikasi langsung dari layar Utama.

1. Cara Scan QR Code di iPhone

2. Kemudian arahkan iPhone Anda ke QR Code untuk memindainya. Anda tidak harus mengisi seluruh layar, tetapi pastikan keempat sudut QR Code terlihat. Setelah Anda memindai QR Code dengan benar, akan muncul pop-up pemberitahuan di atas layar.

3. Terakhir, ketuk pemberitahuan pop-up di bagian atas layar Anda. Ini akan menjalankan tindakan yang terdapat dalam QR Code, seperti mengirim Anda ke situs web atau membuka App Store.

2. Cara Scan QR Code di iPhone

Jika Anda tidak melihat pemberitahuan yang muncul, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Scan QR Codes. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka Settings > Camera dan mengetuk penggeser di sebelah Scan QR Codes. Fitur Scan QR Codes dinyalakan ketika berwarna hijau.

3. Cara Scan QR Code di iPhone

2. Cara Scan QR Code di HP Android

Jika Anda menjalankan Android 8 atau lebih baru, Anda dapat memindai QR Code dengan menekan lama tombol beranda dan memilih Lens. Kemudian arahkan kamera Anda ke QR Code, ketuk ikon kaca pembesar, dan ketuk pemberitahuan pop-up.

1. Tekan dan tahan tombol home.

2. Lalu ketuk LensIni adalah lingkaran yang dikelilingi oleh garis di sebelah kiri dari empat tombol berwarna di bagian bawah layar. Perintah akan muncul jika Anda baru pertama kali menggunakan fitur ini. Jika ya, cukup pilih Allow. Jika tidak memiliki Asisten Google di Android, Anda dapat mendownload aplikasi Google Lens dari Google Play Store.

[appbox googleplay com.google.ar.lens screenshots]

3. Arahkan kamera Anda ke QR Code. Anda tidak harus mengisi seluruh layar, tetapi pastikan keempat sudut QR Code terlihat.

4. Kemudian ketuk ikon kaca pembesar untuk memindai QR Code. Anda dapat menemukannya di bagian bawah layar Anda.

5. Terakhir, ketuk notifikasi pop-up. Anda akan diarahkan ke informasi atau tindakan yang disematkan dalam QR Code, seperti membuka halaman web, membuka Google Play Store, menyimpan kontak, melakukan pembayaran uang digital, dan sebagainya.

1. Cara Scan QR Code di HP Android

TERKAIT: Cara Membuat URL QR Code di Google Chrome Android

ARTIKEL TERBARU
ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here